7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions Eropa

Real Madrid paling sukses

Real Madrid menjadi satu-satunya klub Spanyol yang lolos ke semifinal Liga Champions Eropa 2023/2024. Meski hanya ada satu perwakilan pada tahun ini, Spanyol punya sejarah yang sangat baik di babak semifinal Liga Champions Eropa. Tak jarang semifinalis asal Spanyol menjadi juara kompetisi ini.

Dalam sejarah Liga Champions, ada tujuh klub asal Spanyol yang pernah mencapai babak semifinal. Ada yang gagal, ada pula yang sukses menjadi juara. Lantas, seperti apa kiprah tujuh Spanyol tersebut di babak semifinal Liga Champions Eropa?

1. Barcelona telah 17 kali lolos ke babak semifinal

7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions EropaFC Barcelona (fcbarcelona.com)

Barcelona menjadi salah satu klub Spanyol yang telah sukses meraih gelar juara Liga Champions. Klub asal Katalan ini telah lima kali meraih trofi "Si Kuping Lebar". Namun, jika melihat dari kehadirannya di babak semifinal, Barcelona tampaknya kurang beruntung. Pasalnya, mereka hanya bisa menuntaskan 5 kali sebagai juara dari 17 kali kesempatannya tampil di babak semifinal.

2. Enam kali kesempatan masuk semifinal belum cukup bawa Atletico Madrid juara

7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions EropaAtletico Madrid (en.atleticodemadrid.com)

Atletico Madrid terhitung sebagai tiga tim terbaik Spanyol saat ini. Klub berjuluk Los Rojiblancos ini telah enam kali lolos ke babak semifinal. Momen tersebut terjadi pada edisi 1959, 1971, 1974, 2014, 2016, dan 2017. Dari 6 kesempatan itu, Atletico Madrid sukses 3 kali menembus final. Sayangnya, mereka tak pernah menjadi juara.

3. Real Madrid adalah raja Eropa

7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions EropaReal Madrid (realmadrid.com)

Bukan lagi menjadi rahasia Real Madrid merupakan raja Eropa di level klub. Tim asal ibu kota Spanyol ini telah 33 kali lolos ke babak semifinal. Dari kesempatannya itu, Real Madrid berhasil menuntaskan 14 di antaranya sebagai juara. Hal tersebut membuat Real Madrid menjadi klub tersukses dalam sejarah Liga Champions Eropa.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Real Madrid Singkirkan Manchester City

4. Valencia pernah dua kali lolos hingga final, tetapi tak pernah juara

7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions EropaValencia (valenciacf.com)

Valencia sempat menjadi tim yang menakutkan pada awal tahun 2000-an. Tim berlogo kelalawar ini dihuni oleh sejumlah pemain berkelas, seperti Santiago Canizares, Ruben Baraja, Gaizka Mandieta, dan Kily Gonzalez. Kala itu, Valencia sukses menembus dua babak semifinal dan lolos ke babak final. Sayangnya, mereka gagal di partai puncak. Pada Liga Champions 2000, Valencia dikandaskan Real Madrid, sedangkan pada 2001, Valencia dikalahkan Bayern Munich lewat adu penalti.

5. Villarreal dua kali dikalahkan klub Inggris di babak semifinal

7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions EropaVillarreal (twitter.com/VillarrealCFen)

Villarreal telah dua kali menembus babak semifinal Liga Champions Eropa. Klub berjuluk The Yellow Submarines tak pernah menang dan lolos ke babak final. Mereka sepertinya memiliki track record yang buruk bersama klub asal Inggris. Pasalnya, Villarreal selalu gugur dan kalah di babak semifinal oleh klub asal Inggris, yakni Arsenal (2006) dan Liverpool (2022).

6. Deportivo La Coruna takluk dari sang juara pada 2004

7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions EropaDeportivo La Coruna (rcdeportivo.es)

Sebelum menjadi klub divisi tiga LaLiga Spanyol, Deportivo La Coruna pernah dipandang sebagai tim besar. Super Depor juga pernah menembus babak semifinal Liga Champions Eropa, tepatnya pada edisi 2004. Akan tetapi, mereka kalah dengan agregat 0-1 dari FC Porto. Kala itu, FC Porto meraih gelar juara Liga Champions Eropa.

7. Real Sociedad pernah masuk semifinal European Cup 1983

7 Klub Spanyol yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions EropaReal Sociedad (realsociedad.eus)

Satu lagi klub Spanyol yang pernah menembus babak semifinal Liga Champions Eropa adalah Real Sociedad. Klub asal Basque ini melakukannya saat kompetisi ini masih bernama European Cup, tepatnya pada edisi 1983. Kala itu, Real Sociedad takluk dari Hamburg SV dengan agregat 2-3.

Jika dikalkulasikan, Spanyol menjadi negara yang paling sering menjadi juara Liga Champions Eropa. Namun, torehan tersebut hanya dicatat oleh Real Madrid yang memiliki 14 gelar dan Barcelona yang punya 5 gelar. Sementara itu, klub lain tak pernah sekali pun mengangkat trofi "Si Kuping Lebar".

Baca Juga: 10 Klub Inggris yang Pernah Mentas di Semifinal Liga Champions Eropa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya