Deretan Kemenangan Juergen Klopp di Emirates Stadium Bareng Liverpool

Juergen Klopp punya rekor apik di Emirates Stadium

Liverpool dan Juergen Klopp akan menghadapi laga berat pada matchweek 23 English Premier League 2023/2024. Bukan tanpa alasan, klub berjuluk The Reds tersebut akan berandang ke kandang Arsenal, Emirates Stadium.

Juergen Klopp sendiri cukup familiar dengan atmosfer Emirates Stadium. Pasalnya, Liverpool di bawah asuhan Klopp tercatat pernah 5 kali menang atas Arsenal dari 10 kali kesempatan bertandang ke Emirates Stadium. Bahkan, beberapa laga tercatat berhasil dimenangkan Liverpool dengan margin skor yang besar. Hal tersebut tentu menjadi catatan yang manis untuk pelatih asal Jerman ini.

Penasaran dengan rekam jejak kemenangan Liverpool di Emirates Stadium selama dilatih Juergen Klopp? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Kemenangan Tipis 4-3 diraih Liverpool pada pekan pembuka EPL 2016/2017

Deretan Kemenangan Juergen Klopp di Emirates Stadium Bareng LiverpoolSelebrasi skuad Liverpool (liverpoolfc.com)

Laga pembuka English Premier League (EPL) 2016/2017 mempertemukan Arsenal dan Liverpool di Emirates Stadium. Laga tersebut berjalan sangat seru lewat aksi kejar-kejaran gol yang terjadi sepanjang laga. Liverpool sukses mempermalukan Arsenal dengan skor 4-3 kala itu.

Juergen Klopp menurunkan formasi andalannya, 4-3-3. Ia memasang Philippe Coutinho, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini serang. Formasi tersebut terbukti ampuh karena Liverpool tampil tajam. Kala itu, Philippe Coutinho hadir sebagai bintang lapangan lewat sumbangan 2 gol ditambah Sadio Mane dan Adam Lallana yang masing-masing mencetak 1 gol.

Baca Juga: 5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Arsenal di Premier League

2. Liverpool permalukan Arsenal dengan skor 3-0 pada pekan ke-30 EPL 2020/2021

Setelah gagal meraih kemenangan dalam beberapa tahun di Emirates Stadium, Liverpool akhirnya bisa menang pada musim 2020/2021. Tepatnya pada pekan ke-30 EPL 2020/2021, Liverpool sukses mempermalukan Arsenal dengan skor yang mencolok, 3-0. Kemenangan tersebut bisa dikatakan cukup mengejutkan.

Sebab, Liverpool sangat terpuruk pada musim tersebut lantaran cedera Joel Matip dan Virgil van Dijk. Meski begitu, Liverpool masih bisa menang besar di Emirates Stadium. Pada laga tersebut, gol Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah (1 gol) dan Diogo Jota (2 gol).

3. Kemenangan 2-0 Liverpool di leg kedua semifinal Carabao Cup 2021/2022

Deretan Kemenangan Juergen Klopp di Emirates Stadium Bareng LiverpoolDuel antara Liverpool dan Arsenal pada leg kedua Carabao Cup 2021/2022. (liverpoolfc.com)

Laga imbang, 0-0, pada leg pertama di Anfield Stadium membuat Liverpool harus bekerja keras pada leg kedua semifinal Carabao Cup 2021/2022. Berstatus sebagai tim tamu, Liverpool justru tampil luar biasa untuk memenangi leg kedua dengan skor 2-0. Pada laga tersebut, kedua gol Liverpool dicetak oleh Diogo Jota.

Liverpool sendiri menurunkan pemain lapis kedua pada laga tersebut. Kala itu, Klopp memilih mengistirahatkan Sadio Mane dan Mohamed Salah. Kendati demikian, Liverpool tetap menang dan berhasil lolos ke final hingga akhirnya menjadi juara Carabao Cup 2022.

4. Diogo Jota kembali membawa Liverpool menang di Emirates Stadium pada pekan ke-27 EPL 2021/2022

Deretan Kemenangan Juergen Klopp di Emirates Stadium Bareng LiverpoolDuel antara Liverpool dan Arsenal pada pekan ke-27 EPL 2021/2022. (liverpoolfc.com)

Liverpool memenangi dua pertandingan yang digelar di Emirates Stadium pada musim 2021/2022. Setelah menang di Carabao Cup, kini Liverpool memenanginya di ajang English Premier League pada pekan ke-27. Pada laga tersebut, The Reds kembali menang dengan skor 2-0.

Lagi-lagi, Diogo Jota menjadi aktor terbaik pada laga kontra Arsenal. Pemain asal Portugal tersebut mencatat satu gol sekaligus menggondol gelar Man of the Match. Selain Jota, Roberto Firmino juga mencetak gol pada laga tersebut.

5. Kemenangan 2-0 Liverpool membuat Arsenal tersingkir pada ronde ketiga FA Cup 2023/2024

Deretan Kemenangan Juergen Klopp di Emirates Stadium Bareng LiverpoolIbrahima Konate (liverpoolfc.com)

Kemenangan terakhir Juergen Klopp di Emirates Stadium terjadi pada ronde ketiga FA Cup 2023/2024. Pada laga tersebut, Arsenal dipermalukan Liverpool dengan skor 0-2. Laga tersebut benar-benar berjalan sangat ketat.

Liverpool perlu 80 menit hingga akhirnya mengubah skor menjadi 0-1. Gol itu terjadi akibat gol bunuh diri yang dicetak Jakub Kiwior. Satu gol Liverpool lain dicetak pada menit 90+5 oleh Luis Diaz.

Juergen Klopp sendiri telah mengumumkan akan berpisah dengan Liverpool pada akhir musim 2023/2024. Pertandingan kontra Arsenal pada, Minggu (4/2/2024), tampaknya akan menjadi pertandingan terakhir Klopp di Emirates Stadium bersama Liverpool. 

Baca Juga: Darwin Nunez Sukses Torehkan Rekor Miris di Laga Liverpool vs Chelsea

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya