5 Jebolan Estudiantes La Plata Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Hanya Joaquin Correa yang masih aktif di Serie A

Estudiantes La Plata merupakan salah satu klub besar yang berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Argentina. Estudiantes menghasilkan talenta-talenta muda berbakat yang dicetak dari akademi.

Tak hanya di Argentina, jebolan akademi Estudiantes La Plata juga sering merantau ke Eropa, khususnya Serie A Italia. Dari 11 pemain jebolan akademi Estudiantes yang pernah berkarier di Serie A, berikut ini lima terbaiknya.

1. Juan Sebastian Veron

5 Jebolan Estudiantes La Plata Terbaik yang Pernah Main di Serie AJuan Sebastian Veron (inter.it)

Juan Sebastian Veron memulai dan mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola bersama Estudiantes La Plata. Namun, namanya melejit di liga lain. Ia sendiri sempat bermain di Serie A. Liga Italia itu bahkan menjadi liga yang paling lama ditempati Veron.

Veron tercatat pernah membela Sampdoria, Parma, Lazio, dan Inter Milan. Selama membela 4 klub tersebut, ia sukses membukukan 22 gol dan 37 assist dari 189 laga. Torehan tersebut membuat Veron menjadi jebolan akademi Estudiantes La Plata yang paling sering tampil di Serie A.

2. Claudio Lopez

5 Jebolan Estudiantes La Plata Terbaik yang Pernah Main di Serie AClaudio Lopez (twitter.com/officialsslazio)

Claudio Lopez dikenal sebagai seorang penyerang tajam Serie A pada awal 2000-an. Pada 2000/2001, Claudio Lopez memulai perjalanannya di Serie A bersama Lazio, satu-satunya tim Italia yang pernah dibelanya.

Pemain yang pertama kali belajar sepak bola di akademi Estudiantes La Plata ini bertahan selama 4 musim bersama tim asal ibu kota Italia itu. Dalam kurun waktu tersebut, Lopez sukses mencatat 29 gol dan 26 assist dari 106 laga di ajang Serie A.

Baca Juga: 9 Pemain Pengganti yang Diganjar Kartu Merah di Serie A 2022/2023

3. Joaquin Correa

5 Jebolan Estudiantes La Plata Terbaik yang Pernah Main di Serie AJoaquin Correa (inter.it)

Joaquin Correa adalah satu-satunya pemain jebolan akademi Estudiantes La Plata yang saat ini masih berkarier di Serie A. Pria yang akrab disapa Tucu ini berada di tim akademi Estudiantes selama 2 tahun, sebelum akhirnya promosi ke tim utama pada 2012.

Sampdoria (2015—2016) menjadi tim Eropa pertama yang dibela Tucu. Setelah sempat membela Sevilla selama 2 tahun, ia pun kembali ke Serie A pada 2018 untuk bergabung dengan Lazio. Barulah pada 2021 Tucu menjadi bagian dari Inter Milan.

4. Jose Sosa

5 Jebolan Estudiantes La Plata Terbaik yang Pernah Main di Serie AJose Sosa (twitter.com/Fenerbahce)

Nama selanjutnya ialah Jose Sosa, gelandang yang saat ini bermain untuk Estudiantes La Plata. Sosa sendiri promosi dari tim akademi Estudiantes pada 2002 dan sempat melanjutkan kariernya bersama Bayern Munich.

Setelah itu, Sosa bergabung dengan Napoli pada 2010 dan hanya bertahan selama semusim. Sempat membela beberapa tim di Eropa, Sosa kembali ke Serie A untuk bergabung dengan AC Milan pada 2016 dan bertahan di sana hingga 2018.

5. Jose Maria Basanta

5 Jebolan Estudiantes La Plata Terbaik yang Pernah Main di Serie AJose Maria Basanta (concacaf.com)

Jose Maria Basanta adalah seorang bek yang sangat hebat ketika bermain di Liga Meksiko bersama Montterey. Pada 2014, Basanta sempat mencoba peruntungan untuk bermain di Serie A.

Kala itu, ia bergabung dengan Fiorentina. Namun, Basanta hanya efektif bermain selama semusim. Ia dinilai kurang maksimal meski sukses menyumbang 2 gol dari 24 pertandingan di Serie A sebagai seorang bek tengah.

Selain lima nama di atas, ada enam pemain lain jebolan akademi Estudiantes La Plata yang pernah berlaga di Serie A. Mereka adalah Santiago Ascacibar, Patricio Hernandez, Claudio Paris, Juan Martin Turchi, dan Jonathan Silva.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie B

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya