5 Manajer Top yang Pernah Dilatih Sven Goran Eriksson saat Jadi Pemain

Gurunya para manajer

Sven Goran Eriksson merupakan seorang legenda di dunia sepak bola. Ia pernah melatih 19 tim berbeda selama 46 tahun kariernya sebagai seorang manajer. Dalam kurun waktu tersebut, ia pernah melatih lebih dari 650 pemain.

Dengan jam terbang yang tinggi, Eriksson tentu pernah menciptakan pemain-pemain hebat. Tak hanya itu, Eriksson juga tercatat menciptakan calon manajer hebat di masa depan. Kini, sejumlah mantan anak asuhnya menjelma sebagai manajer hebat dengan nama besar.

Banyak yang malang melintang dan tak sedikit mantan anak asuh Eriksson yang berhasil mendapat gelar juara ketika menjabat sebagai manajer. Oleh karena itu, Eriksson layak disebut sebagai gurunya manajer hebat. Itu layak diakui oleh penggemar sepak bola di seluruh dunia. Untuk mengetahui buktinya, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Carlo Ancelotti sudah menjadi legenda di dunia kepelatihan

5 Manajer Top yang Pernah Dilatih Sven Goran Eriksson saat Jadi PemainCarlo Ancelotti (realmadrid.com)

Saat menjadi seorang pemain, Carlo Ancelotti adalah gelandang yang tangguh dan memiliki keunggulan dalam tendangan. Hal tersebut membuat Sven Goran Eriksson kerap memainkannya. Total ada 93 laga yang dijalani Ancelotti kala ia dilatih Eriksson di AS Roma (1984--1987).

Seiring waktu, Ancelotti bisa melangkahi Eriksson dalam hal pamor dan prestasi di dunia kepelatihan. Saat ini, Ancelotti sangat diakui sebagai seorang pelatih ternama. Ia sering menghasilkan gelar juara di berbagai klub ditanganinya. Sebut saja, AC Milan, Bayern Munich, Chelsea, Paris Saint-Germain, dan Real Madrid.

2. Sergio Conceicao penuh prestasi bersama FC Porto

5 Manajer Top yang Pernah Dilatih Sven Goran Eriksson saat Jadi PemainSergio Conceicao (fcporto.com)

Sergio Conceicao merupakan salah satu manajer muda asal Portugal yang saat ini sedang naik daun. Hal tersebut bisa terjadi karena Conceicao cukup piawai dalam meracik taktik, terutama bersama FC Porto dalam 7 tahun terakhir (2017--2024). Selain bersama klub raksasa Portugal itu, Conceicao juga pernah melatih Standard Liege, Coimbra, Vitoria Guimaraes, SC Braga, dan FC Nantes.

Saat masih menjadi pemain, Conceicao adalah seorang winger ternama. Ia juga pernah dilatih Sven Goran Eriksson ketika berseragam Lazio (1998--2000). Kala itu, Conceicao bermain sebanyak 87 laga dengan torehan 11 gol dan 13 assist.

Baca Juga: Ribut-ribut Arteta vs Conceicao Usai Arsenal Bekuk Porto

3. Roberto Mancini merupakan pemain andalan Sven Goran Eriksson

5 Manajer Top yang Pernah Dilatih Sven Goran Eriksson saat Jadi PemainRoberto Mancini (twitter.com/EURO2024)

Roberto Mancini adalah pemain yang paling diandalkan Sven Goran Eriksson selama 46 tahun melatih. Mancini adalah seorang penyerang lincah yang cukup produktif dan mampu mencetak 90 gol dan 43 assist dari 306 laga. Keduanya bertemu di Sampdoria (1992--1997) dan Lazio (1997--2000).

Saat ini, Mancini terkenal sebagai seorang manajer yang luar biasa. Ia sangat berprestasi bersama beberapa klub yang pernah ia latih. Inter Milan, Fiorentina, SS Lazio, Manchester City, Galatasaray, dan Timnas Italia telah diberikan gelar juara oleh Mancini. Namun, ia belum memberikan gelar juara bagi Timnas Arab Saudi yang kini dilatihnya.

4. Simone Inzaghi sukses besar di Italia

5 Manajer Top yang Pernah Dilatih Sven Goran Eriksson saat Jadi PemainSimone Inzaghi (inter.it)

Simone Inzaghi merupakan salah satu manajer yang sedang panas di Italia. ia memiliki pamor yang sangat baik sebagai seorang manajer muda berbakat. Lazio dan Inter Milan telah berhasil diberikan gelar juara oleh manajer yang kini membesut Inter Milan.

Saat masih jadi pemain, Inzaghi pernah mengambil ilmu yang sangat berharga dari Sven Goran Eriksson. Ia belajar selama 2 musim (1999--2001) ketika keduanya bekerja sama di Lazio. Dalam kurun waktu tersebut, Inzaghi mencetak 26 gol dan 3 assist dari 56 laga.

5. Diego Simeone dikenal sebagai manajer berkualitas Atletico Madrid

5 Manajer Top yang Pernah Dilatih Sven Goran Eriksson saat Jadi PemainDiego Simeone (en.atleticodemadrid.com)

Nama Diego Simeone sudah tak asing di telinga penggemar sepak bola. Pria asal Argentina ini dikenal karena memiliki pamor yang baik sebagai seorang manajer berkualitas. Delapan gelar juara yang ia dapat selama melatih Atletico Madrid sejak 2011 menjadi buktinya.

Pamor Simeone ternyata tak hanya bagus sebagai seorang manajer. Ia juga adalah seorang pemain sepak bola yang hebat. Sven Goran Eriksson mengakui hal tersebut dengan memainkan Simeone sebanyak 68 laga ketika keduanya berada di Lazio dari 1999--2001.

Sven Goran Eriksson memang layak disebut sebagai guru dari para manajer. Selain kelima nama ini ada sejumlah manajer muda yang juga pernah dilatih Eriksson ketika jadi pemain. Sinisa Mihajlovic, Steven Gerrard, Frank Lampard, Wayne Rooney, John Terry, Dietmar Hamaan, Vincenzo Montella, Dunga, Hernan Crespo, dan Michael Carrick menjadi beberapa di antaranya.

Baca Juga: Diego Simeone dan Arda Turan, Alasan Caglar Soyuncu ke Atletico Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya