5 Kapten Utama Tim Serie A 2023/2024 dengan Masa Bakti Terlama

Mereka dianggap mampu merepresentasikan suara suporter

Sejumlah pemain telah dianggap sebagai ikon sebuah klub. Mereka bisa mendapatkan hal tersebut dengan berbagai alasan. Performa yang baik, peran yang vital, atau masa bakti yang lama menjadi beberapa alasannya.

Deretan pemain pun sukses terpilih sebagai kapten tim dengan alasan memiliki masa bakti yang lama. Hal ini pun berlaku bagi tim Serie A Italia 2023/2024, di mana ada beberapa kapten yang memiliki masa bakti cukup lama di dalam tim. Dari 20 kapten utama tim Serie A 2023/2024, berikut 5 kapten dengan masa bakti terlama di klub masing-masing.

1. Davide Calabria mewakili orang Lombardia di AC Milan

5 Kapten Utama Tim Serie A 2023/2024 dengan Masa Bakti TerlamaDavide Calabria (acmilan.com)

Kiprah Davide Calabria di AC Milan memang tak terlalu dikenal penggemar sepak bola awam. Namun, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini memiliki nama besar bagi penggemar AC Milan. Sebab, ia sukses menjadi representasi dari sepak bola Lombardia (wilayah besar yang mencakup Kota Milan).

Calabria besar bersama AC Milan sejak masih berada di tim akademi. Ia baru promosi ke tim utama pada 2015 dengan peran yang belum begitu nyaman. Seiring waktu, ia mampu bertahan dan bisa meraih posisi utama. Pada musim 2021/2022, Calabria akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi kapten AC Milan menggantikan Alessio Romagnoli yang pindah ke Lazio. Hingga musim ini, Calabria masih mengemban peran tersebut. 

Baca Juga: Fakta 5 Kemenangan Beruntun Juventus di Serie A 2023/2024, Menggigit!

2. Rafael Toloi gantikan Papu Gomez pada musim 2020/2021

5 Kapten Utama Tim Serie A 2023/2024 dengan Masa Bakti TerlamaRafael Toloi (instagram.com/rafael.toloi2)

Kepindahan Papu Gomez membuat Atalanta Bergamo mencari kapten baru untuk musim 2020/2021. Mereka pun menunjuk seorang bek senior yang telah bermain di klub tersebut sejak musim 2015/2016. Sosok tersebut adalah Rafael Toloi, pria kelahiran Brasil yang membela Timnas Italia.

Sejauh ini, Toloi sukses menjalankan peran yang sangat vital sebagai seorang kapten. Ia adalah pemain yang bisa diandalkan dan tegas ketika mengemban tanggung jawab. Tak heran jika Gian Piero Gasperini masih memercayai peran Toloi sebagai kapten Atalanta hingga sekarang.

3. Ciro Immobile memperbaiki performa bersama Lazio

5 Kapten Utama Tim Serie A 2023/2024 dengan Masa Bakti TerlamaCiro Immobile (twitter.com/ChampionsLeague)

Datang ke Lazio pada musim panas 2016, Ciro Immobile sukses mengembalikan permainannya ke performa terbaik. Sebelumnya, ia gagal bersinar kala bermain untuk Borussia Dortmund dan Sevilla. Permainan apiknya ini membuat Immobile sangat diandalkan. Ia pun sukses torehkan prestasi sebagai top skor Serie A dalam beberapa edisi berbeda bersama Lazio.

Sekal 2021, tim asal Kota Roma ini memberikan tanggung jawab lebih untuk Immobile. Penyerang asal Italia ini dibebankan tanggung jawab sebagai kapten tim untuk menggantikan Senad Lulic yang pensiun. Hingga kini, tanggung jawab tersebut masih berada di lengan Immobile.

4. Lorenzo Pellegrini digambarkan sebagai Pangeran Roma

5 Kapten Utama Tim Serie A 2023/2024 dengan Masa Bakti TerlamaLorenzo Pellegrini (asroma.com)

AS Roma kerap memiliki kapten yang ikonik dari masa ke masa. Franco Cordova, Luis del Sol, Francesco Totti, hingga Daniele De Rossi menjadi beberapa di antaranya. Saat ini, jabatan tersebut dipegang oleh Lorenzo Pellegrini, pemain kelahiran Kota Roma yang mulai berseragam AS Roma di level senior pada 2017.

Mendapuk Pellegrini sebagai representasi klub dinilai sangat tepat. Sebab, gelandang Timnas Italia ini adalah sosok yang tegas, dewasa, serta mampu mewakili Kota Roma itu sendiri. Pellegrini sendiri baru ditunjuk sebagai kapten AS Roma pada musim 2019/2020 untuk menggantikan peran Daniele De Rossi.

5. Leonardo Pavoletti setia bersama Cagliari

5 Kapten Utama Tim Serie A 2023/2024 dengan Masa Bakti TerlamaLeonardo Pavoletti (cagliaricalcio.com)

Pada awal kariernya, Leonardo Pavoletti lebih bagaikan kutu loncat. Ia sangat sering berganti klub tiap tahunnya. Namun, sejak 2017, Pavoletti tak pernah pindah lagi dan sangat setia bersama Cagliari.

Bahkan, saat Cagliari terdegradasi, Pavoletti pun tetap setia. Itulah yang membuatnya layak ditunjuk sebagai kapten tim. Pavoletti sendiri baru ditunjuk pada 2022 sebagai kapten Cagliari untuk menggantikan peran Diego Godin.

Kelima nama ini sangat dihormati oleh rekan setimnya. Selain itu, sosok mereka juga cukup ikonis bagi penggemar karena dianggap cukup bisa menjadi representasi klub. Dari kelima nama kapten Serie A 2023/2024 di atas, menurutmu siapa yang punya kharisma paling mentereng sebagai sosok pemimpin?

Baca Juga: Nasib Juara Serie B di Serie A dalam 5 Musim Terakhir, Ada Perbaikan!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya