3 Pelatih Spanyol yang Membesut Peserta Piala Asia 2023

Semua memiliki waktu persiapan yang singkat

Spanyol memiliki nama besar di sepak bola. Prestasi, materi pemain, serta kekuatan Spanyol di sepak bola membuat La Furia Roja amat disegani sebagai sebuah tim. Hal ini belum ditambah dengan prestasi yang didapat klub-klub Spanyol, seperti Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Sevilla, dan Valencia yang sangat gemilang di Eropa.

Selain faktor-faktor yang telah disebut, Spanyol juga cukup mentereng dalam dunia kepelatihan sepak bola. Tak hanya di level klub, pelatih asal Spanyol diminati di skala tim nasional. Hal ini terbukti dari kehadiran tiga pelatih Spanyol di Piala Asia 2023.

Mereka dipercaya karena pengalaman dan kualitasnya. Mereka mengemban amanat besar untuk membawa negara orang berprestasi. Lalu, siapa sajakah tiga nama yang dimaksud?

1. Timnas Irak menjadi tim pertama yang dilatih Jesus Casas sebagai kepala pelatih

3 Pelatih Spanyol yang Membesut Peserta Piala Asia 2023Jesus Casas (twitter.com/jcasas4444)

Jesus Casas pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Timnas Irak pada 5 November 2022. Hingga kini, Casas masih dipertahankan karena berhasil membawa Irak tampil gemilang. Pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023, Casas sukses membawa Irak unggul atas Indonesia dengan skor 3-1.

Casas terlihat cukup cakap saat melatih Timnas Irak. Padahal, Irak merupakan tim pertama yang dipimpin Casas sebagai seorang kepala pelatih. Sebelumnya, ia tak pernah melakukan hal tersebut.

Casas hanya memiliki pengalaman sebagai analis pertandingan, asisten manajer, dan direktur pengembangan pemain muda. Namun, Casas memiliki cukup pengalaman dalam hal tersebut. Dengan peran itu, Casas pernah menjadi bagian dari Timnas Spanyol, Barcelona, Watford, dan Cadiz.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Ronde Pertama Piala Asia 2023

2. Juan Antonio Pizzi belum genap setahun melatih Timnas Bahrain

3 Pelatih Spanyol yang Membesut Peserta Piala Asia 2023Juan Antonio Pizzi (twitter.com/FIFAWorldCup)

Nama selanjutnya ialah Juan Antonio Pizzi. Pelatih berusia 55 tahun ini merupakan seorang pelatih berpengalaman yang telah menjajal berbagai liga dan negara. Timnas Arab Saudi, Timnas Chile, Valencia San Lorenzo, dan Racing Club menjadi beberapa klub yang pernah dilatih Pizzi.

Dari beberapa tim tersebut, Timnas Chile menjadi yang paling gemilang. Bersama Chile, Pizzi sukses meraih gelar juara Copa America 2015. Saat ini, Pizzi sedang berusaha mengukir sejarah bersama Timnas Bahrain.

Ia baru baru ditunjuk sebagai pelatih Bahrain pada Juli 2023 dan telah dibebankan target besar di Piala Asia 2023. Hal tersebut jelas menjadi kesulitan tersendiri bagi Pizzi. Sebab, Pizzi belum memiliki waktu yang cukup untuk mengembangkan sebuah tim yang kompak guna meraih gelar juara Piala Asia 2023.

3. Tintin Marquez ditunjuk Timnas Qatar sebelum Piala Asia 2023 dimulai

3 Pelatih Spanyol yang Membesut Peserta Piala Asia 2023Tintin Marquez (instagram.com/qfa)

Tintin Marquez baru ditunjuk Timnas Qatar tepat sebelum Piala Asia 2023 dimulai. Pelatih kelahiran Barcelona ini ditugaskan untuk mengganti Carlos Queiroz yang dipecat pada 6 Desember 2023. Dengan waktu singkat, Marquez tentu akan mengalami kesulitan.

Namun, Marquez tampaknya sudah paham dengan sepak bola Qatar. Pasalnya, Marquez telah melatih tim asal Qatar, Al Wakrah, selama 5 tahun. Hal tersebut bisa menjadi bekal bagi Marquez untuk menghadapi Piala Asia 2023.

Hasil positif telah ia dapatkan pada laga pertama. Pada laga pembuka, Marquez sukses membawa Qatar unggul atas Lebanon dengan skor 3-0. Dengan hasil yang meyakinkan, bukan tak mungkin jika Marquez bisa membawa Qatar mempertahankan gelar juara Piala Asia.

Secara pengalaman, kelima pelatih asal Spanyol ini sudah cukup siap untuk menangani sebuah negara di turnamen besar. Namun, masa bakti yang singkat untuk mengompakkan tim tampaknya menjadi masalah. Pasalnya, bukan hal yang mudah bagi seorang pelatih untuk membuat tim yang padu dalam waktu singkat.

Baca Juga: 7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya