5 Pelatih Argentina yang Pernah Menangani Klub Ligue 1

Hanya Mauricio Pochettino yang sukses meraih juara

Argentina memiliki kualitas yang sangat hebat dalam urusan sepak bola. Selain para pemainnya yang sudah dikenal sebagai salah satu yang terbaik, Argentina juga memiliki generasi pelatih yang cukup hebat.

Banyak pelatih asal Argentina yang populer akan racikan taktiknya. Salah satu klub-klub yang pernah merasakan sentuhan tangan dingin pelatih asal argentina adalah klub yang berlaga di Ligue 1 Prancis. Sejauh ini, terdapat lima pelatih asal Argentina yang pernah menangani klub Ligue 1. Siapa saja mereka?

1. Carlos Bianchi

5 Pelatih Argentina yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Carlos Bianchi (en.psg.fr)

Pelatih asal Argentina pertama yang menjadi juru taktik klub Prancis adalah Carlos Bianchi. Saat masih jadi pemain, Bianchi pernah membela beberapa klub Prancis hingga akhirnya ia pensiun di Stade Reims pada 1985.

Setelah itu, ia diangkat sebagai pelatih Reims (1985—1988). Namun, ia baru melatih di Ligue 2 kala itu. Catatannya di Ligue 1 baru ia torehkan kala melatih OGC Nice (1989—1990). Hanya bertahan semusim, kala itu Bianchi hanya mengoleksi rata-rata 1.09 poin per laga.

2. Angel Marcos

5 Pelatih Argentina yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Angel Marcos (fcnantes.com)

Angel Marcos pernah menjadi pelatih untuk tiga klub Prancis berbeda, yakni Chamois Niort (1999—2001), FC Lorient (2001), dan FC Nantes (2001—2003). Dari ketiga klub tersebut, Marcos hanya membesut FC Lorient dan FC Nantes di kasta tertinggi.

Penampilan Marcos kala menjadi pelatih Lorient cukup mengecawakan. Kariernya sebagai pelatih membaik kala ia didapuk sebagai pelatih Nantes. Secara keseluruhan, Angel Marcos mencatatkan 98 poin dengan rata-rata 1,42 poin per laga.

Baca Juga: 5 Klub Eropa yang Pernah Ditangani Marcelo Bielsa, Sarat Pengalaman

3. Marcelo Bielsa

5 Pelatih Argentina yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Marcelo Bielsa (premierleague.com)

Marcelo Bielsa merupakan sosok besar di sepak bola Argentina. Ia merupakan pelatih yang sukses menemukan bakat Lionel Messi kala Olimpiade 2004. Pelatih berjuluk El Loco ini pernah melatih Marseille dan LOSC Lille di Ligue 1.

Marseille yang dilatihnya pada musim 2014/2015 menjadi tim pertamanya di Prancis. Pada musim 2017/2018, Bielsa kemudian ditunjuk sebagai pelatih Lille. Sayangnya, ia hanya bertahan 4 bulan bersama Lille. Dari kedua klub yang ia tangani di Ligue 1 tersebut, Bielsa sukses mengumpulkan 1,56 poin per laga dari 52 pertandingan.

4. Mauricio Pochettino

5 Pelatih Argentina yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Mauricio Pochettino (premierleague.com)

Di antara nama lain dalam daftar ini, Mauricio Pochettino menjadi sosok pelatih yang paling sukses. Mantan pelatih Tottenham Hotspur ini mulai melatih Paris Saint-Germain pada Januari 2021 untuk menggantikan Thomas Tuchel.

Ia sukses menghadirkan gelar juara Ligue 1 dan Coupe de France. Namun, torehan tersebut belum cukup memuaskan pihak manajemen karena target PSG adalah menjadi juara UEFA Champions League. Ia pun digantikan oleh Christopher Galtier pada awal musim 2022/2023. Selama menjadi pelatih PSG, Pochettino sukses mengumpulkan 2,15 poin per laga dari 84 pertandingan.

5. Jorge Sampaoli

5 Pelatih Argentina yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Jorge Sampaoli (twitter.com/om_english)

Selain Mauricio Pochettino, Jorge Sampaoli juga menjadi pelatih asal Argentina yang melatih klub Ligue 1 pada musim 2021/2022. Sampaoli mulai melatih Marseille pada Maret 2021 untuk menggantikan peran Andre Villas-Boas.

Namun, ia dipecat pada akhir musim 2021/2022. Saat ini ia menjabat sebagai pelatih Sevilla. Sampaoli sendiri menjalani 66 laga bersama Marseille dan sukses mengumpulkan rata-rata 1,88 poin per laga.

Dari kelima nama yang ada dalam daftar ini, hanya sosok Mauricio Pochettino yang sukses hadirkan gelar juara. Musim kompetisi 2022/2023, tak ada nama pelatih asal Argentina yang menangani klub Ligue 1. Akankah ada pelatih Argentina lain yang menangani tim Ligue 1 dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Ligue 1 Musim 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya