Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Ligue 1 Musim 2022/2023

Ada mantan penjaga gawang tim nasional Prancis

Ligue 1 merupakan kompetisi sepak bola yang patut diperhitungkan di Eropa. Beberapa tahun terakhir Liga Prancis mendapat perhatian yang lebih dari penggemar. Hal tersebut terjadi karena banyak pemain dengan potensi luar biasa memilih untuk berkarier di Prancis.

Semua tim berlomba untuk memperkuat kedalaman skuad agar bertahan di ketatnya liga dan bahkan mendominasi kompetisi Eropa. Tak jarang, klub menggabungkan tenaga pemain muda berbakat dengan pemain senior yang kaya pengalaman. Pada musim 2022/2023, ada beberapa pemain veteran yang masih dipercaya oleh tim untuk tampil di Ligue 1. Lantas, siapa sajakah pemain tersebut? Mari simak ulasan di bawah ini!

1. Dante (38 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Ligue 1 Musim 2022/2023Dante (twitter.com/ogcnice)

Dante Bonfim Costa atau yang biasa dikenal dengan nama Dante merupakan pemain yang berposisi sebagai seorang bek saat di lapangan. Ia adalah mantan penggawa tim nasional Brazil. Dirinya sudah sangat berpengalaman dengan merasakan kompetisi Liga Prancis dan Liga Jerman.

Pemain veteran yang satu ini sudah menginjak 38 tahun dan masih tampil di salah satu kompetisi top Eropa. Dante saat ini membela OGC Nice yang bermain di Ligue 1. Ia sudah mengabdi untuk tim berjuluk Les Aiglons sejak tahun 2016.

Musim 2022/2023, OGC Nice masih sering mempercayakan lini belakang kepada pemain asal Brazil yang satu ini. Dante juga dipercaya oleh tim sebagai kapten untuk memimpin rekan-rekan saat di lapangan.

Dante dianggap bisa berkontribusi dengan segala pengalamannya, baik di dalam maupun luar lapangan. OGC Nice juga masih membutuhkan jasanya dengan memperpanjang kontrak pemain asal Brazil yang satu ini hingga tahun 2023 mendatang.

2. Jose Fonte (38 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Ligue 1 Musim 2022/2023Jose Fonte (twitter.com/losclive)

Jose Fonte merupakan pemain yang berposisi sebagai bek. Fonte adalah salah satu pemain yang ikut mengantarkan tim nasional Portugal menjadi juara Euro 2016. Ia adalah pemain veteran yang pernah merasakan berbagai kompetisi di Eropa dan Asia.

Saat ini, Jose Fonte bermain di Ligue 1 dengan membela Lille. Meski usianya sudah 38 tahun, Fonte masih sering mendapat tempat utama di tim. Ia adalah salah satu pemain yang mengantarkan Lille meraih juara liga tahun 2021.

Tim berjuluk Les Dogues ini masih percaya dengan kemampuan bek asal Portugal tersebut. Lille tidak ragu untuk menawarkan kontrak baru untuk sang kapten hingga tahun 2023 mendatang. Fonte diharapkan bisa berkontribusi maksimal menjaga lini pertahanan agar bisa bersaing di Ligue 1.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Didatangkan dari Liga Prancis

3. Steve Mandanda (37 tahun)

https://www.youtube.com/embed/TkjFkrI22a8

Steve Mandanda adalah penjaga gawang senior asal Prancis. Mandanda merupakan pemain yang ikut serta mempersembahkan gelar Piala Dunia saat bermain untuk tim nasional Prancis tahun 2018. Namanya juga sangat akrab dengan Olympique Marseille.

Musim 2022/2023, kiper berusia 37 tahun memutuskan untuk bergabung dengan Stade Rennais secara gratis dari Marseille. Banyak orang yang menganggap kemampuannya sudah habis. Nyatanya, ia masih sering mendapat tempat utama saat pertandingan.

Steve Mandanda mampu mengantarkan Stade Rennais sementara berada di papan atas Ligue 1. Sungguh layak ditunggu kontribusi penjaga gawang veteran yang satu ini bagi tim berjuluk Les Rennais di Liga Prancis.

4. Riad Nouri (37 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Ligue 1 Musim 2022/2023Riad Nouri (twitter.com/ACAjaccio)

Riad Nouri adalah pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap kanan saat di atas lapangan. Ia merupakan warga Prancis yang memiliki darah Aljazair. Saat ini, Nouri bermain di Ligue1 dengan membela AC Ajaccio.

Pemain asal Prancis ini pernah meninggalkan AC Ajaccio tahun 2019 untuk bermain di Umraniyespor. Riad Nouri hanya bertahan satu musim saja bermain di Liga Turki, kemudian memutuskan untuk kembali ke Prancis dengan membela tim asal Kota Ajaccio tahun 2020.

Riad Nouri adalah pemain yang ikut andil membawa AC Ajaccio promosi ke kasta tertinggi Liga Prancis pada tahun 2022. Musim 2022/2023, ia masih sering menjadi pilihan utama pelatih untuk tampil di atas lapangan. Kehadirannya diharapkan bisa memompa semangat rekan satu tim untuk bisa bertahan di ketatnya kompetisi Ligue 1 musim ini.

5. Adil Rami (36 tahun)

https://www.youtube.com/embed/37y1VDYjes8

Adil Rami adalah seorang bek yang berasal dari Prancis. Adil sudah banyak merasakan ketatnya kompetisi top di Eropa. Ia juga ikut dalam skuad Prancis yang memenangkan piala dunia tahun 2018.

Saat ini, Adil Rami bermain untuk ESTAC Troyes di Ligue 1. Ia sudah bermain untuk tim asal kota Troyes tersebut sejak tahun 2021. Musim 2022/2023, Adil beberapa kali menjadi pemain inti yang diturunkan saat di lapangan.

Pemain asal Prancis ini masih sering dipercaya karena mempunyai pengalaman serta memiliki ketenangan luar biasa ketika pertandingan. Ia juga bisa berfungsi sebagai mentor untuk meningkatkan semangat pemain saat di dalam atau luar lapangan.

 

Kelima pemain di atas merupakan veteran yang sukses tampil di Ligue 1 musim 2022/2023. Umur tampaknya hanya angka saja bagi para pemain tersebut. Mereka masih bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga tetap berada di salah satu liga top Eropa. Menurut kalian, siapakah pemain veteran yang memiliki musim gemilang bersama timnya di Ligue 1?

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League Ini Ternyata Sudah Pindah ke Ajang Ligue 1

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya