5 Pelatih Top yang Dilatih Roberto Mancini Saat Masih Jadi Pemain

Rekan setim yang menjadi pelatih

Pamor Roberto Mancini sebagai pelatih top kembali meningkat, seiring keberhasilannya membawa Timnas Italia menjadi juara Piala Eropa 2020. Pamor Mancini memang pernah meredup kala Ia dianggap gagal menangani Zenit St. Petersburg dan Inter Milan di kesempatan keduanya diantara tahun 2014 hingga 2016.

Mancini yang ditunjuk sebagai pelatih timnas Italia pada tahun 2018 ini, sebenarnya memiliki pamor yang baik sebagai pelatih hebat sebelumnya. Roberto Mancini merupakan pelatih yang berhasil mengangkat nama Fiorentina, Lazio dan mengawali keran gelar Manchester City.

Sejak mulai melatih di tahun 2001, Mancini telah berhasil menangani ratusan pesepak bola top. Bahkan saat ini, beberapa di antaranya telah mengikuti jejaknya sebagai pelatih yang juga memiliki reputasi baik.

Lantas, siapa sajakah pelatih top dunia yang pernah dilatih oleh Roberto Mancini saat masih menjadi pemain? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Sinisa Mihajlovic

5 Pelatih Top yang Dilatih Roberto Mancini Saat Masih Jadi PemainSinisa Mihajlovic (runningtheshowblog.wordpress.com)

Semasa masih bermain sebagai seorang pesepak bola, Sinisa Mihajlovic dikenal sebagai seorang bek yang hebat dan jago dalam mencetak gol melalui situasi bola mati. Di masa-masa tersebut, Sinisa Mihajlovic juga merupakan rekan setim dari Roberto Mancini, kala membela Sampdoria dan Lazio.

Sejak Roberto Mancini memutuskan untuk pensiun dan menjadi pelatih di tahun 2001, Mihajlovic juga selalu mengikuti jejak mantan rekan setimnya tersebut. Tercatat, dua kali Mihajlovic diasuh oleh Roberto Mancini di dua tim yang berbeda, yakni di Lazio pada tahun 2002 hingga 2004 dan di Inter Milan pada tahun 2004 hingga pensiun di tahun 2006.

Tidak hanya itu, kebersamaan Mihajlovic dan Mancini sebagai rekan kerja terus berlanjut setelah Ia pensiun. Pasalnya setelah pensiun, Mihajlovic sempat menjadi asisten pelatih dari Mancini di Inter Milan selama 2 tahun, sebelum Ia memulai karier kepelatihannya sebagai pelatih kepala di tahun 2008 bersama Bologna.

2. Diego Simeone

5 Pelatih Top yang Dilatih Roberto Mancini Saat Masih Jadi PemainDiego Simeone (cricketsoccer.com)

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone sangat layak disebut sebagai pelatih top saat ini. Sejak melatih Atletico Madrid, Simeone telah banyak menorehkan gelar bagi Los Rojibancos, termasuk 2 gelar juara Europa League, 2 gelar juara La Laiga dan gelar juara Copa Del Rey. Bahkan di tahun 2016, Diego Simeone berhasil dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia.

Kala masih menjadi pesepak bola, Diego Simeone juga dikenal sebagai gelandang yang hebat dan lugas. Beberapa tim besar seperti, Inter Milan, Sevilla, Atletico Madrid dan Lazio pernah Ia bela.

Di antara tahun 2002 hingga 2003, Diego Simeone juga pernah dilatih oleh Roberto Mancini yang juga mantan rekan setimnya di Lazio. Saat itu, Diego Simeone yang berstatus sebagai pemain Lazio berhasil memainkan 35 laga dengan torehan 7 gol kala menjadi anak asuh dari Roberto Mancini.

Baca Juga: 5 Mantan Striker Top Premier League yang Kini Jadi Pelatih

3. Simone Inzaghi

5 Pelatih Top yang Dilatih Roberto Mancini Saat Masih Jadi PemainSimone Inzaghi (goal.com)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Simone Inzaghi juga pernah menjadi rekan setim dari Roberto Mancini kala masih berseragam Lazio di antara tahun 1999 hingga 2000. Setelah menjadi rekan tim, Roberto Mancini kemudian bertransformasi menjadi pelatih dari Simone Inzaghi di antara tahun 2002 hingga 2005 di tempat yang sama, yakni Lazio.

Simone Inzaghi memainkan 62 laga di bawah asuhan Mancini, dan kini Simone Inzaghi juga telah dianggap sebagai pelatih hebat. Keberhasilannya membawa Lazio berprestasi dalam 3 tahun terakhir adalah alasan Simone Inzaghi layak disebut sebagai pelatih hebat.

Di musim depan, Simone Inzaghi akan menangani Inter Milan untuk menjadi suksesor dari Antonio Conte yang memutuskan untuk mengundurkan diri.

4. Dejan Stankovic

5 Pelatih Top yang Dilatih Roberto Mancini Saat Masih Jadi PemainDejan Stankovic (milanreports.com)

Hingga saat ini, Dejan Stankovic masih tercatat sebagai pemain yang paling sering dimainkan oleh Roberto Mancini selama ia melatih tim sepak bola. Stankovic memainkan 226 laga di bawah asuhan Roberto Mancini yang juga pernah menjadi rekan setimnya di Lazio.

Kini, Stankovic juga telah mengikuti jejak Mancini untuk menjadi pelatih sepak bola. Sejak tahun 2019, mantan pemain Inter Milan ini telah dipercaya untuk menjadi pelatih Red Star Belgrade dan telah memenangkan 2 gelar juara Liga Serbia serta 1 gelar jaura Serbia Cup di tahun 2021.

5. Patrick Vieira

5 Pelatih Top yang Dilatih Roberto Mancini Saat Masih Jadi PemainPatrick Vieira (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Patrick Vieira yang baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru dari Crystal Palace. Sebelum melatih Crystal Palace, Vieira juga pernah menjadi pelatih New York City FC, OGC Nice, dan pelatih akademi Manchester City.

Walaupun belum pernah mendapatkan satu pun gelar, namun Vieira telah dianggap sebagai pelatih muda yang potensial. Karena semasa masih bermain, Vieira sempat dilatih oleh beberapa pelatih top, termasuk Roberto Mancini.

Patrick Vieira merupakan salah satu pemain andalan Roberto Mancini semasa melatih Inter Milan. Bahkan saat Mancini memutuskan untuk menjadi pelatih Manchester City, Patrick Vieira menjadi salah satu pemain yang diboyongnya ke skuad The Cityzens.

 

 

Itulah 5 pelatih top yang pernah dilatih oleh Roberto Mancini semasa masih menjadi pemain. Kualitas dan kemampuan Roberto Mancini sebagai seorang pelatih, seharusnya tidak usah diragukan lagi. Mengingat hasil didikannya tersebut kini telah berada di level yang sama dengan Mancini, yakni sebagai pelatih top dunia.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Jose Mourinho Saat Masih Jadi Pemain

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya