3 Klub Portugal yang Pernah Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Para penguasa Liga Portugal

UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions Eropa telah memasuki babak 16 besar. Tim-tim terkuat yang berhasil lolos dari babak grup kembali bertarung guna menghadapi babak gugur. Akan tetapi, fase gugur Liga Champions 2024 tak dihiasi oleh tim asal Portugal.

Padahal, Liga Portugal merupakan salah satu liga yang bisa dikategorikan terbaik di Eropa. Namun, bila bicara soal persaingan, klub liga Portugal selalu dikuasai oleh tiga klub yang sama, yakni Sporting CP, SL Benfica, dan FC Porto. Ketiga klub itulah yang selalu mendongkrak prestasi Liga Portugal di kancah Eropa.

Ketiga klub itu pula yang pernah menjadi perwakilan Liga Portugal pada fase gugur Liga Champions Eropa. Lantas, seperti apa kiprah ketiga klub tersebut pada fase gugur Liga Champions? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Babak delapan besar menjadi prestasi tertinggi Sporting CP

3 Klub Portugal yang Pernah Lolos ke Fase Gugur Liga ChampionsSporting CP (arsenal.com)

Sporting CP tercatat sebagai tim Portugal pertama yang mencapai fase gugur Liga Champions. Momen tersebut terjadi ketika kompetisi ini masih bernama European Champions Cup, tepatnya pada edisi 1959. Sayangnya, mereka tersingkir oleh Standard Liege dengan agregat 2-6.

Seiring waktu, Sporting CP belajar untuk semakin berkembang. Mereka sangat sering menjadi perwakilan Liga Portugal dari musim ke musim. Namun, Sporting CP tak bisa lolos ke fase gugur pada tiap musimnya.

Jika dihitung, Sporting CP hanya lolos enam kali ke fase gugur. Itu termasuk 4 kali (1959, 1963, 1971, dan 1983) pada era Europa Champions Cup dan 2 (2009 dan 2022) pada era UEFA Champions League. Prestasi terbaiknya hanya mencapai babak delapan besar pada Europa Champions Cup 1983. Kala itu, mereka gugur oleh Real Sociedad dengan agregat 1-2.

Baca Juga: Performa 6 Penyerang Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024

2. SL Benfica telah tujuh kali jalani partai final

3 Klub Portugal yang Pernah Lolos ke Fase Gugur Liga ChampionsSL Benfica (twitter.com/ChampionsLeague)

SL Benfica dikenal sebagai klub paling legendaris di Liga Portugal. Mereka sangat berkuasa ketika kompetisi tertinggi klub Eropa ini masih bernama European Champions Cup. Hal ini terbukti dari keberhasilan SL Benfica yang tujuh kali menapaki partai final.

Momen tersebut terjadi pada edisi 1961, 1962, 1963, 1965, 1968, 1988. dan 1990. Sayangnya, mereka hanya berhasil 2 kali menjadi juara, yakni pada edisi 1961 dan 1962. Pada edisi 1961, Benfica menaklukkan Barcelona dengan skor 3-2. Sedangkan pada edisi 1962, SL Benfica mengalahkan Real Madrid di final dengan skor 5-3.

Jika ditotal, Benfica pernah 19 kali lolos ke babak gugur pada era European Champions Cup. Sedangkan pada edisi UEFA Champions League, SL Benfica baru tujuh kali lolos ke fase grup dengan prestasi terbaiknya yang hanya mencapai babak delapan besar. Momen tersebut terjadi pada 1995, 2006, 2012, 2016, 2017, 2022, dan 2023.

3. FC Porto telah dua kali menjadi juara Liga Champions

3 Klub Portugal yang Pernah Lolos ke Fase Gugur Liga ChampionsFC Porto saat jadi juara Europa League 2011 (uefa.com)

FC Porto memiliki prestasi yang lebih seimbang pada dua format Liga Champions Eropa. Ketika edisi European Champions Cup, FC Porto pernah enam kali masuk fase gugur, yakni pada 1980, 1986, 1987, 1988, 1989, dan 1991. Dari enam kali keikut sertaannya, FC Porto berhasil menjadi juara pada edisi European Champions Cup 1987.

Pada edisi UEFA Champions League, FC Porto menjadi yang paling mentereng. Mereka menjadi satu-satunya tim asal Portugal yang berhasil menjadi juara pada format ini. Namun, jika dijumlahkan, FC Porto pernah 17 kali lolos ke babak gugur UEFA Champions League. 

Hanya tiga tim ini yang bisa mewakili Liga Portugal ke fase gugur Liga Champions. Sedangkan, Boavista dan SC Braga hanya berhasil lolos hingga fase grup. Hal tersebut jelas membuat perbedaan dengan tiga tim terkuat yang selama ini selalu berkuasa di Portugal.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Benfica dan FC Porto, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya