6 Pemain Andalan Oscar Tabarez selama Melatih Timnas Uruguay

Sah dijuluki sebagai legenda sepak bola Uruguay

Bukan lagi menjadi rahasia jika sosok Oscar Tabarez adalah legenda di dunia sepak bola Uruguay. Pria yang kini telah berusia 77 tahun tersebut mendedikasikan hampir sebagian hidupnya untuk meningkatkan kualitas sepak bola Uruguay. Hal itu terjadi setelah Tabarez memutuskan untuk menjadi pelatih negaranya dalam 2 periode berbeda, yakni 1988--1990 dan 2006--2021.

Dalam kurun waktu tersebut, Oscar Tabarez sukses menghadirkan deretan pemain bintang untuk Uruguay. Para pemain itu menjadi pemain andalannya selama melatih Timnas Uruguay. Dari ratusan pemain yang pernah dipanggil Tabarez ke Timnas Uruguay, inilah keenam pemain yang paling diandalkan Tabarez.

1. Diego Godin (146 laga) sangat dipercaya Oscar Tabarez sebagai pemimpin tim

6 Pemain Andalan Oscar Tabarez selama Melatih Timnas UruguayDiego Godin (instagram.com/diegogodin)

Oscar Tabarez sangat mempercayai sosok Diego Godin untuk mengawal lini belakang. Pasalnya, Godin memiliki kualitas yang sangat mumpuni sebagai seorang bek tengah yang kuat, tenang, dan jago dalam hal bola udara. Selain itu, Godin juga sangat dipercaya Tabarez untuk memimpin skuad Timnas Uruguay. Mantan bek Atletico Madrid ini bermain dalam 146 laga selama periode kedua (2006--2021) masa bakti Tabarez bersama Timnas Uruguay. Dalam kurun waktu tersebut, Diego Godin turut menyumbang 6 gol dan 6 assist.

Baca Juga: 4 Gelandang Uruguay yang Berseragam Klub Top Eropa pada 2023/2024

2. Dengan 127 laga, Luis Suarez menjadi yang paling produktif

6 Pemain Andalan Oscar Tabarez selama Melatih Timnas UruguayLuis Suarez (twitter.com/uruguay)

Bila Diego Godin menjadi andalan Tabarez di lini pertahanan, maka Luis Suarez adalah yang paling ia andalkan di lini serang. Suarez mencatat 127 pertandingan selama 14 tahun (2007--2021) dilatih Tabarez di Timnas Uruguay. Mantan penyerang LIverpool dan Barcelona ini mencetak 63 gol dan 41 assist. Itu merupakan catatan terbaik sekaligus yang paling produktif dari deretan pemain yang pernah dilatih Tabarez di Timnas Uruguay.

3. Fernando Muslera dipercaya mengisi posisi kiper sebanyak 126 laga

6 Pemain Andalan Oscar Tabarez selama Melatih Timnas UruguayFernando Muslera (twitter.com/championsleague)

Untuk posisi kiper, Oscar Tabarez amat percaya terhadap kualitas Fernando Muslera. Kiper Galatasaray ini memang memiliki kecepatan dan refleks yang sangat baik. Hal itulah yang membuat Muslera sulit tergeser selama 12 tahun (2009--2021) dari posisinya sebagai penjaga gawang utama. Dalam kurun waktu tersebut, Muslera turun dalam 126 laga di bawah arahan Tabarez. 

4. Edinson Cavani (123 laga) sering diduetkan dengan Luis Suarez

6 Pemain Andalan Oscar Tabarez selama Melatih Timnas UruguayEdinson Cavani (twitter.com/fifacom)

Timnas Uruguay memang memiliki banyak stok penyerang hebat. Selain Luis Suarez, Edinson Cavani juga menjadi salah satu penyerang yang mentereng di era Oscar Tabarez. Cavani sangat disukai banyak pelatih karena sifatnya yang pekerja keras, ngotot, dan pandai mencari ruang, termasuk Tabarez yang mengandalkan Cavani dalam 123 laga. Sebagai balasannya, Cavani menjawab kepercayaan itu lewat torehan 51 gol dan 18 assist.

5. Maxi Pereira menyisir sayap kanan sebanyak 119 laga

6 Pemain Andalan Oscar Tabarez selama Melatih Timnas UruguayMaxi Pereira (twitter.com/fcporto)

Maxi Pereira selalu menjawab kepercayaan Oscar Tabarez untuk mengisi posisi bek kanan Timnas Uruguay. Mantan pemain FC Porto ini cukup hebat dalam bertahan meski tak begitu mentereng ketika menyerang. Kendati demikian, Pereira dapat dikategorikan tampil apik sebagai seorang bek kanan yang menyusur sisi sayap. Di bawah arahan Tabarez di Timnas Uruguay, Pereira mencatat 119 laga dengan sumbangan 3 gol dan 6 assist.

6. Fungsi Martin Caceres yang versatile dimanfaatkan Oscar Tabarez dalam 105 laga

6 Pemain Andalan Oscar Tabarez selama Melatih Timnas UruguayMartin Caceres (instagram.com/martincaceres_7)

Martin Caceres merupakan tipe pemain yang sangat disukai banyak pelatih, termasuk Jose Oscar Tabarez. Pasalnya, pemain kelahiran Montevideo, Uruguay, ini mampu tampil versatile dan menjalankan tiga posisi dengan peran yang sangat baik. Martin Caceres kerap dipasang oleh Tabarez di posisi bek tengah, bek kanan, ataupun bek kiri. Tabarez memanfaatkan kemampuan Caceres dengan baik dalam 105 laga.

Oscar Tabarez sangat layak dikenang oleh penggemar sepak bola Uruguay sebagai seorang legenda. Bahkan, ia sangat layak mendapatkan sebuah penghargaan atas dedikasinya ini. Tentunya, Oscar Tabarez juga tak akan lupa terhadap jasa besar dari keenam mantan anak asuh yang paling ia andalkan di Timnas Uruguay tersebut.

Baca Juga: 4 Bek Tengah Uruguay yang Berkarier di LaLiga 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya