4 Pemain Atlanta United 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top Eropa

Hanya Brad Friedel yang mampu tampil menonjol

Pada musim 2023/2024, Atalanta United menyandang gelar sebagai tim termahal kedua di Major League Soccer (MLS). Klub asal negara bagian Georgia ini hanya kalah dari Inter Miami yang diperkuat oleh tiga mantan pemain Barcelona, Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Lionel Messi. Sementara itu, mahalnya skuad Atlanta United musim ini hanya didongkrak oleh seorang Thiago Almada.

Akan tetapi, Almada bukan seorang pemain dengan segudang pengalaman. Ia belum pernah sama sekali membela dan bermain bersama klub di liga top Eropa. Kendati demikian, itu bukan masalah bagi pemain andalan Atlanta United ini.

Sebetulnya ada empat mantan pemain liga top Eropa di skuad Atlanta United 2023/2024. Mereka memiliki pengalaman dalam bermain di klub sebelumnya. Siapa sajakah keempat nama yang dimaksud?

1. Quentin Westberg minim penampilan di Ligue 1

4 Pemain Atlanta United 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaQuentin Westberg (mlssoccer.com)

Quentin Westberg adalah kiper kedua Atlanta United saat ini. Pria berusia 37 tahun ini lahir dan besar di Prancis sehingga pernah mencicipi kerasnya kompetisi Ligue 1 dan Ligue 2. Namun, kiprahnya di Ligue 1 sangat tak terlihat.

Pasalnya, Westberg dapat dikategorikan minim penampilan. Ia hanya mencatat 2 penampilan bersama ESTAC Troyes pada musim 2006/2007 dan 2 penampilan bersama Evian pada musim 2011/2012. Karier yang tak menentu di Prancis membuat Westberg akhirnya pindah ke Amerika Serikat pada 2019 dan baru bergabung ke Atlanta United pada 2023.

2. Luis Abram perkuat Granada sebelum pindah ke Atlanta United

4 Pemain Atlanta United 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaLuis Abram (atlutd.com)

Luis Abram bergabung dengan Atlanta United pada awal tahun 2023. Pemain Timnas Peru ini dibeli dari Granada. Performanya yang mencuri perhatian kala bermain sebagai pemain pinjaman di Cruz Azul membuat Atlanta United tertarik kepadanya.

Padahal, jika melihat kiprah Abram di Granada, performanya jauh dari kata memuaskan. Sebagai seorang bek tengah, Abram hanya mampu mencatatkan delapan pertandingan di LaLiga. Namun, di Atlanta United saat ini, Abram tampil sebagai pemain penting.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLS

3. Brad Guzan tampil hebat di EPL

4 Pemain Atlanta United 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaBrad Guzan (mlssoccer.com)

Satu-satunya pemain Atlanta United yang memiliki karier cemerlang di liga top Eropa adalah Brad Guzan. Mantan kiper Timnas Amerika Serikat ini pernah tampil sangat hebat sebagai kiper utama Aston Villa (2008--2016). Namun, peran tersebut tak didapat Guzan dengan mudah. Pasalnya, ia harus berjuang selama 5 tahun untuk promosi ke posisi tersebut.

Selain membela Aston Villa, Guzan pernah membela Middlesbrough (2016--2017). Dengan usia yang telah menua, Guzan pun pulang ke Amerika Serikat untuk membela Atlanta United pada 2017. Saat ini, ia hadir sebagai kiper utama Atlanta United, sekaligus kapten tim.

4. Xande Silva hanya mencatatkan 17 menit bersama West Ham United

4 Pemain Atlanta United 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaXande Silva (atlutd.com)

Xande Silva lahir di Portugal dan pernah membela beberapa klub Eropa. Namun, penampilannya di kasta tertinggi sepak bola Eropa hanya dicatatkan kala ia berseragam West Ham United. Akan tetapi, membela West Ham United bukanlah momen yang indah bagi Xande.

Pasalnya, ia hanya mencatatkan 1 laga di EPL dengan rincian 17 menit. Padahal, Xande bermain bersama West Ham United selama 3 tahun (2018--2021). Sementara itu, penampilannya hanya dicatat pada musim 2018/2019.

Dari ulasan ini, bisa disimpulkan bahwa Brad Friedel adalah nama terbaik. Ia merupakan nama besar yang telah menjadi legenda di EPL. Bahkan, ia layak disebut sebagai salah satu pemain Amerika Serikat terbaik yang pernah bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Baca Juga: 7 Pemain Gaek yang Hijrah ke MLS dari Klub Eropa pada Musim Panas 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya