6 Pemain Andalan Otto Renhagel saat Membesut Timnas Yunani

Sosok legenda sepak bola Yunani yang bersahaja

Dua dekade sudah sejak Otto Renhagel menciptakan salah satu keajaiban besar di ranah sepak bola dunia. Pria asal Jerman itu membawa Yunani menjadi tim terkuat Eropa kala sukses menjuarai Euro 2004. Hal itu disebut sebagai sebuah keajaiban karena tak ada yang menyangka jika Yunani bisa menjadi juara di tengah deretan tim raksasa yang lebih dijagokan.

Keberhasilan itu membuat masa bakti Renhagel di Timnas Yunani berlangsung hingga 9 tahun (2001--2010). Dalam kurun waktu tersebut, Otto Renhagel memimpin Yunani dalam 106 laga dengan puluhan pemain berbeda yang pernah ia turunkan. Dari puluhan nama itu, berikut keenam pemain yang paling diandalkan Otto Renhagel selama membesut Timnas Yunani.

1. Georgios Karagounis dipilih sebagai jenderal lapangan tengah dalam 85 laga

6 Pemain Andalan Otto Renhagel saat Membesut Timnas YunaniGeorgios Karagounis (twitter.com/EURO2024)

Georgios Karagounis bisa disebut sebagai gelandang terbaik Timnas Yunani di era kepelatihan Otto Renhagel. Mantan pemain Inter Milan ini adalah jenderal lapangan tengah Yunani di bawah nahkoda Otto Renhagel. Pada masa-masa indah itu, Karagounis mampu menyumbang 6 gol dan 14 assist dari total 85 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Austria Paling Menonjol di Kualifikasi Euro 2024

2. Angelos Charisteas (80 laga) merupakan pencetak gol tunggal Yunani di final Euro 2004

6 Pemain Andalan Otto Renhagel saat Membesut Timnas YunaniAngelos Charisteas (twitter.com/EURO2024)

Otto Renhagel patut berterima kasih kepada kiprah Angelos Charisteas di Timnas Yunani. Pasalnya, Charisteas merupakan sosok pencetak gol tunggal kala Yunani menaklukkan Portugal di final Euro 2004. Selain itu, Charisteas juga tercatat sebagai pemain paling tajam Yunani di bawah arahan Renhagel. Pemain yang berposisi sebagai winger ini mencetak 21 gol dan 2 assist dari 80 pertandingan.

3. Angelos Basinas yang serbabisa memainkan 80 laga di bawah arahan Otto Renhagel

6 Pemain Andalan Otto Renhagel saat Membesut Timnas YunaniAngelos Basinas (uefa.com)

Serupa dengan Angelos Charisteas, Angelos Basinas juga mencatatkan 80 pertandingan kala dilatih Otto Renhagel. Basinas jadi favorit Renhagel karena ia bisa bermain di banyak posisi. Meski berposisi asli sebagai gelandang bertahan, Basinas menunjukkan bahwa ia juga mampu tampil ciamik sebagai seorang bek tengah, bek kanan, gelandang tengah, hingga sayap kanan. Basinas sendiri punya catatan 5 gol dan 7 assist kala dilatih Renhagel.

4. Antonis Nikopolidis (76 laga) jadi pahlawan di bawah mistar Timnas Yunani

6 Pemain Andalan Otto Renhagel saat Membesut Timnas YunaniAntonis Nikopolidis (twitter.com/EURO2024)

Untuk posisi penjaga gawang, Otto Renhagel sangat mengandalkan Antonis Nikopolidis. Legenda Olympiacos Piraeus ini kerap tampil heroik untuk menjaga gawangnya tetap aman dan bikin lawan kesulitan. Ia juga termasuk sebagai pemain penting kala Yunani menjadi juara di Euro 2004. Secara keseluruhan, Nikopolidis memainkan 76 pertandingan dan mampu mencatat 44 nirbobol.

5. Konstantinos Katsouranis bertindak sebagai gelandang bertahan dalam 72 laga

6 Pemain Andalan Otto Renhagel saat Membesut Timnas YunaniKostas Katsouranis (instagram.com/kostas_katsouranis_official)

Saat membesut Timnas Yunani, Otto Renhagel kerap memasangkan Angelos Basinas dan Konstantinos Katsouranis berdampingan. Katsouranis sendiri merupakan seorang gelandang bertahan yang tangguh. Boleh dibilang, ia adalah pemburu bola sebelum diolah oleh Basinas yang lebih berfokus mengalirkannya. Selama dilatih Renhagel, Katsouranis mencetak 8 gol dan 3 assist dari 72 laga.

6. Dengan catatan 70 laga, Georgios Seitaridis jadi yang paling diandalkan di lini pertahanan

6 Pemain Andalan Otto Renhagel saat Membesut Timnas YunaniGiourkas Seitaridis (uefa.com)

Pemain yang paling diandalkan Otto Renhagel di posisi pertahanan adalah Georgios Seitaridis. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini tak begitu pandai dalam ikut menyerang. Namun, kedisiplinan tinggi jadi atribut penting Seitaridis yang bikin Renhagel banyak memainkannya. Seitaridis juga patut berterima kasih kepada Renhagel. Sebab, faktanya 70 dari 72 caps Setraidis di Timnas Yunani ia lakoni bersama Otto Renhagel.

Kehebatannya meramu taktik dan membawa Timnas Yunani juara Euro 2004 membuat Otto Renhagel dikenang. Ia menjadi sebuah nama besar di Negeri Para Dewa itu. Tak heran jika kini sosok legenda sepak bola Yunani melekat pada pria asal Jerman tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya