5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Jose Mourinho Saat Masih Jadi Pemain

Cikal bakal pelatih top dunia!

Tidak ada penggemar sepak bola yang tidak mengenal nama Jose Mourinho. Pelatih yang kini melatih AS Roma ini memang dikenal karena prestasi, taktik dan kontroversinya. Dua kali gelar juara Liga Champions, 1 gelar juara Europa League dan 4 penghargaan pelatih terbaik dunia adalah beberapa bukti kehebatan pelatih berjuluk The Special One ini.

Hingga saat ini, Jose Mourinho tercatat telah melatih 10 klub dengan ratusan pemain berbeda yang pernah ia latih. Bahkan, beberapa di antaranya kini telah berkecimpung di dunia kepelatihan dan dikenal sebagai seorang pelatih top. 

Lantas, siapa sajakah pelatih top dunia yang pernah dilatih oleh Jose Mourinho saat masih menjadi pemain? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Nuno Espirito Santo

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Jose Mourinho Saat Masih Jadi PemainNuno Espirito Santo (ojogo.pt)

Nama yang pertama ialah mantan pelatih Wolverhampton Wanderers dan FC Porto, Nuno Espirito Santo. Pelatih yang dulunya berposisi sebagai kiper ini pernah dilatih oleh Jose Mourinho kala Ia berseragam FC Porto diantara tahun 2002 hingga 2004.

Nuno bisa disebut sebagai salah satu pemain andalan dari Jose Mourinho. Walaupun berstatus sebagai kiper pelapis dari Vitor Baia, namun Nuno berhasil mencatatkan 24 penampilan bersama Mourinho.

Nuno yang saat ini baru ditunjuk sebagai suksesor Jose Mourinho di Tottenham Hotspur karena dianggap sebagai pelatih muda yang sangat potensial. Nuno Espirito Santo sempat beberapa kali bertemu Jose Mourinho sebagai pelatih kala Ia masih menangani Wolverhampton Wanderers di English Premier League.  

2. Andriy Shevchenko

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Jose Mourinho Saat Masih Jadi PemainAndriy Shevchenko (planetfootball.com)

Timnas Ukraina sempat menjadi perbincangan berkat kejutannya di Piala Eropa 2020. Mereka mampu memberikan perlawanan yang luar biasa bagi Belanda di babak fase grup dan berhasil lolos ke babak 8 besar berkat kemenangan dramatisnya atas Swedia di babak 16 besar.

Salah satu aktor dari keberhasilan timnas Ukraina tersebut ialah Andriy Shevchenko yang saat ini berstatus sebagai pelatih Ukraina. Perjalanan Andriy Shevchenko di dunia kepelatihan memang bisa disebut baru. Karena timnas Ukraina yang dilatihnya sejak 2016 merupakan tim pertama yang Ia tangani.

Semasa masih menjadi pemain, Shevchenko memang banyak bermain di tim besar yang ditangani oleh pelatih-pelatih yang hebat. Salah satunya ialah Jose Mourinho, yang melatihnya kala ia berseragam Chelsea di antara tahun 2006 hingga 2008.

Baca Juga: 5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang Kariernya

3. Frank Lampard

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Jose Mourinho Saat Masih Jadi PemainFrank Lampard (telegraph.co.uk)

Frank Lampard tercatat sebagai pemain ketiga yang paling sering dimainkan oleh Jose Mourinho selama ia melatih tim sepak bola. Legenda Chelsea ini berhasil memainkan 215 laga bersama Jose Mourinho dalam kariernya.

Kini, Lampard telah pensiun dan memutuskan untuk berkecimpung di dunia kepelatihan. Musim lalu, Lampard dipercaya sebagai pelatih Chelsea dan sempat bertemu dengan Jose Mourinho dalam beberapa kesempatan.

Namun karena penampilan buruk Chelsea di akhir tahun 2020, mantan pelatih Derby County ini akhirnya dipecat pada bulan Januari 2021 dan masih tidak memiliki klub hingga saat ini.

4. Sergio Conceicao

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Jose Mourinho Saat Masih Jadi PemainSergio Conceicao (beinsports.com)

FC Porto di bawah asuhan Sergio Conceicao sempat memberikan kejutan di babak 16 besar Liga Champions musim lalu. Pasalnya, mereka berhasil menyingkirkan Juventus yang berstatus sebagai favorit juara berkah unggul jumlah gol tandang.

Sebenarnya, tak ada yang mengejutkan dari hal tersebut. Karena sebenarnya FC Porto di bawah asuhan Conceicao memang tampil garang selama ini. Selama dilatih Conceicao, FC Porto telah mendapat 4 trofi sejak kedatangannya di tahun 2017.

Semasa masih berstatus sebagai pemain, Sergio Conceicao dkenal sebagai winger yang hebat. Setelah sempat berkelana ke Serie A, pada tahun 2004, Conceicao kembali lagi ke FC Porto. Dalam kesempatan tersebutlah, Conceicao sempat dilatih oleh Jose Mourinho. Ia hanya memainkan 12 laga dengan koleksi 1 gol dan 2 assists.

5. Hernan Crespo

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Jose Mourinho Saat Masih Jadi PemainHernan Crespo (voi.id)

Setelah sempat tak terdengar lagi namanya, Hernan Crespo muncul ke publik setelah berhasil membawa tim kasta kedua liga Argentina, Defensa y Justicia memenangkan gelar juara Copa Sudamericana 2019/2020. Padahal kala itu, Crespo ditunjuk untuk menggantikan pelatih yang gagal di tengah musim.

Namun dalam kurun waktu 1 bulan, Crespo berhasil memenangkan gelar juara tersebut dan berhasil membawa Defensa y Justicia promosi ke divisi utama Liga Clausura Argentina. Berkat penampilannya tersebut, Crespo akhirnya mendapatkan penawaran yang lebih baik dengan melatih Sao Paulo yang notabene sebagai klub elit di Brazil hingga saat ini.

Jauh sebelum menjadi pelatih, dulunya Hernan Crespo merupakan penyerang yang tajam dan haus gol. Chelsea, Lazio, AC Milan, dan Inter Milan adalah beberapa tim yang pernah Ia bela. Dari banyak pelatih yang pernah menanganinya, Jose Mourinho menjadi salah satu yang paling lama melatih Crespo. Mourinho mendapatkan dua kali kesempatan melatih Crespo kala Ia menangani Chelsea dan Inter Milan.

 

Itulah 6 pelatih top yang pernah dilatih Jose Mourinho saat masih menjadi pemain. Selain nama-nama tersebut, ada beberapa nama mantan anak asuh Mourinho lain yang juga saat ini menjabat sebagai pelatih seperti Dejan Stankovic di Redstar Belgrade, Thiago Motta di Spezia, Xavi Alonso di Real Sociedad B dan Patrick Vieira di Crystal Palace. Menurutmu, layakkah Jose Mourinho disebut sebagai salah satu pelatih terbaik dunia?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jose Mourinho

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya