5 Negara Besar yang Selalu Memakai Pelatih Lokal di Ajang Piala Dunia

Hanya Italia yang absen di Piala Dunia 2022

Selain mengandalkan deretan pemain terbaik di negaranya, tim nasional juga membutuhkan pelatih hebat sebagai nakhoda. Pelatih-pelatih terbaik dari penjuru dunia lain kerap didatangkan demi membantu meningkatkan kualitas tim. 

Hal tersebut juga berlaku bagi para peserta Piala Dunia dari masa ke masa. Namun, terdapat beberapa tim yang selalu mempercayakan tanggung jawab tersebut pada pelatih lokal mereka. Beberapa tim besar ini selalu menggunakan pelatih lokal di ajang Piala Dunia. Tim mana sajakah itu dan apa prestasi terbaiknya?

1. Uruguay

5 Negara Besar yang Selalu Memakai Pelatih Lokal di Ajang Piala DuniaOscar Tabarez (twitter.com/fifaworldcup)

Dengan dua gelar juara Piala Dunia yang telah mereka miliki, Uruguay sangat layak diperhitungkan sebagai negara besar di sepak bola. Faktanya, Uruguay merupakan negara pertama yang menjadi juara Piala Dunia, tepatnya pada edisi Piala Dunia 1930.

Termasuk Piala Dunia 2022, Uruguay telah mengikuti 14 kali Piala Dunia dengan 9 pelatih berbeda yang semuanya memiliki kewarganegaraan Uruguay. Dari kesembilan pelatih tersebut, Oscar Tabarez menjadi yang paling sering melatih Uruguay dengan 4 kali keikutsertaan di Piala Dunia.

2. Jerman 

5 Negara Besar yang Selalu Memakai Pelatih Lokal di Ajang Piala DuniaHansi Flick (dfb.de)

Jerman telah mengikuti 20 Piala Dunia, termasuk pada edisi Piala Dunia 2022. Catatan tersebut terhitung sejak negara Jerman masih bernama Republik Federal Jerman dan Jerman Berat. Jerman sendiri baru terbentuk pada 1990.

Dari 20 kali keikutsertaannya, Jerman selalu mempercayakan jasa pelatih lokal. Sepp Herberger dan Helmut Schonn menjadi pelatih yang paling sering melatih Jerman di ajang Piala Dunia dengan catatan 4 kali keikutsertaan.

Baca Juga: Mario Gotze Bangkit, Kini Bakal Bela Jerman di Piala Dunia 2022

3. Brasil

5 Negara Besar yang Selalu Memakai Pelatih Lokal di Ajang Piala DuniaCarlos Alberto Parreira (twitter.com/fifaworldcup)

Dengan 5 kali gelar juara, Brasil menjadi negara yang paling sukses di ajang Piala Dunia. Tim berjuluk La Selecao ini telah 22 kali ikut serta pada ajang Piala Dunia. Angka tersebut menjadi jumlah keikutsertaan terbanyak di antara negara anggota FIFA lain.

Dari 22 kali kesempatan ikut Piala Dunia, Brasil pernah menggunakan 15 pelatih berbeda. Vicente Feola, Mario Zagallo, Tele Santana, Luiz Felipe Scolari, Tite, dan Carlos Alberto Pereira menjadi deretan pelatih yang mengikuti lebih dari 1 edisi Piala Dunia.

4. Kroasia

5 Negara Besar yang Selalu Memakai Pelatih Lokal di Ajang Piala DuniaZlatko Dalic (twitter.com/hns_cff)

Kroasia dikenal sebagai negara debutan terbaik dalam sejarah Piala Dunia. Pasalnya, mereka sukses menjadi juara ketiga kala pertama kali ikut serta pada Piala Dunia 1998. Sejauh ini, Kroasia telah ikut pada 6 Piala Dunia.

Terhitung pada edisi 1998, 2002, 2006, 2014, 2018, dan 2022, seluruhnya dilatih oleh pelatih lokal. Zlatko Dalic akan menjadi pelatih Kroasia yang pertama kali ikut serta pada dua edisi Piala Dunia jika ia masih tetap jadi juru taktik Kroasia Piala Dunia 2022.

5. Italia

5 Negara Besar yang Selalu Memakai Pelatih Lokal di Ajang Piala DuniaMarcelo Lippi (twitter.com/FIFAcom)

Di antara lima negara dalam daftar ini, Italia menjadi satu-satunya negara besar yang gagal berlaga di Piala Dunia 2022. Padahal, Italia merupakan negara besar dan kerap menjadi unggulan di tiap edisi Piala Dunia.

Gli Azzurri sendiri telah mengikuti 19 Piala Dunia meski absen pada Piala Dunia 2018 dan 2022. Dari keikutsertaan tersebut, Italia pernah menggunakan 14 pelatih berbeda. Vittoria Pozzo, Ferrucio Valcareggi, Enzo Bearzoot, dan Marcello Lippi menjadi pelatih yang ikut serta di lebih dari satu edisi Piala Dunia.

 

Piala Dunia benar-benar menjadi turnamen yang sangat bergengsi. Kualitas dan rasa nasionalisme yang lebih mungkin menjadi alasan dari federasi negara-negara ini selalu memilih pelatih lokal pada tiap edisi Piala Dunia yang mereka ikuti.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia, Ada Messi!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya