5 Klub Tertua di Bundesliga 2021/2022, Ada Eintracht Frankfurt 

Tidak ada tim raksasa

Bundesliga didominasi beberapa klub besar dalam 2 dekade terakhir, seperti Bayern Munich, Borussia Dortmund, VfL Wolfsburg, dan Bayer Leverkusen. Klub-klub tersebut dianggap melegenda karena prestasi yang mereka torehkan.

Meski begitu, klub-klub tersebut bukanlah klub tertua di Bundesliga Jerman pada 2021/2022. Klub-klub di bawah inilah yang justru menjadi klub tertua di Bundesliga musim ini.

1. VfL Bochum

5 Klub Tertua di Bundesliga 2021/2022, Ada Eintracht Frankfurt VfL Bochum (getfootballnewsgermany.com)

Klub yang baru kembali ke kasta tertinggi Liga Jerman, VfL Bochum, menjadi klub tertua di Bundesliga 2021/2022. Klub yang bermarkas di Vonovia-Ruhrstadion ini didirikan pada 1848. Saat ini, mereka telah berusia 174 tahun.

Pada awal berdirinya klub, Bochum merupakan klub olahraga biasa yang lebih berfokus kepada senam. Pada 1924, Bochum mulai berkembang dan menjamah banyak cabang olahraga, termasuk sepak bola.

Tidak banyak prestasi yang berhasil diraih Bochum selama berkiprah sebagai klub sepak bola. Mereka tidak pernah menjuarai kasta tertinggi Liga Jerman. Prestasi terbaiknya ialah empat kali juara kasta kedua Liga Jerman.

2. Hertha Berlin 

5 Klub Tertua di Bundesliga 2021/2022, Ada Eintracht Frankfurt Hertha Berlin (bundesliga.com)

Hertha Berlin merupakan klub kelas pekerja yang didirikan pada 25 Juli 1892 dengan nama BFC Hertha 92. Nama Hertha dalam klub asal ibukota Jerman ini mengacu kepada dewi kesuburan dalam mitologi Jerman.

Kiprah Hertha Berlin di kancah sepak bola Jerman bisa dibilang cukup baik. Mereka telah mendapatkan dua gelar 1.Bundesliga yang mereka raih secara berturut-turut pada 1929/1930 dan 1930/1939.

Selain itu, Hertha Berlin juga pernah tiga kali menjadi juara 2.Bundesliga. Mereka mendapatkannya terkahir kali pada 2012/2013.

Baca Juga: 6 Transfer Terbesar di Bundesliga pada Musim Dingin 2022

3. VfB Stuttgart

5 Klub Tertua di Bundesliga 2021/2022, Ada Eintracht Frankfurt VfB Stuttgart (bundesliga.com)

VfB Stuttgart merupakan klub olahraga terbesar di wilayah Baden-Wurttemberg, Jerman. Stuttgart didirikan pada 9 September 1893. Saat ini, mereka telah berusia 128 tahun. Stuttgart makin berkembang dan menjamah banyak olahraga setelah berdiri pada 1800-an.

Dari enam cabang olahraga yang digeluti VfB Stuttgart, sepak bola menjadi yang paling maju dan dikenal luas. Prestasi mereka pun jauh lebih baik dari dua nama sebelumnya. Stuttgart berhasil meraih 5 gelar juara kasta tertinggi Liga Jerman, 3 gelar DFB Pokal, dan 2 gelar juara 2.Bundesliga.

4. Eintracht Frankfurt

5 Klub Tertua di Bundesliga 2021/2022, Ada Eintracht Frankfurt Eintracht Frankfurt (bundesliga.com)

Prestasi Eintrach Frankfurt merupakan yang terbaik di antara nama lain dalam daftar ini dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Klub yang dirikan pada 8 Maret 1899 ini sering kali berada di papan atas klasemen dan menjadi pengganggu klub besar yang sedang berkompetisi.

Bicara soal prestasi, Eintracht Frankfurt juga tidak kalah gemilang dari VfB Stuttgart. Walaupun baru sekali menjadi juara kasta tertinggi Liga Jerman, tetapi Eintrach Frankfurt berhasil mendapatkan gelar juara Europa League, Piala Intertoto, dan pernah mencapai final Liga Champions.

5. TSG Hoffenheim

5 Klub Tertua di Bundesliga 2021/2022, Ada Eintracht Frankfurt TSG Hoffenheim (bundesliga.com)

Nama terakhir dalam daftar ini ialah TSG 1899 Hoffenheim. Sesuai dengan namanya, Hoffenheim berdiri pada1899, tepatnya pada 1 Juli 1899. TSG Hoffenheim yang sekarang merupakan gabungan dari dua klub, yakni Turnverein Hoffenheim yang didirikan pada 1899 dan Fusballverein Hoffenheim yang didirikan pada 1921.

Kedua klub tersebut baru disatukan pada 1945. Akan tetapi, proses berkembang Hoffeheim bisa dibilang sangat lama. Pasalnya, hingga awal 1990-an, TSG Hoffenheim masih berlama di liga amatir Jerman. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat mereka tidak punya prestasi yang menonjol.

Klub-klub tertua Bundesliga memang tidak terlalu mendominasi. Mereka tidak seperti klub-klub Serie A Italia dan English Premier League. Hal ini bisa menjadi bukti nyata jika umur hanyalah angka.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Koleksi Gelar Bundesliga Terbanyak Sepanjang Sejarah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya