7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024

Tim besar pencetak pesepak bola hebat

Selalu ada mantan pemain Ajax Amsterdam yang menghiasi Bundesliga Jerman dari musim ke musim. Hal ini cukup wajar karena Ajax memiliki sejarah panjang sebagai pencetak pemain berkualitas. Hal ini juga diperkuat dengan jarak antara Jerman dan Belanda yang memungkinkan para pemain bisa pindah dengan mudah.

Di Bundesliga 2023/2024, ada tujuh mantan pemain Ajax yang kini berlaga. Mereka memiliki performa dan kualitas yang beragam. Ada yang bersinar, ada pula yang justru gagal bersinar. Untukmu yang penasaran, yuk, langsung cek artikel berikut ini!

1. Donny van de Beek baru bergabung dengan Eintracht Frankfurt pada pertengahan musim

7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024Donny van de Beek (instagram.com/donnyvdebeek)

Donny van de Beek yang gagal mendapatkan menit bermain yang pantas di Manchester United akhirnya dipinjamkan kepada Eintracht Frankfurt. Mantan pemain andalan Ajax (2016--2020) ini mulai bergabung dengan Frankfurt pada pertengahan musim 2023/2024. Akan tetapi, menit bermain Van de Beek di Frankfurt juga belum stabil saat ini. Ia belum dipercaya menjalani laga penuh 90 menit dalam 5 laga yang telah dijalaninya.

2. Cedera mengganggu kiprah Noussair Mazraoui di Bayern Munich

7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024Noussair Mazraoui (instagram.com/nousmaz97)

Noussair Mazraoui sebetulnya mampu tampil hebat bersama Bayern Munich. Akan tetapi, cedera menjadi penghalang mantan pemain Ajax Amsterdam (2018--2022) ini. Di tengah kariernya yang impresif, Mazraoui telah absen setidaknya dalam 17 pertandingan. Hal tersebut membuat Bayern Munich membeli Sacha Boey sebagai pengganti dirinya.

3. Matthijs de Ligt (Bayern Munich) tergeser oleh skema yang diterapkan Thomas Tuchel

7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024Matthijs de Ligt (mobile.twitter.com/mdeligt_04)

Selain Noussair Mazraoui, Bayern Munich juga memiliki sosok eks pemain Ajax Amsterdam lain. Sosok tersebut adalah Matthijs de Ligt yang bergabung sejak awal musim 2022/2023. De Ligt sebetulnya merupakan seorang bek yang sangat hebat dan mampu dipercaya. Akan tetapi, ia tergeser oleh skema yang dibangun Thomas Tuchel. Oleh karena itu, ia kalah saing dari Kim Min Jae dan Dayot Upamecano.

Baca Juga: Simon Tahamata, Bukti Kesekian Relasi Lekat Maluku dan Belanda

4. Sebastien Haller tergeser Niclas Fuellkrug di Borussia Dortmund

7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024Sebastien Haller (bvb.de)

Meski bermain selama 1,5 musim (2021--2022), Sebastien Haller sukses tampil gemilang bersama Ajax Amsterdam. Oleh karena itu, ia langsung diboyong oleh Borussia Dortmund pada awal musim 2022/2023. Akan tetapi, Haller tak begitu bersinar di sini. Ia justru tampil biasa saja dan tak sementereng ketika bermain di Ajax. Apalagi, Haller juga sempat sakit. Ia kini kalah saing dari Niclas Fuellkrug.

5. Maximilian Wober datang ke Borussia Moenchengladbach sebagai pemain pinjaman

7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024Max Wober (twitter.com/borussia_en)

Maximilian Wober datang ke Borussia Moenchengladbach sebagai pemain pinjaman dari Leeds United. Bek asal Austria ini ternyata mampu beradaptasi dan bermain dengan baik bersam Gladbach. Sejauh ini, ia tak pernah absen kecuali karena cedera. Mantan pemain Ajax (2017--2019) ini layak untuk dipermanenkan oleh Gladbach pada akhir musim.

6. Valcav Cerny tergolong sebagai pemain rotasi di VfL Wolfsburg

7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024Vaclav Cerny (vfl-wolfsburg.de)

Valcav Cerny tergolong sebagai pemain rotasi di skuad VfL Wolfsburg. Winger asal Republik Ceko ini sangat sering tampil, tetapi dengan menit bermain yang minim. Dari 837 menit yang ia jalani dalam 19 laga, Cerny telah mencetak 3 gol dan 1 assist hingga pekan ke-24 Bundesliga Jerman 2023/2024. Itu merupakan modal yang baik bagi mantan pemain Ajax (2016--2019) ini untuk makin berkembang.

7. Florian Grillitsch pulang ke TSG Hoffenheim

7 Mantan Pemain Ajax yang Bela Tim Bundesliga 2023/2024Florian Grillitsch (instagram.com/floriangrillitsch)

Florian Grillitsch berseragam TSG Hoffenheim pada 2017--2022. Ia sempat hengkang ke Ajax Amsterdam pada awal musim 2022/2023. Akan tetapi, Grillitsch hanya bertahan semusim dan akhirnya pulang ke Hoffenheim. Saat ini, ia menjadi salah satu pemain andalan Hoffenheim, khususnya di sektor gelandang.

Ajax Amsterdam memang telah tersohor sebagai pencetak pemain bertalenta. Hal ini juga didukung dengan kehebatan tim akademi dan pemandu bakat yang senantiasa mencari pemain-pemain terbaik dari penjuru dunia. Hal inilah yang menjadi resep Ajax selalu maju dan bisa mendominasi Eredivisie Belanda dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 4 Bek Lulusan Akademi Ajax yang Meramaikan Premier League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya