3 Kiper Spanyol yang Membela Klub Premier League 2023/2024

Kiper Spanyol terus beregenerasi di EPL

Spanyol tidak pernah kehabisan bahan jika mencari sosok kiper berkualitas. Hampir di tiap generasi, mereka selalu memiliki deretan kiper dengan kualitas yang tak jauh berbeda. Hal ini tentu membuat pelatih yang menangani Timnas Spanyol kebingungan untuk memilih kiper utama.

Sisi baiknya, kini Spanyol dikenal sebagai distributor kiper andal. Hal ini telah terbukti di English Premier League (EPL). Ada deretan kiper berbakat yang pernah menghiasi liga ini. David De Gea, Kepa Arrizabalaga, Vicente Guaita, Pepe Reina, dan Manuel Almunia merupakan beberapa di antaranya.

Warisan dari kelima kiper hebat tersebut sedang dilanjutkan oleh tiga kiper yang membela klub EPL 2023/2024. Siapa sajakah nama yang dimaksud dan seperti apa kiper Spanyol yang membela klub Premier League 2023/2024?

1. Adrian San Miguel hanya menjadi kiper ketiga Liverpool

3 Kiper Spanyol yang Membela Klub Premier League 2023/2024Adrian San Miguel (liverpoolfc.com)

Dibandingkan dua nama lainnya dalam daftar ini, Adrian San Miguel jauh lebih senior di Premier League. Kiper kelahiran Sevilla tersebut telah berkarier di EPL sejak 2013 untuk bergabung dengan West Ham United. Setelah 5 tahun, ia pun pindah ke Liverpool yang jadi klubnya sekarang.

Akan tetapi, perbandingan jelas terjadi ketika Adrian membela dua klub ini. Saat membela West Ham United, Adrian hadir sebagai kiper utama dan bisa mencatatkan 150 pertandingan. Sedangkan, saat berseragam Liverpool, Adrian hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Bahkan, pada 2023/2024, Adrian hanya menjabat sebagai kiper ketiga. Ia berada di belakang Alisson Becker dan Caoimhin Kelleher dalam perebutan kiper utama The Reds. Adrian sendiri belum mencatatkan satu pun laga bersama The Reds musim ini.

Baca Juga: Kiprah 3 Kiper Ukraina yang Berkarier di Luar Negeri pada 2023/2024

2. Robert Sanchez belum bisa tampil meyakinkan

3 Kiper Spanyol yang Membela Klub Premier League 2023/2024Robert Sanchez (chelseafc.com)

Robert Sanchez telah bermain secara profesional di Premier League 2020/2021 bersama Brighton & Hove Albion. Bersama klub berjuluk The Seagulls itu, Sanchez berhasil dikenal publik karena penampilan apiknya. Alasan yang sama juga membuat Chelsea memboyongnya ke Stamford Bridge pada bursa transfer musim panas 2023.

Kedatangan Sanchez sebetulnya sempat menjadi pertanyaan mengingat Chelsea memiliki Edouard Mendy dan Kepa Arrizabalaga kala itu. Kendati demikian, Sanchez akhirnya menang dalam persaingan. Hal itu membuat Mendy hengkang ke Al Ahli dan Kepa dipinjamkan kepada Real Madrid.

Akan tetapi, kiprah Sanchez bersama Chelsea belum meyakinkan sejauh ini. Pria kelahiran Cartagena ini baru mencatat 3 clean sheet dan telah kebobolan 25 gol dalam 16 laga dari 20 laga di EPL. Bahkan, beredar kabar Chelsea akan mencari kiper baru untuk menggantikan Sanchez pada bursa transfer musim dingin 2024.

3. David Raya mampu menggeser Aaron Ramsdale

3 Kiper Spanyol yang Membela Klub Premier League 2023/2024David Raya (arsenal.com)

Serupa dengan Robert Sanchez, David Raya juga baru bergabung dengan klub besar pada bursa transfer musim panas 2023. Bedanya, Raya mampu tampil gemilang di Arsenal dibandingkan Sanchez di Chelsea. Kiper berusia 28 tahun ini telah memaksa Aaron Ramsdale untuk duduk lebih lama di bangku cadangan Arsenal.

Bicara soal statistik, Raya tampil cukup gemilang dengan mencatat 5 nirbobol dan baru kebobolan 15 gol dari 15 laga yang ia jalani di EPL. Jika ingin bertahan, Raya tentu harus konsisten sembari berjuang meningkatkan kualitasnya. Sebab, status Raya di Arsenal masih sebagai pemain pinjaman dari FC Brentford.

Dari musim ke musim, kiper-kiper asal Spanyol sepertinya akan terus menghiasi English Premier League. Masa depan kiper Negeri Matador dan para penerusnya akan ditentukan dari kiper-kiper saat ini. Sebab, pamor mereka bisa menurun jika para pemain ini gagal memenuhi ekspektasi.

Baca Juga: 4 Kiper Jerman yang Meramaikan Premier League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya