3 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Taawoun FC 2023/2024

Punya peranan besar dalam keberhasilan tim

Al Taawoun FC menjadi salah satu tim yang tampil gemilang di Saudi Pro League 2023/2024. Tim asal Kota Buraidah ini berhasil menbuntuti empat tim terkaya Arab Saudi, yakni Al Ittihad, Al Nassr, Al Ahli, dan Al Hilal di klasemen Saudi Pro League. Ini mereka lakukan dengan materi pemain yang terbilang seadanya.

Jika melihat materi pemain yang dimiliki musim ini, Al Taawoun FC hanya dihuni tiga mantan pemain liga top Eropa. Angka ini sangat jauh berbeda dengan tim-tim kaya Arab Saudi yang punya nama besar lebih dari lima pemain. Kendati demikian, tiga eks pemain liga top Eropa di skuad Al Taawoun FC ternyata cukup berkontribusi.

Seperti apa kiprah mereka saat bermain di Eropa dan di Arab Saudi?

1. Andrei Girotto bermain selama 6 tahun di FC Nantes sebelum jadi andalan Al Taawoun

3 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Taawoun FC 2023/2024Andrei Girotto (instagram.com/andreigirotto)

Tepat sebelum bergabung dengan Al Taawoun pada musim panas 2023, Andrei Girotto pernah berkarier di Ligue 1 Prancis. Bek asal Brasil ini membela FC Nantes selama 6 tahun. Masa bakti Girotto di FC Nantes tersebut terjadi pada 2017--2023

Girotto sendiri tampil sangat gemilang dengan catatan statistik yang baik. Dalam kurun waktu 6 tahun, Girotto tampil sangat hebat sebagai seorang bek tangguh yang hobi mencetak gol. Alhasil, Girotto mencatat 12 gol dan 7 assist dari 205 laga bersama FC Nantes.

Kegemilangan Girotto bersama FC Nantes sukses ia tularkan bersama Al Taawoun FC. Girotto kembali menjadi pemain utama di tim ini karena kualitasnya yang mentereng. Hingga pekan ke-24 Saudi Pro League, Girotto telah berkontribusi dalam 23 pertandingan dengan sumbangan 2 assist.

Baca Juga: 9 Pemain Portugal yang Merumput di Saudi Pro League 2023/2024

2. Musa Barrow pernah tampil bersinar di Serie A sebelum jadi pemain kunci Al Taawoun

3 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Taawoun FC 2023/2024Musa Barrow (instagram.com/musa_barrow99)

Musa Barrow sukses menjadi salah satu pemain kunci Al Taawoun. Pada musim ini, ia tampil cukup efektif dengan mencetak 6 gol dan 2 assist dari 18 laga di Saudi Pro League. Catatan itu dinilai cukup efektif bagi seorang winger.

Barrow adalah winger yang usianya masih terhitung muda dan sangat potensial. Meski masih muda, pemain asal Gambia ini memiliki pengalaman yang cukup mentereng di Eropa, khususnya di Serie A Italia. Pasalnya, ia tercatat pernah menjadi bagian dari Atalanta Bergamo (2017--2019) dan FC Bologna (2019--2023).

Bersama kedua klub tersebut, Barrow tergolong mampu tampil bersinar. Namun, jika dibandingkan, Barrow lebih memiliki peran kala bermain untuk Bologna. Jika ditotalkan, maka Barrow pernah mencatat 30 gol dan 31 assist dari 163 laga di kasta tertinggi sepak bola Italia itu.

3. Alvaro Medran sempat tampil di LaLiga, lalu pindah ke Al Taawoun dan hengkang ke Al Ettifaq

3 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Al Taawoun FC 2023/2024Alvaro Medran (twitter.com/Ettifaq_EN)

Alvaro Medran bermain sangat apik sebagai seorang playmaker di lini tengah Al Taawoun. Akan tetapi, kegemilangannya itu tak akan berlanjut pada paruh kedua musim 2023/2024. Sebab, pria asal Spanyol ini telah pindah ke Al Ettifaq pada bursa transfer musim dingin 2024.

Medran sendiri merupakan salah satu pemain yang cukup berpengalaman di LaLiga Primera Spanyol. Ia pernah membela Real Madrid, Rayo Vallencano, Getafe, dan Valencia . Sayangnya, karier Medran tak terlalu mentereng di negaranya.

Penampilan Al Taawoun FC pada 2023/2024 patut diacungi jempol. Pasalnya, mereka berhasil mendobrak dan meluncur hingga papan atas klasemen Saudi Pro League. Bahkan, mereka lebih gemilang ketimbang Al Shabab dan Al Ettifaq yang notabene lebih kaya dari Al Taawoun.

Baca Juga: 3 Eks Top Skor Liga Top Eropa di Saudi Pro League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya