6 Kiper dengan Performa Terbaik Premier League 2023/2024

Layak mendapatkan apresiasi!

Kinerja kiper pada Premier League 2023/2024 juga patut diapresiasi. Berkat peran besar mereka, Premier League musim ini berjalan sangat ketat dengan pertahanan yang sulit untuk ditembus. Mereka mampu menunjukan performa dan kontribusi besar dalam menjaga pertahanan menjadi prioritas utamanya.

Melalui statistik, kontribusi, serta prestasi, sejumlah kiper layak disebut sebagai kiper terbaik selama Premier League 2023/2024. Lalu, siapa sajakah kiper terbaik Premier League musim ini? Berikut inilah enam di antaranya.

1. David Raya (Arsenal) raih penghargaan Golden Glove

6 Kiper dengan Performa Terbaik Premier League 2023/2024David Raya (arsenal.com)

David Raya menjadi kiper yang sukses meraih penghargaan Premier League Golden Glove Award musim 2023/2024. Hal tersebut sebetulnya sudah bisa menjadi jaminan mutu dari kiper asal Spanyol ini. Dengan deretan penyelamatan gemilangnya, Raya memang tampil apik dalam membawa Arsenal finis di posisi kedua Premier League 2023/2024. Sepanjang musim, Raya mencatat 45 penyelamatan dan 16 nirbobol dari 32 laga. Raya hanya kebobolan 24 gol musim ini.

2. Jordan Pickford jadi tulang punggung utama Everton

6 Kiper dengan Performa Terbaik Premier League 2023/2024Jordan Pickford (premierleague.com)

Everton mungkin akan terdegradasi jika Jordan Pickford tak tampil gemilang musim ini. Kiper utama Timnas Inggris itu mencatat statistik yang sangat gemilang musim ini. Total 117 penyelamatan, 30 high claim, dan 15 pukulan dicatat oleh Pickford. Torehan tersebut mencatat 13 nirbobol musim ini. Di sisi lain, Pickford hanya kebobolan 51 gol dari 38 penyelamatan.

3. Andre Onana (Manchester United) catat jumlah penyelamatan terbanyak sepanjang musim

6 Kiper dengan Performa Terbaik Premier League 2023/2024Andre Onana (manutd.com)

Tak banyak yang menyangka bahwa Andre Onana menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Premier League musim ini. Pasalnya, performa Onana di Manchester United kerap disandingkan dengan kabar negatif dan menjadi kambing hitam dari kekalahan The Red Devils. Namun, faktanya, kiper asal Kamerun ini mampu mencatat 146 penyelamatan, 40 high claim, dan 13 pukulan. Dalam 38 laga, Onana mencatat 9 nirbobol dan kebobolan 58 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Kamerun dengan Harga Pasar Termahal saat Ini, Onana Memimpin

4. Alphonse Areola (West Ham United) ahli dalam menahan penalti

6 Kiper dengan Performa Terbaik Premier League 2023/2024Alphonse Areola (premierleague.com)

Musim 2023/2024 menjadi musim pertama bagi Alphonse Areola menempati posisi utama kiper West Ham United. Kiper asal Prancis ini langsung tampil gemilang dengan mencatat 136 penyelamatan, termasuk 2 penyelamatan penalti yang ia lakukan. Selain itu, Areola juga mencatat 27 high claim dan 11 pukulan. Penampilan apiknya dalam 31 laga memberikan 4 nirbobol dan hanya kebobolan 53 gol.

5. Jose Sa (Wolverhampton Wanderers) dominan dalam bola udara

6 Kiper dengan Performa Terbaik Premier League 2023/2024Jose Sa (wolves.co.uk)

Jose Sa sangat tangguh dalam urusan bola udara. Hal tersebut terbukti dari statistik Sa yang mencatat 45 high claim dan 9 pukulan. Catatan itu membuat Sa menjadi kiper dengan jumlah high claim terbanyak musim ini. Sa sendiri mencatat 131 penyelamatan dari 38 laga dengan jumlah kebobolan 58 gol.

6. Thomas Kaminski tampil luar biasa, meski Luton Town terdegradasi

6 Kiper dengan Performa Terbaik Premier League 2023/2024Thomas Kaminski (lutontown.co.uk)

Thomas Kaminski kebobolan 85 gol dan hanya mencatat 2 nirbobol dari 38 pertandingannya bersama Luton Town musim ini. Namun, jika tak ada Kaminski, Luton Town tampaknya akan kebobolan lebih banyak gol lagi. Pasalnya, jumlah kebobolannya telah Kaminski minimalkan melalui 139 penyelamatan, 16 high claim, dan 8 pukulan. Sayangnya, penampilan apik Kaminski juga gagal mempertahankan Luton Town di Premier League musim depan.

Posisi kiper memang tak terlalu banyak disorot. Mereka kalah beken dari posisi lain, terutama penyerang dan gelandang. Namun, kiper-kiper ini layak mendapatkan apresiasi berkat penampilannya selama semusim.

Baca Juga: 5 Kiper Ternama yang Pernah Jadi Rekan Setim Alisson Becker

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya