6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian Pulisic

Zlatan Ibrahimovic menjadi yang terbaik dalam daftar ini!

AC Milan sangat aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Sederet pemain berkelas didatangkan untuk menambah kekuatan tim. Salah satunya ialah Christian Pulisic yang didatangkan dari Chelsea dengan banderol sebesar 20 juta euro (Rp332 miliar). 

Saat diperkenalkan ke publik, pemain andalan Timnas Amerika Serikat ini langsung memilih jersey dengan nomor punggung 11. Nomor tersebut baru pertama kali ia kenakan dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional. Faktanya, Pulisic lebih akrab menggunakan nomor punggung 10 dan 22 di level klub.

Nomor punggung 11 yang diwariskan kepada Christian Pulisic pernah dipakai oleh beberapa pemain besar. Namun, tak semuanya sempat tampil cemerlang bersama AC Milan.

1. Giampaolo Pazzini

6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian PulisicGiampolo Pazzini (twitter.com/acmilan)

Giampaolo Pazzini yang datang dari Inter Milan pada musim panas 2012 langsung mengenakan nomor punggung 11. Penyerang berkebangsaan Italia ini bermain luar biasa pada musim pertamanya dengan mencetak 16 gol dan 2 assist dari 37 laga bersama Rossoneri. Namun, pada 2 musim selanjutnya (2013--2015), performa Pazzini justru meredup. Dalam kurun waktu tersebut, ia hanya mencetak 8 gol dan 2 assist dari 49 laga.

Baca Juga: 5 Kesepakatan Terakhir Chelsea dan AC Milan, Pulisic Terbaru!

2. Alessio Cerci

6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian PulisicAlessio Cerci (twitter.com/acmilan)

Alessio Cerci merupakan tandem Ciro Immobile kala berseragam Torino. Berbeda dengan Immobile yang berhasil bangkit dari keterpurukan, nama Cerci justru meredup dan mulai tak terdengar. Cerci sendiri pernah bermain untuk AC Milan selama 1,5 tahun (2014--2016). Sayangnya, ia tampil kurang memuaskan dengan catatan 1 gol dan 7 assist saja dari 33 laga.

3. M'Baye Niang

6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian PulisicM'Baye Niang (twitter.com/acmilan)

M'Baye Niang cukup sering bergonta-ganti nomor punggung ketika berseragam AC Milan. Pemain asal Senegal ini pernah memakai nomor punggung 11 pada musim 2016/2017. Bicara soal penampilannya bersama Rossoneri, Niang dikategorikan sebagai pemain yang kurang konsisten. Ia sering bermain kurang memuaskan meski kadang kala bermain cemerlang. Tak heran jika pada akhirnya AC Milan lebih sering meminjamkannya ke klub lain.

4. Lucas Ocampos

6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian PulisicLucas Ocampos (sevillafc.es)

Tak banyak yang menyadari jika Lucas Ocampos pernah berseragam AC Milan pada paruh kedua musim 2016/2017. Kala itu, ia datang sebagai pemain pinjaman dari Olympique Marseille. Mengenakan nomor punggung 11, Ocampos tampil bersama AC Milan dengan performa yang sebetulnya tak mengesankan. Winger asal Argentina ini hanya mencatat 12 laga dengan sumbangan 2 assist.

5. Fabio Borini

6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian PulisicFabio Borini (acmilan.com)

Fabio Borini pernah berseragam AC Milan selama 2,5 tahun (2017--2020). Dalam kurun waktu tersebut, Borini selalu mengenakan nomor punggung 11. Mantan pemain Liverpool dan AS Roma ini tak begitu menonjol kala berseragam AC Milan meski sering bermain. Catatan 8 gol dan 6 assist dari 75 laga sebagai winger adalah bukti betapa mediokernya penampilan Borini selama berseragam merah-hitam.

6. Zlatan Ibrahimovic

6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian PulisicZlatan Ibrahimovic (acmilan.com)

Zlatan Ibrahimovic pertama kali datang ke AC Milan pada awal musim 2010/2011. Kala itu, ia menggunakan nomor punggung 11. Sempat hengkang dan membela beberapa klub lain setelah musim 2011/2012 usai, Ibrahimovic kembali ke AC Milan pada awal musim 2019/2020. Namun, ia baru memakai nomor punggung 11 pada awal musim 2020/2021. Hingga akhirnya pensiun bersama AC Milan pada akhir musim 2022/2023, Ibrahimovic dikategorikan tampil sangat gemilang. Ia mencatat 163 penampilan dengan kreasi 93 gol dan 35 assist untuk Rossoneri.

Dari enam nama dalam daftar ini, Zlatan Ibrahimovic merupakan pemain terbaik yang pernah menggunakan nomor punggung 11 di AC Milan. Christian Pulisic pun berharap bisa meniru Ibrahimovic. Permainan impresif yang membuahkan perkembangan besar dalam kariernya menjadi harapan besar Pulisic dan tifosi AC Milan.

Baca Juga: 3 Penggawa AC Milan dari Amerika Serikat, Pulisic Terbaru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya