9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions Eropa

Hanya ada tiga tim yang pernah jadi juara!

Jerman menjadi satu-satunya negara yang mengirimkan dua perwakilannya di semifinal Liga Champions Eropa 2023/2024. Jerman diwakili oleh Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Saat ini, keduanya sedang berjuang di babak semifinal untuk bisa bertemu satu sama lain di partai puncak.

Dalam sejarahnya, tak hanya Bayern Munich dan Borussia Dortmund yang pernah mewakili Jerman di semifinal Liga Champions Eropa 2023/2024. Termasuk 2 klub tersebut, ada 9 tim Jerman yang pernah mencapai babak ini. Lantas, seperti apa kiprah sembilan klub Jerman tersebut di babak semifinal Liga Champions Eropa?

1. Borussia Dortmund pernah 1 kali jadi juara dari 5 kesempatan

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaBorussia Dortmund (bvb.de)

Borussia Dortmund menjadi salah satu klub Jerman yang pernah menjuarai Liga Champions Eropa. Momen tersebut terjadi pada Liga Champions 1997. Dengan demikian, Borussia Dortmund pernah mencicipi babak semifinal. Namun, mereka tak hanya tampil di semifinal Liga Champions 1997. Klub berjuluk The Yellow ini pernah mencicipi semifinal di 4 edisi lain, yakni 1964, 1998, 2013, dan 2024 yang saat ini mereka jalani.

2. Schalke 04 dikalahkan Manchester United di semifinal Liga Champions 2011

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaSchalke 04 (bundesliga.com)

Rival Borussia Dortmund di Revierderby, Schalke 04, hanya sekali lolos ke semifinal Liga Champions Eropa. Momen tersebut terjadi pada edisi 2011 ketika Schalke 04 diperkuat oleh Julian Draxler, Raul Gonzalez, Joel Matip, dan Jefferson Farfan. Akan tetapi, Schalke 04 takluk oleh Manchester United dengan agregat 1-6.

3. Borussia Monchengladbach selalu dikandaskan Liverpool

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaBorussia Mochengladbach (bundesliga.com)

Borussia Monchengladbach pernah dua kali lolos ke babak semifinal. Kesempatan pertamanya pada 1977 berbuah kemenangan. Sayangnya, mereka kalah oleh Liverpool di babak final. Setahun berselang, Borussia Monchengladbach di babak semifinal European Cup 1978. Pada kesempatan kali ini, Borussia Monchengladbach kembali dikandaskan oleh klub asal Inggris tersebut.

4. Eintracht Frankfurt pernah sekali melaju ke partai final European Cup

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaEintracht Frankfurt (twitter.com/eintracht_eng)

Eintracht Frankfurt memang dipandang sebagai tim kuda hitam pada era sepak bola modern. Namun, mereka pernah menjadi tim yang ditakuti ketika Liga Champions masih bernama European Cup. Pada kompetisi tersebut, Eintracht Frankfurt pernah menjadi finalis pada edisi 1960. Namun, mereka dikalahkan Real Madrid dengan skor 3-7.

Baca Juga: Sejarah, Ada Girona di Liga Champions Musim Depan

5. Bayern Munich jadi tim Jerman paling sukses saat ini

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaBayern Munich (twitter.com/ChampionsLeague)

Perlu diakui bahwa Bayern Munich merupakan tim raksasa yang sangat mendominasi di Jerman dan Eropa. Di kancah Liga Champions Eropa, Die Bavaria pernah 21 kali tampil di babak semifinal. Dalam kesempatan tersebut, Bayern Munich berhasil menyelesaikan enam di antaranya sebagai juara. Hal tersebut membuat Bayern Munich menjadi klub Jerman paling sukses di kompetisi ini.

6. Hamburg SV pernah sekali jadi juara Liga Champions Eropa

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaHamburg SV (hsv.de)

Selain Bayern Munich dan Borussia Dortmund, Hamburg SV juga menjadi klub Jerman lain yang berhasil menjadi juara Liga Champions Eropa. Keberhasilan tersebut terjadi pada edisi 1983 ketika Hamburg SV menang tipis atas Juventus dengan skor 1-0. Selain pada edisi 1983, Hamburg SV juga pernah lolos ke semifinal Liga Champions pada edisi 1961 dan 1980.

7. Bayer Leverkusen takluk di final Liga Champions 2002

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaBayer Leverkusen (twitter.com/bayer04_en)

Juara Bundesliga Jerman 2023/2024, Bayer Leverkusen, pernah menyentuh babak semifinal Liga Champions Eropa pada 2002. Kala itu, Bayer Leverkusen lolos berkat agresivitas gol tandang dengan skor 3-3 melawan Manchester United. Sayangnya, Bayer Leverkusen gagal meraih gelar juara sebab mereka takluk dari Real Madrid pada babak final.

8. RB Leipzig takluk di semifinal Liga Champions 2020 melalui satu leg

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaRB Leipzig (twitter.com/rbleipzig_en)

Wabah Covid-19 membuat semifinal Liga Champions 2020 harus dilaksanakan satu leg. Waktu tersebut menjadi satu-satunya momen bagi RB Leipzig lolos ke semifinal Liga Champions. Sayangnya, mereka dibantai oleh Paris Saint-Germain dengan skor 0-3. Pertandingan satu leg tersebut dilaksanakan di tempat netral, yakni Estadio da Luz, kandang SL Benfica.

9. FC Koeln pernah lolos ke semifinal European Cup 1979

9 Klub Jerman yang Pernah Tampil di Semifinal Liga Champions EropaFC Koeln (fc.de)

Tak banyak yang tahu bahwa FC Koeln pernah mencapai babak semifinal Liga Champions Eropa. Klub berlogo kambing itu melakukannya kala turnamen ini masih bernama European Cup, tepatnya pada edisi 1979. Akan tetapi, FC Koeln kalah pada satu-satunya kesempatan tersebut. Mereka kalah dengan agregat 3-4 atas Nottingham Forest.

Klub-klub asal Jerman memang cukup sering mentas di babak semifinal Liga Champions Eropa. Namun, hanya ada tiga tim yang berhasil menjadi juara hingga tahun 2024 ini. Mereka adalah Bayern Munich, Borussia Dortmund, dan Hamburg SV.

Baca Juga: 3 Pemain Dortmund yang Mencetak 3 Gol dan Assist di UCL dalam Semusim

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya