9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024

Deretan pemain berpengalaman

Intinya Sih...

  • Al-Ahli memiliki sembilan mantan pemain liga top Eropa, termasuk Roger Ibanez, Merih Demiral, dan Ezgjan Alioski.
  • Roger Ibanez tampil gemilang sebagai bek dengan menit bermain terbanyak, sementara Merih Demiral harus absen karena cedera.
  • Franck Kessie ditunjuk sebagai kapten tim baru dengan penampilan cukup baik, sementara Roberto Firmino belum mampu memenuhi ekspektasi sebagai pendulang gol utama.

Sebagai tim elite yang disokong dengan sumber daya keuangan yang melimpah, Al-Ahli, bisa memiliki materi pemain yang mentereng. Pada 2023/2024 ini, tim asal Saudi Pro League itu memiliki sembilan mantan pemain liga top Eropa. Mereka mempercayakan skuadnya kepada banyak pemain berpengalaman guna mampu mendongkrak kualitas.

Sembilan pemain tersebut bahu-membahu membuat Al-Ahli berprestasi. Ada yang bertindak sebagai pencetak gol, pengatur permainan, hingga penjaga pertahanan.

Untukmu yang penasaran dengan sembilan mantan pemain liga top Eropa di Al-Ahli 2023/2024, coba intip daftar dan ulasannya di bawah ini!

1. Roger Ibanez menjadi yang paling diandalkan di sektor pertahanan

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Rober Ibanez (twitter.com/ibanez41oficial)

Roger Ibanez memilih untuk pergi dari AS Roma pada awal musim 2023/2024 ketika sedang berada di puncak performa. Ibanez berani mengambil keputusan tersebut karena yakin Al-Ahli bisa menjadi klub yang pas baginya. Hal tersebut akhirnya terjadi karena Ibanez mampu tampil gemilang. Ia menjadi bek dengan menit bermain terbanyak di Al-Ahli hingga pekan ke-22 Saudi Pro League 2023/2024.

2. Merih Demiral seharusnya bisa menjadi tandem yang pas bagi Roger Ibanez sepanjang musim

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Merih Demiral (instagram.com/merihdemiral)

Merih Demiral seharusnya bisa menjadi tandem Roger Ibanez di posisi bek tengah Al-Ahli sepanjang musim 2023/2024. Akan tetapi, mantan pemain Sassuolo, Juventus, dan Atalanta Bergamo ini harus absen karena cedera. Itu sangat merugikan bagi Demiral dan Al-Ahli. Kendati demikian, Demiral juga memiliki menit bermain yang cukup memuaskan.

3. Ezgjan Alioski hanya berperan sebagai pemain cadangan

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Ezgjan Alioski (instagram.com/gjanni.alioski)

Ezgjan Alioski mulai dikenal publik ketika bermain apik bersama Leeds United (2017--2021). Ia terkenal sebagai seorang bek sayap yang cukup agresif dalam menyerang. Pada awal musim 2021/2022, Alioski memilih pindah ke Al-Ahli. Akan tetapi, performanya justru menurun. Bahkan, ia baru mencatat empat laga sejauh ini karena hanya berperan sebagai pemain pelapis dari Abdullah Al Amar di posisi bek kiri.

4. Kepindahan Gabri Veiga sempat disesalkan

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Gabri Veiga (twitter.com/ALAHLI_FCEN)

Gabri Veiga bermain sangat apik bersama Celta Vigo pada 2022/2023. Oleh karena itu, ia banyak diincar tim besar Eropa. Akan tetapi, Veiga lebih memilih untuk pindah ke Saudi Pro League, tepatnya ke Al-Ahli. Keputusan Veiga sempat disesalkan karena masih terlalu muda untuk bermain di liga yang dianggap sebagai tempat berkarier pemain veteran. Kendati demikian, Veiga mampu tampil meyakinkan sebagai gelandang andalan Al-Ahli saat ini.

5. Franck Kessie langsung ditunjuk sebagai kapten pada tahun pertama

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Franck Kessie (instagram.com/franckkessie)

Mantan pemain Atalanta, AC Milan, dan Barcelona, Franck Kessie, baru bergabung dengan Al-Ahli pada bursa transfer musim panas 2023. Meski baru bergabung, Kessie langsung ditunjuk sebagai kapten tim. Hal ini sebetulnya cukup wajar mengingat Kessie biasa mengemban kepercayaan tersebut ketika berseragam AC Milan dan Pantai Gading. Bicara soal performa, Kessie tampil cukup baik sebagai salah satu pemain paling produktif di tim barunya.

Baca Juga: Roberto Firmino Tak Jadi Pergi, Putuskan Bertahan di Al Ahli 

6. Allan Saint-Maximin sangat aktif menciptakan assist

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Allan Saint Maximin (kiri) (twitter.com/ALAHLI_FCEN)

Allan Saint-Maximin adalah pemain andalan Al-Ahli di posisi winger kiri. Mantan pemain Saint Etienne, AS Monaco, Hannover 96, OGC Nice, dan Newcastle United ini juga tampil produktif. Ia menjadi raja assist Al-Ahli bersama Riyad Mahrez sejauh ini. Pria asal Prancis itu telah mencatat 4 gol dan 9 assist dari 21 laga di Saudi Pro League untuk Al-Ahli.

7. Riyad Mahrez merupakan bintang Al-Ahli sesungguhnya

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Riyad Mahrez (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Di antara nama lain dalam daftar ini, Riyad Mahrez layak disebut sebagai yang terbaik. Mantan pemain Leicester City dan Manchester City ini berhasil tampil sesuai ekspektasi. Mahrez bergerak menusuk dan sangat membahayakan lawan dari sisi sayap. Dengan penampilannya itu, Mahrez berhasil menjadi yang produktif. Pemain Aljazair ini telah mencetak 9 gol dan 9 assist.

8. Edouard Mendy tak tergantikan di pos penjaga gawang

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Edouard Mendy (.instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy sudah kaya akan pengalaman kala membela Stade Rennes dan Chelsea. Hal tersebut yang saat ini sedang ia terapkan bersama Al-Ahli. Kiper asal Senegal ini selalu tampil konsisten di bawah mistar. Hal tersebut membuatnya tak pernah tergantikan hingga pekan ke-22 Saudi Pro League 2023/2024.

9. Roberto Firmino dinilai belum tampil sesuai ekspektasi

9 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Ahli 2023/2024Roberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Roberto Firmino didatangkan untuk menjadi pendulang gol utama untuk Al-Ahli. Akan tetapi, Firmino belum bisa mewujudkan ekspektasi tersebut. Mantan pemain TSG Hoffenheim dan Liverpool ini justru tampil loyo. Ia baru mencatat 6 gol dan 3 assist dari 20 laga. Catatan tersebut kalah produktif dibandingkan Riyad Mahrez dan Franck Kessie yang notabene bukan seorang penyerang murni.

Ada total sembilan mantan pemain liga top Eropa yang membela Al-Ahli pada 2023/2024. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dibanding 17 tim Saudi Pro League lain. Dengan materi pemain yang mentereng ini, Al-Ahli sukses menduduki papan atas, meski bukan berada di puncak klasemen.

Baca Juga: 3 Pemain Liga Eropa yang Gabung Al-Ahli pada Musim Panas 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya