4 Pemain Baru Barcelona 2023, 2 Pemain Diboyong Gratis

Ada Ilkay Guendogan dari Manchester City

Barcelona menjadi salah satu tim raksasa Eropa yang tak terlalu banyak bergeliat pada bursa transfer musim panas 2023. Hal ini tentu sangat jauh berbeda dengan aktivitas transfer mereka pada musim panas 2022 lalu. Kala itu, Blaugrana mendatangkan delapan pemain baru.

Kendati demikian, Barcelona masih memiliki kesempatan untuk mendatangkan tambahan pemain baru pada bursa transfer kali ini. Hal tersebut mengingat bursa transfer musim panas 2023 baru akan ditutup saat memasuki 1 September 2023 waktu setempat.

Hingga saat ini, Barcelona baru memiliki empat pemain baru. Kebanyakan dari mereka merupakan senior yang diboyong secara gratis. Walaupun begitu, Barcelona pun berinvestasi dengan mendatangkan pemain muda. Lalu, siapa sajakah empat pemain baru Barcelona 2023? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Inigo Martinez tinggalkan Basque untuk pertama kalinya

4 Pemain Baru Barcelona 2023, 2 Pemain Diboyong GratisInigo Martinez (fcbarcelona.com)

Inigo Martinez merupakan pria yang berasal Basque. Sejak berkarier secara profesional pada 2011, ia tak pernah sekali pun meninggalkan Basque. Sebab, ia hanya pernah membela Real Sociedad (2011--2018) dan Athletic Bilbao (2018--2023).

Pada musim panas 2023, Inigo Martinez mendapatkan kesempatan baru dengan bergabung bersama Barcelona. Bek berusia 32 tahun ini datang secara gratis dan akan banyak membantu di lini pertahanan. Namun, ia belum bermain di Barcelona hingga sekarang sebab mengalami cedera.

2. Oriol Romeu pulang ke Barcelona setelah 12 tahun

4 Pemain Baru Barcelona 2023, 2 Pemain Diboyong GratisOriol Romeu (fcbarcelona.com)

Kejutan datang pada awal bursa transfer musim panas 2023 ketika Barcelona memboyong Oriol Romeu dari Girona. Pasalnya, kabar kepindahan Romeu terbilang sepi dan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini tak begitu menarik perhatian di Girona. Kendati demikian, Romeu dipercaya bisa banyak membantu.

Sebetulnya, Romeu tak asing dengan Barcelona. Ia merupakan pemain jebolan La Masia, yang promosi pada 2010. Sempat bermain di beberapa klub selama 12 tahun, Romeu pun pulang ke klub masa kecilnya ini sebagai pemain baru Barcelona 2023.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hanya Semusim Berseragam Barcelona, Kessie Terbaru

3. Ilkay Guendogan tinggalkan Manchester City demi Barcelona

4 Pemain Baru Barcelona 2023, 2 Pemain Diboyong GratisIlkay Guendogan (fcbarcelona.com)

Ilkay Guendogan benar-benar berjaya bersama Manchester City pada 2022/2023 lalu. Ia membawa Manchester City treble winner dengan statusnya sebagai pemain andalan dan kapten tim. Akan tetapi, Guendogan justru menolak perpanjangan kontrak dari The Cityzens.

Gelandang berkebangsaan Jerman ini lebih tertarik dengan tawaran Xavi Hernandez yang ingin memboyongnya ke Camp Nou. Alhasil, Guendogan pun pindah ke Barcelona secara gratis. Kehadiran sang pemain tentu bisa membantu Barcelona memperkuat lini tengah.

4. Vitor Roque baru bergabung musim depan

4 Pemain Baru Barcelona 2023, 2 Pemain Diboyong GratisVitor Roque (fcbarcelona.com)

Selain mendatangkan pemain senior, Barcelona tak lupa untuk berinvestasi dengan mendatangkan pemain muda. Pada Rabu (12/7/2023), Vitor Roque diboyong dari Athletico Paranaense sebagai pemain baru Barcelona 2023. Uang sebesar 40 juta euro (Rp658 miliar) menjadi mahar yang harus dikeluarkan Barcelona untuk membawa penyerang muda berusia 18 tahun ini.

Roque merupakan salah satu wonderkid yang cukup panas di Brasil. Ia merupakan penyerang serbabisa, yang menjadi top scorer dan pemain terbaik Copa America 2020. Dengan kualifikasi seperti itu, Barcelona tentu tertarik untuk memiliki jasanya. Sayangnya, Roque baru akan bergabung dengan Barcelona pada 2024/2025.

Dibandingkan dengan mendatangkan pemain baru, Barcelona lebih banyak melepas pemainnya. Dari 15 pemain yang keluar dari Camp Nou, 9 di antaranya pindah secara permanen. Sembilan nama tersebut termasuk beberapa pemain senior, seperti Jordi Alba, Sergio Busquets, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann.

Baca Juga: 6 Pemain Barcelona yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya