4 Pelatih Tim Liga Top Eropa yang Diganti pada Desember 2023

Keputusan diambil untuk terhindar dari degradasi

Tahun 2023 telah terlewati dengan berbagai macam cerita. Bulan terakhir pada tahun tersebut atau tepatnya Desember 2023 tampaknya bukan menjadi bulan yang manis bagi beberapa pihak. Salah satunya ialah pelatih yang dipecat karena gagal menampilkan permainan yang memuaskan untuk tim yang ia besut.

Hal tersebut juga berlaku kepada empat pelatih liga top Eropa yang dipecat. Lalu, siapa sajakah pelatih tim liga top Eropa yang dipecat selama bulan Desember 2023? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Diego Alonso hanya bertahan selama 2 bulan di Sevilla

4 Pelatih Tim Liga Top Eropa yang Diganti pada Desember 2023Diego Alonso (sevillafc.es)

Sevilla telah mengganti pelatih sebanyak dua kali pada musim 2023/2024. Setelah mengganti Jose Luis Mendilibar pada Oktober 2023, kini giliran Diego Alonso yang dipecat oleh tim asal Andalusia ini. Pelatih asal Uruguay ini dipecat pada 16 Desember 2023 ketika ia memasuki 2 bulan masa kepelatihannya di Sevilla.

Alasan pemecatan Alonso tak jauh berbeda dengan Mendilibar, yakni karena gagal menampilkan permainan gemilang untuk Sevilla. Dari 14 laga yang ia jalani di semua kompetisi, Alonso hanya mencatatkan 2 kemenangan. Sebagai gantinya, Sevilla menunjuk Quique Sanchez Flores sebagai pelatih baru.

2. Paul Heckingbottom kesulitan angkat Sheffield United dari posisi juru kunci

4 Pelatih Tim Liga Top Eropa yang Diganti pada Desember 2023Paul Heckingbottom (sufc.co.uk)

Manajemen Sheffield United akhirnya kehabisan rasa sabar dengan performa timnya. Pasalnya, Sheffield United selalu berada di zona degradasi sejak awal musim Premier League 2023/2024. Bahkan, mereka menghuni posisi juru kunci dalam beberapa gameweek terakhir.

Untuk memperbaiki hal tersebut, manajemen Sheffield United pun memecat Paul Heckingbottom pada 5 Desember 2023. Sebagai gantinya, mereka menunjuk Chris Wilder pada tanggal yang sama. Wilder bukanlah sosok baru di Sheffield United. Pasalnya, Wilder pernah berpengalaman membesut The Blades selama 5 musim (2016--2021).

Baca Juga: 5 Pelatih Paling Sering Memainkan Hugo Lloris di Tottenham Hotspur

3. Steve Cooper tak bisa membuat Nottingham Forest tampil konsisten

4 Pelatih Tim Liga Top Eropa yang Diganti pada Desember 2023Steve Cooper (nottinghamforest.co.uk)

Belanja pemain yang boros dalam 2 musim terakhir tampaknya bukan menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi Nottingham Forest. Pasalnya, Nottingham Forest justru gagal tampil konsisten selama dilatih oleh Steve Cooper di Premier League. Klub berjuluk The Tricky Trees ini kadang menghuni papan tengah dan tak jarang berada di zona berbahaya.

Oleh karena itu, manajemen Nottingham Forest memecat Steve Cooper pada 19 Desember 2023. Pelatih ini adalah sosok yang membawa Nottingham Forest promosi ke Premier League setelah vakum selama 23 tahun. Untuk menggantikan Cooper, Nottingham Forest menunjuk Nuno Espírito Santo sebagai pelatih baru.

4. Steffen Baumgart tak bisa mengangkat FC Koeln dari zona degradasi

4 Pelatih Tim Liga Top Eropa yang Diganti pada Desember 2023Steffen Baumgart (fc.de)

Steffen Baumgart menjadi satu-satunya pelatih yang dipecat pada Desember 2023 di Bundesliga Jerman. Pelatih berkebangsaan Jerman ini dipecat oleh FC Koeln karena tak bisa mengangkat klub tersebut dari zona degradasi. Baumgart yang dipecat pada 31 Desember 2023 hanya bisa menempatkan FC Koeln di posisi ke-17 Bundesliga 2023/2024.

Meski telah memecat Baumgart, FC Koeln belum menemukan penggantinya. Sejauh ini, Andre Pawlak ditunjuk sebagai caretaker manager. Mungkin, mereka akan menemukan pelatih baru pada Januari 2024.

Pada Desember 2023, tak ada satu pun pelatih Ligue 1 dan Serie A Italia yang dipecat. Kedua liga tersebut tampak adem ayem, meski pertarungan ketat selalu terjadi setiap pekan pertandingannya. Mungkin, para manajemen klub menilai jika belum ada keadaan darurat untuk mengganti pelatih dalam waktu dekat.

Baca Juga: Ten Hag Rawan Dipecat, MU Kian Agresif Dekati Eks Pelatih Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya