5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie B

Mereka pernah meraih prestasi sebagai pemain

Banyak mantan pemain sepak bola top yang saat ini sudah menjadi pelatih. Di Italia, beberapa nama di antaranya adalah Simone Inzaghi, Stefano Pioli, dan Thiago Motta. Mereka saat ini dipercaya melatih klub Serie A Italia pada musim 2022/2023.

Tak hanya Serie A, Serie B pun menjadi arena pertarungan bagi para mantan pemain yang kini jadi pelatih. Sebagian besar dari mereka sempat disegani saat masih berkarier sebagai pemain dulu.

Langsung intip daftar sederet eks pemain top Serie A yang kini melatih klub Serie B berikut, yuk! Sepak terjang mereka beragam.

1. Filippo Inzaghi

5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie BFilippo Inzaghi (reggina1914.it)

Pencinta sepak bola Italia pasti tahu betul reputasi Filippo Inzaghi sebagai penyerang jempolan kala ia masih aktif bermain. Inzaghi pernah meraih kesuksesan besar ketika menjadi pemain, terutama kala membela Juventus dan AC Milan. Ia juga menjadi bagian dari Timnas Italia yang menjuarai Piala Dunia 2006.

Inzaghi gantung sepatu pada 2012. Tak lama setelah itu, ia segera memulai karier kepelatihannya.

Ia sempat dipercaya menangani AC Milan pada 2014/2015, namun, performanya kurang maksimal. Pasca didepak manajemen AC Milan, Inzaghi pun berkelana melatih beberapa klub medioker Italia hingga akhirnya kini menjadi pelatih Reggina di Serie B sejak awal musim kompetisi 2022/2023.

Sebelumnya, Inzaghi sudah pernah berhasil meraih tiket promosi ke Serie A pada 2019/2020 saat melatih Benevento. Reggina pun berharap Inzaghi mampu mengulang prestasi tersebut bersama mereka. Sejatinya Reggina adalah klub langganan Serie A dalam satu hingga dua dekade terakhir. Namun, mereka belum pernah kembali lagi ke kasta teratas sepak bola Italia sejak 2010.

2. Fabio Grosso

5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie BFabio Grosso (instagram.com/fabio.grosso.official)

Fabio Grosso adalah mantan bek kiri asal Italia yang bersinar bersama Juventus. Sama seperti Inzaghi, Grosso juga jadi bagian Timnas Italia yang menjuarai Piala Dunia 2006. 

Grosso mulai menjadi pelatih sejak tahun 2014. Sejauh ini, ia baru berkesempatan menangani tim-tim medioker di Italia, termasuk Frosinone yang sudah ia besut sejak tahun 2021. Musim 2021/2022 lalu, Grosso membawa Frosinone finis di posisi ke-9 Serie B, alias hampir meraih tiket playoff promosi ke Serie A.

Baca Juga: Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!

3. Fabio Liverani

5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie BFabio Liverani (instagram.com/cagliaricalcio)

Fabio Liverani adalah mantan gelandang yang cukup lama membela Lazio saat masih aktif bermain. Satu trofi pun menghiasi karier Liverani sebagai pemain, yaitu trofi Coppa Italia 2003/2004 bersama Lazio.

Liverani mulai menjadi pelatih sejak 2011. Saat ini, ia dipercaya menjadi pelatih Cagliari mulai musim kompetisi 2022/2023. Cagliari harus bermain di Serie B musim ini untuk pertama kali sejak 2016. Untuk sementara, Liverani mampu menempatkan Cagliari di peringkat ketiga klasemen Serie B setelah lima pekan berlalu.

4. Cristiano Lucarelli 

5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie BCristiano Lucarelli (instagram.com/cielle99)

Ada pula Cristiano Lucarelli, mantan striker yang pernah membela banyak klub dalam kariernya. Lucarelli pernah mencatatkan prestasi hebat pada musim kompetisi 2004/2005 saat sukses menjadi top skor Serie A. Padahal, saat itu ia hanya bermain untuk Livorno yang tak lain merupakan klub semenjana.

Sebagai pelatih, Lucarelli pun sudah pernah meraih prestasi. Ia melatih Ternana sejak 2020 dan langsung membawa klubnya itu menjuarai Serie C pada musim perdananya. Musim lalu, Lucarelli mengantarkan Ternana ke sepuluh besar klasemen akhir Serie B. Mampukah capaiannya meningkat musim ini?

5. Fabio Pecchia

5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie BFabio Pecchia (instagram.com/parmacalcio1913)

Satu lagi eks pemain top Serie A Italia yang kini melatih klub Serie B adalah Fabio Pecchia. Pecchia merupakan mantan gelandang yang lama membela Napoli selama masih aktif bermain. Ia juga pernah berkostum Juventus sekaligus memenangi Scudetto serta Piala Super Italia bersama Bianconeri.

Dalam karier kepelatihannya, Pecchia sempat menjadi asisten pelatih di Napoli, Real Madrid, hingga Newcastle United. Kini, ia berperan sebagai pelatih utama Parma. Pecchia menjabat sejak awal 2022/2023 untuk menggantikan sosok Giuseppe Iachini yang musim lalu hanya membawa Parma finis di posisi ke-12 Serie B.

Kelima pelatih di atas pernah menikmati karier yang apik sebagai pemain di Serie A Italia. Namun, sebagai pelatih, mereka masih harus membuktikan kualitasnya lebih jauh lagi. Adakah dari antara mereka yang sanggup membawa klub asuhannya promosi ke Serie A dalam waktu dekat?

Baca Juga: Start Buruk Klub Serie A di Fase Grup UCL 2022/2023, Sejarah Berulang?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya