Sebelum Lionel Messi, 5 Pemain Barcelona yang Pernah Dilepas ke PSG

Deretan pemain top!

Setelah melalui tahapan yang sangat panjang, Paris Saint Germain akhirnya bisa mendatangkan Lionel Messi dengan status free transfer dari Barcelona. Dilansir Sky Sports (10/08/21), mantan bintang Barcelona ini diikat dengan kontrak selama dua tahun dengan nilai kontrak sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp421 miliar per musim.

Ternyata, Messi bukanlah pemain pertama yang pernah dilepas oleh Barcelona ke PSG. Sebelum Lionel Messi, setidaknya ada 5 nama pemain lain yang pernah melakukan hal tersebut. Lantas siapa sajakah nama-nama tersebut? Check this out!

1. Mikel Arteta

Sebelum Lionel Messi, 5 Pemain Barcelona yang Pernah Dilepas ke PSGMikel Arteta (marca.com)

Nama yang pertama ialah Mikel Arteta yang saat ini berstatus sebagai pelatih Arsenal. Mikel Arteta merupakan produk asli akademi La Masia yang dipromosikan pada bulan Juli 2001. Namun belum semusim Arteta bermain di tim senior, Ia akhirnya dipinjamkan ke Paris Saint-Germain selama 1,5 musim.

Dalam kurun waktu tersebut, Arteta berhasil tampil gemilang dan menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan Luis Fernandez di PSG. Total 53 laga dengan sumbangan 5 gol dan 4 assists berhasil ia torehkan, sebelum akhirnya dijual ke Glasgow Rangers pada jendela transfer musim panas 2002.

2. Frederic Dehu

Sebelum Lionel Messi, 5 Pemain Barcelona yang Pernah Dilepas ke PSGFrederic Dehu (alchetron.com)

Gagal tampil bersinar bersama Barcelona di musim 1999/2000, Frederic Dehu akhirnya memutuskan untuk kembali ke negara asalnya dengan bergabung bersama Paris Saint-Germain. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini dibeli di awal musim 2000/2001 dengan banderol sebsar 6 juta euro atau sekitar Rp101 miliar.

Saat pindah ke Paris Saint Germain, performa Dehu meningkat luar biasa dan berhasil mencatatkan 167 pertandingan dalam kurun waktu 4 musim. Selain mencatatkan 8 gol dan 4 assists, Frederic Dehu juga berhasil mempersembahkan gelar juara Coupe de France di musim 2003/2004.  

Baca Juga: Messi Cabut, 5 Pemain ini Dinilai Cocok Warisi Nomor 10 di Barcelona

3. Maxwell

Sebelum Lionel Messi, 5 Pemain Barcelona yang Pernah Dilepas ke PSGMaxwell (cricketcountry.com)

Maxwell merupakan pemain top yang datang di awal kepemilikan Nasser Al-Khelaifi di Paris Saint-Germain tahun 2012. Maxwell dikenal sebagai salah satu pesepak bola yang sangat dekat dengan Zlatan Ibrahimovic. Sehingga kala Maxwell membela PSG, Ia berhasil 'mengajak' Zlatan Ibrahimovic ke klub asal ibu kota Prancis ini.

Maxwell juga didatangkan dari Barcelona dengan banderol sebesar 3,5 juta euro atau setara dengan Rp59 miliar. Saat membela PSG, Maxwell berhasil menyumbangkan banyak gelar juara dan tampil gemilang dengan total 214 pertandingan dan kontribusi 13 gol dan 25 assists.

Fakta menariknya, Paris Saint-Germain adalah klub yang paling sering dibela oleh Maxwell dalam kariernya. Akhirnya pada tahun 2017, Maxwell akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu bersama Les Parisiens.

4. Neymar

Sebelum Lionel Messi, 5 Pemain Barcelona yang Pernah Dilepas ke PSGpotret Neymar saat bergabung dengan PSG (psgtalk.com)

Kedatangan Neymar Jr ke Paris Saint-Germain di tahun 2017 sempat menggemparkan publik sepak bola. Pasalanya, trio MSN (Messi Suarez Neymar) yang dimiliki Barcelona memang sedang tajam-tajamnya, sedangkan Neymar malah memilih untuk pindah ke Paris Saint-Germain yang berada di liga yang persaingannya relatif kurang kompetitif.

Selain itu, Neymar juga diboyong dengan banderol yang sangat besar, yakni sebesar 222 juta euro atau sekitar Rp3,74 triliun. Tetapi beruntung bagi PSG, penampilan Neymar di Les Parisiens berhasil nyetel dan menjadi tulang punggung tim dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan kedatangan Lionel Messi sebagai mantan rekan setimnya di Barcelona, jelas membuat Neymar semakin betah berada di tim ini dan membuat lini depan PSG makin mengerikan.

5. Rafinha Alcantara

Sebelum Lionel Messi, 5 Pemain Barcelona yang Pernah Dilepas ke PSGpotret Rafinha bersama Paris Saint-Germain (ligue1.com)

Nama yang terakhir ialah Rafinha Alcantara yang saat ini masih berstatus sebagai pemain PSG. Pada jendela transfer musim panas musim lalu, Rafinha diboyong oleh PSG dari Barcelona dengan biaya sebesar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp25 miliar.

Namun sayang, Rafinha lebih sering dimainkan sebagai pemain cadangan. Kehadiran banyak pemain bintang di lini serang PSG, seperti Neymar, Angel Di Maria, Julian Draxler dan Kylian Mbappe menjadi alasan Ia lebih sering duduk di bangku cadangan ketimbang bermain di awal laga.

 

Itulah 5 pemain yang pernah dilepas oleh Barcelona ke Paris Saint-Germain, sebelum Lionel Messi. Kehadiran mega bintang seperti Lionel Messi ke Paris Saint-Germain, jelas akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Ligue 1. Atau kehadirannya, malah memperburuk kesenjangan antar tim-tim Prancis ini? Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Bermain Bersama Lionel Messi di Barcelona

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya