6 Pelatih yang Paling Mengandalkan Diego Godin di Level Klub

Diego Simeone memainkannya ratusan kali

Banyak kabar mengejutkan tentang pemain yang memutuskan pensiun menjelang 2023/2024. Setelah Cesc Fabregas, David Silva, dan Giuseppe Rossi, kini giliran Diego Godin yang memutuskan gantung sepatu. Mantan kapten Timnas Uruguay dan Atletico Madrid ini mengambil keputusan tersebut pada Minggu (30/7/2023).

Godin sendiri pensiun bersama tim asal Argentina, CA Velez Sarsfield. Namun, klub tersebut bukan yang terlama ia bela. Godin justru bersinar kala bermain di LaLiga Spanyol bersama Villarreal dan Atletico Madrid.

Saat masih bermain, Godin pernah dilatih pelatih-pelatih ternama. Ia sering dimainkan pelatih-pelatih tersebut karena permainannya yang luar biasa. Lalu, siapa sajakah pelatih yang paling mengandalkan Diego Godin di level klub?

1. Diego Simeone

6 Pelatih yang Paling Mengandalkan Diego Godin di Level KlubDiego Simeone (en.atleticodemadrid.com)

Diego Godin dan Diego Simeone sangat lama mengabdi di Atletico Madrid. Tak heran jika Godin sangat sering dimainkan Simeone. Terlebih lagi, Godin ditunjuk sebagai kapten ketika berseragam Los Colchoneros selama beberapa musim. Godin sendiri meraih beragam gelar juara selama dilatih Simeone. Prestasi tersebut merupakan buah dari 25 gol dan 13 assist yang ia cetak dari 344 pertandingan.

2. Manuel Pellegrini

6 Pelatih yang Paling Mengandalkan Diego Godin di Level KlubManuel Pellegrini (mancity.com)

Sebelum pindah ke Atletico Madrid, Diego Godin pernah 3 tahun (2007--2010) membela Villarreal. Selama membela klub berjuluk The Yellow Submarine tersebut, ia dilatih beberapa juru taktik. Salah satunya ialah Manuel Pellegrini, yang mengandalkan bek asal Uruguay ini dalam 72 laga. Dalam kurun waktu tersebut, Godin mencetak 1 gol dan 2 assist.

3. Antonio Conte

6 Pelatih yang Paling Mengandalkan Diego Godin di Level KlubAntonio Conte (premierleague.com)

Selepas berpisah dengan Atletico Madrid, Diego Godin pindah secara gratis ke Inter Milan pada musim panas 2019. Orang yang membujuk dan membawa Godin ke La Beneamata kala itu adalah Antonio Conte. Di bawah asuhan pelatih asal Italia tersebut, Godin melakoni 36 laga dengan catatan 1 gol dan 2 assist selama semusim. Catatan tersebut bisa makin banyak jika Godin tak terkena banyak rotasi dan bertahan lebih lama.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman AS Roma dari Klub Inggris, Jadi Andalan?

4. Quique Sanchez Flores

6 Pelatih yang Paling Mengandalkan Diego Godin di Level KlubQuique Sanchez Flores (premierleague.com)

Tak banyak yang tahu jika pelatih Atletico Madrid sebelum Diego Simeone adalah Quique Sanchez Flores. Mantan pemain Real Madrid dan Valencia ini merupakan orang yang membawa Diego Godin ke Atletico Madrid. Namun, Quique hanya semusim (2010/2011) melatih bek hebat asal Uruguay tersebut. Dalam kurun waktu tersebut, Quique memainkan Godin dalam 30 pertandingan dengan sumbangan 2 assist.

5. Ernesto Valverde

6 Pelatih yang Paling Mengandalkan Diego Godin di Level KlubErnesto Valverde (fcbarcelona.com)

Pelatih kedua yang paling sering memainkan Diego Godin di Villarreal adalah Ernesto Valverde. Keduanya bertemu pada 2009/2010 ketika mantan pelatih Barcelona dan Celta Vigo ini menjalani satu-satunya musim bersama The Yellow Submarine. Namun, Valverde tak menjalani semusimnya secara penuh. Sebab, pria asal Spanyol ini dipecat pada tengah musim. Oleh karena itu, Valverde hanya bisa memainkan Godin sebanyak 26 kali selama setengah musim.

6. Juan Carlos Garrido

6 Pelatih yang Paling Mengandalkan Diego Godin di Level KlubJuan Carlos Garrido. (cdcastellon.com)

Setelah Ernesto Valverde dipecat, Juan Carlos Garrido pun naik sebagai pelatih anyar Villarreal. Namun, ia hanya melatih Godin selama setengah musim dengan catatan 3 gol dari 18 laga. Momen tersebut terjadi pada paruh kedua musim 2009/2010. Hal itu bisa terjadi karena Garrido menjual Godin ke Atletico Madrid pada musim panas 2010.

Diego Godin pensiun bahagia dengan mencatatkan berbagai prestasi di berbagai level. Ia pernah meraih 8 gelar juara bersama Atletico Madrid, 1 gelar juara bersama Atletico Miniero, dan 1 gelar juara bersama Timnas Uruguay. Prestasi tersebut sangat membanggakan dan membuat Godin layak disebut sebagai legenda sepak bola.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Membela ACF Fiorentina pada 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya