4 Kiper di Atas 35 Tahun yang Jadi Kiper Utama Klub Liga Top Eropa

Pengalaman menjadi keunggulan!

Istilah "tua-tua keladi" tampaknya sangat pas untuk menggambarkan kiper veteran yang masih eksis bermain apik. Bahkan, sejumlah kiper veteran di atas usia 35 tahun masih dipercaya untuk menjadi kiper utama di tim yang kini berlaga di liga top Eropa. Jam terbang dan pengalaman menjadi kunci dalam hal ini.

Terhitung ada empat kiper dengan usia di atas 35 tahun yang mengambil peran sebagai kiper utama di tim liga top Eropa. Mereka mampu mengalahkan dan memaksa para pemain muda untuk duduk di bangku cadangan. Lantas, siapa sajakah kiper di atas 35 tahun yang menjadi kiper utama tim liga top Eropa pada 2023/2024?

1. Guillermo Ochoa semakin menjadi bersama Salernitana

4 Kiper di Atas 35 Tahun yang Jadi Kiper Utama Klub Liga Top EropaGuillermo Ochoa (instagram.com/yosoy8a)

Nama yang pertama ialah Guillermo Ochoa. Kiper asal Meksiko ini kembali ke Eropa setelah sempat bermain 3,5 musim (2019--2023) untuk Club America di Liga MX Apertura. Ia diboyong oleh Salernitana, tim yang saat ini memercayai Ochoa sebagai kiper utama.

Dengan usia yang tak lagi muda, Ochoa tampaknya semakin menjadi bersama Salernitana. Pria berusia 38 tahun ini tampil sangat hebat dengan bekal pengalaman yang ia miliki. Sayangnya, penampilan hebat Ochoa belum bisa mengangkat performa Salernitana yang pada awal Desember 2023 ini berada di zona degradasi Serie A Italia 2023/2024.

2. Andrea Consigli masih setia mengawal gawang Sassuolo

4 Kiper di Atas 35 Tahun yang Jadi Kiper Utama Klub Liga Top EropaAndrea Consigli (twitter.com/SerieA_EN)

Pada musim panas 2023, Sassuolo mendatangkan Alessio Cragno dari AC Monza sebagai kiper pinjaman. Namun, kedatangan Cragno belum bisa menggeser Andrea Consigli sebagai kiper utama Sassuolo. Pria berusia 36 tahun ini memang telah dipercaya untuk menjadi kiper utama Sassuolo sejak 2014/2015.

Dengan fakta tersebut, sulit bagi kiper baru untuk menggantikan posisi yang telah lama dipegang Consigli. Sejauh ini, Consigli telah mencatat 11 laga dari 13 pertandingan yang dijalani Sassuolo di Serie A Italia. Butuh momen yang tepat hingga akhirnya Consigli bisa lengser dari perannya tersebut.

Baca Juga: 5 Kiper Aktif yang Menjadi Pelapis Manuel Neuer di Bayern Munich

3. Manuel Neuer kembali ke posisi kiper utama Bayern Munich selepas cedera

4 Kiper di Atas 35 Tahun yang Jadi Kiper Utama Klub Liga Top EropaManuel Neuer (twitter.com/ChampionsLeague)

Sempat mengalami cedera panjang, Manuel Neuer kembali ke skuad Bayern Munich pada pekan ke-9 Bundesliga. Pria berusia 37 tahun itu kembali memindahkan Sven Ulreich ke bangku cadangan. Padahal, Ulreich telah bekerja keras untuk mendapatkan posisi tersebut. Akan tetapi, peran dan permainan Neuer memang sangat dibutuhkan di dalam tim.

Neuer sendiri telah menjadi kiper utama Die Bavaria sejak bergabung pada musim panas 2011. Dalam kurun waktu tersebut, Neuer memang sulit tergeser oleh kiper lain. Ia hanya digantikan saat mengalami cedera ataupun membutuhkan waktu beristirahat.

4. Steve Mandanda Dipercaya sebagai kiper utama Stade Rennes setelah dibuang Marseille

4 Kiper di Atas 35 Tahun yang Jadi Kiper Utama Klub Liga Top EropaSteve Mandanda (staderennais.com)

Steve Mandanda terbuang dari skuad Olympique Marseille. Ia pun pindah ke Stade Rennes pada musim panas 2022. Dengan usia yang tak lagi muda, Mandanda langsung dipercaya Bruno Genesio untuk menjadi kiper utama.

Pria berusia 38 tahun tersebut berhasil menggeser beberapa pemain lama, seperti Romain Salin, Elias Demergy, dan Alfred Gomis. Dengan status sebagai pemain veteran yang kaya pengalaman, Mandanda pun dipercaya untuk menjadi kapten Stade Rennes musim ini. Ia dipilih untuk menggantikan Julien Stephan.

Selain kelima nama ini ada juga beberapa kiper utama liga top Eropa yang kini tepat berusia 35 tahun. Mereka adalah Alxandre Oukidja, Yann Sommer, Rui Patricio, dan Manuel Riemann. Akan tetapi, mereka tak masuk ke dalam daftar ini karena belum menginjak usia 36 tahun.

Baca Juga: 7 Kiper Dunia yang Layak Jadi Kiper Terbaik 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya