6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas Jackson

Dua pemain bintang pernah memakai nomor ini

Pemain baru Chelsea, Nicolas Jackson, akhirnya menentukan nomor 15 sebagai nomor punggungnya di Chelsea. Padahal, pemain asal Senegal ini telah pindah ke Chelsea sebelum bursa transfer musim panas dibuka pada 1 Juli 2023. Dengan berbagai pertimbangan, Jackson pun memilih nomor tersebut.

Nomor punggung 15 sendiri merupakan nomor yang sama dengan yang ia gunakan pada musim terakhirnya di Villarreal (2022/2023). Di Chelsea sendiri, nomor 15 pernah dipakai oleh beberapa pemain bintang. Namun, tak semuanya berakhir gemilang. Siapa sajakah para pendahulu Jackson yang pernah memakai nomor punggung 15? Berikut ini ulasan enam yang terakhir.

1. Kevin de Bruyne

6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas JacksonKevin de Bruyne (premierleague.com)

Kevin de Bruyne dikenal sebagai yang sangat gemilang bersama Manchester City saat ini. Namun, saat berseragam Chelsea, De Bruyne sangat jauh dari permainannya sekarang. Gelandang asal Belgia ini lebih sering dipinjamkan selama 2 tahun (2012--2014) di Chelsea.

Kendati demikian, De Bruyne sempat menggunakan nomor punggung 15 di Chelsea pada musim 2013/2014. Dalam kurun waktu tersebut, De Bruyne gagal bersinar. Ia hanya mencatat sembilan laga.

2. Mohamed Salah

6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas JacksonMo Salah (chelseafc.com)

Mohamed Salah pun bersinar setelah meninggalkan Chelsea. Pemain andalan Timnas Mesir ini memiliki karier yang tak begitu bagus ketika 2,5 tahun (2014--2016) berseragam Chelsea. Dalam kurun waktu tersebut, 2 gol dan 4 assist dari 19 laga dicatatkan Salah.

Angka tersebut jelas sangat jauh dengan apa yang ia torehkan bersama Liverpool. Mo Salah sendiri pernah menggunakan nomor punggung 15 dan 17 dalam kurun waktu tersebut. Untuk nomor punggung 15, Salah menggunakannya hanya pada paruh kedua musim 2013/2014.

3. Papy Djilobodji

6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas JacksonPapy Djilobodji (twitter.com/papydjilo15)

Papy Djilobodji pun tak memiliki karier yang indah bersama Chelsea. Didatangkan dari FC Nantes pada awal musim 2015/2016, bek tengah asal Senegal ini mewarisi nomor punggung 15 peninggalan Salah. Sayangnya, ia hanya memakai nomor punggung tersebut selama setengah musim.

Pada paruh kedua musim 2015/2016, Djilobodji telah dipinjamkan ke Werder Bremen. Pada akhir musim, Djilobodji pun dijual ke Sunderland. Djilobodji sendiri hanya mencatat satu laga bersama The Blues.

Baca Juga: Chelsea Gak Pakai Sponsor di Jersey saat Lawan Liverpool

4. Victor Moses

6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas JacksonVictor Moses (chelseafc.com)

Victor Moses sangat sering dipinjamkan ketika berseragam Chelsea (2012--2021). Winger kanan berkebangsaan Nigeria ini pun cukup sering bergonta-ganti nomor punggung karena hal tersebut. Dari sekian banyak angka, nomor punggung 15 menjadi yang paling sering ia pakai.

Moses memakainya selama 4 tahun (2016--2019). Bicara soal performanya di Chelsea, Moses terhitung tampil cemerlang ketika dilatih oleh Antonio Conte. Saat dilatih juru taktik lain, ia justru meredup. Jika ditotal, Moses mencatat 18 gol dan 13 assist dari 128 laga.

5. Kurt Zouma

6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas JacksonKurt Zouma (chelseafc.com)

Serupa dengan Victor Moses, Kurt Zouma pun cukup sering mengganti nomor punggung. Nomor 15 sendiri, Zouma gunakan pada 2 musim terakhirnya di Chelsea (2019--2021). Sedangkan pada musim lain, ia pernah memakai nomor punggung 3 dan 5.

Performa bek asal Prancis ini bisa dibilang cukup baik ketika berseragam Chelsea. Zouma memainkan 151 pertandingan dengan mencetak 10 gol dan 6 assist. Ia pun memiliki peran yang cukup baik di lini pertahanan selama bertahun-tahun.

6. Mykhaylo Mudryk

6 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 15 Chelsea sebelum Nicolas JacksonMykhailo Mudryk (chelseafc.com)

Pemain terakhir yang menggunakan nomor punggung 15 sebelum Nicolas Jackson adalah Mykhaylo Mudryk. Pemain asal Ukraina ini masih berseragam Chelsea. Namun, pada musim 2023/2024, Mudryk memilih nomor 10 di punggungnya.

Pada setengah musim pertamanya di Chelsea, penampilan Mudryk jauh dari ekspektasi. Ia justru melempem dengan catatan 2 assist dari 17 laga. Padahal, ia diharapkan bisa bersinar mengingat harga belinya dari Shaktar Donetsk yang terbilang fantastis.

 

Selain tujuh pemain yang telah disebutkan, nomor punggung 15 pun pernah dipakai oleh beberapa nama besar. Sebut saja, Didier Drogba, Sam Dalla Bonna, dan Florent Malounda. Dengan nomor punggung 15 yang diambil Nicolas Jackson, bagaimana ekspektasimu dengan pemain satu ini?

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 10 Chelsea sebelum Mykhailo Mudryk

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya