5 Pemain yang Jadi Andalan Gerardo Martino saat Melatih Meksiko

Ia baru saja dipecat setelah gagal di Piala Dunia 2022

Gerardo "Tata" Martino menjadi satu dari sekian banyak pelatih yang dipecat pasca Piala Dunia 2022. Kerja samanya yang terjalin sejak Januari 2019 bersama Timnas Meksiko akhirnya selesai pada akhir November 2022.

Selama melatih Timnas Meksiko, ia pernah memanggil ratusan pemain berbeda. Namun, tak semuanya menjadi andalan dan sering dimainkan.

Lalu, siapa sajakah pemain yang jadi andalan Gerardo Martino di Timnas Meksiko? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Jesus Gallardo

5 Pemain yang Jadi Andalan Gerardo Martino saat Melatih MeksikoJesus Gallardo (twitter.com/miseleccionmxen)

Kemampuannya bermain di banyak posisi menjadi alasan Jesus Gallardo menjadi pemain yang paling diandalkan oleh Gerardo Tata Martino di Timnas Meksiko. Padahal, Gallardo bermain untuk tim lokal, Monterrey yang notabene bukan penguasa liga Meksiko.

Pemain yang berposisi asli sebagai bek kiri ini memainkan 50 laga di bawah arahan Gerarto Tata Martino dengan sumbangan 1 gol dan 4 assists. Jesus Gallardo juga bermain penuh dan tak pernah digantikan pada Piala Dunia 2022.

2. Edson Alvarez

5 Pemain yang Jadi Andalan Gerardo Martino saat Melatih MeksikoEdson Alvarez (kiri) (english.ajax.nl)

Dengan potensi yang ia miliki, tak heran jika Edson Alvarez sangat diandalkan oleh Gerardo Tata Martino. Beroperasi di posisi gelandang bertahan, Edson Alvarez justru bisa menjadi sosok yang sepadan untuk menggantikan Hector Herrera.

Kehadiran Alvarez yang juga bisa bermain di posisi gelandang tengah dan bek tengah ini digadang-gadang sebagai penggati dari sosok Rafael Marquez. Edson Alvarez sendiri sukses mencetak 2 gol dan 1 assist dari 41 laga di bawah asuhan Gerardo Tata Martino.

Baca Juga: 5 Pemain Top Meksiko yang Absen pada Piala Dunia 2022

3. Uriel Antuna

5 Pemain yang Jadi Andalan Gerardo Martino saat Melatih MeksikoUriel Antuna (twitter.com/miseleccionmx)

Untuk posisi winger kanan, Gerardo Tata Martino sangat mempercayakan posisi tersebut pada Uriel Antuna. Pemain asal Club Azul ini memang memiliki tipe permainan yang cepat dan menyisir sayap, tipe permainan yang sangat disukai Gerardo Martino.

Uriel Antuna sukses mencetak 10 gol dan 10 assists kala ditangani oleh pelatih asal Argentina tersebut. Faktanya, Uriel Antuna menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Timnas Meksiko di bawah asuhan Gerardo Tata Martino, setelah Raul Jimenez.

4. Carlos Rodriguez

5 Pemain yang Jadi Andalan Gerardo Martino saat Melatih MeksikoCarlos Rodriguez (twitter.com/CharlyRdz)

Gerardo Tata Martino nampaknya sangat mempercayai kualitas pemain lokal Meksiko. Selain Jesus Gallardo dan Uriel Antuna, Carlos Rodriguez yang kini bermain untuk Club Azul juga sukses masuk dalam daftar.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini memainkan 39 pertandingan dengan sumbangan 3 assists. Namun pada Piala Dunia 2022, Carlos Rodriguez hanya mencatatkan 2 laga dengan rincian 32 menit.

5. Hector Moreno

5 Pemain yang Jadi Andalan Gerardo Martino saat Melatih MeksikoHector Moreno (concacaf.com)

Sebagai pemain senior yang penuh pengalaman, kehadiran Hector Moreno sangat dibutuhkan oleh Gerardo Tata Martino. Meski posisinya bukan sebagai kapten, Hector Moreno punya peran penting di posisi bek tengah Meksiko.

Tak pernah absen dalam satu pun menit perjalanan Timnas Meksiko pada Piala Dunia 2022 menjadi bukti kehebatan pemain Monterrey ini. Moreno sendiri memainkan 36 pertandingan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist di bawah asuhan Martino.

 

Selama era kepelatihan Gerardo Tata Martino, Timnas Meksiko memang mengalami pergejolakan dengan penggemarnya. Pasalnya, Martino kerap mengambil keputusan yang memancing pembicaraan, seperti tak memanggil Diego Lainez ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Gerardo Martino, Pelatih Meksiko yang Dihujani Kritik

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya