5 Pemain Celtic FC yang Bermain di Piala Asia 2023

Diprediksi akan menjadi pemain cadangan

Celtic FC menjadi salah satu tim besar Eropa yang memiliki banyak pemain asal Asia pada 2023/2024. Hal ini tak terjadi pada musim ini saja. Kebiasaan ini telah menjadi sebuah tradisi bagi tim asal kota Glasgow, Skotlandia, ini.

Ketika Piala Asia, Glasgow tampaknya cukup merugi karena mereka kehilangan beberapa pemain penting. Seperti pada Piala Asia 2023 saat mereka harus kehilangan 5 pemain yang membela 3 negara berbeda. Siapa sajakah pemain yang dimaksud dan negara apa yang dibelanya?

1. Marco Tilio jadi pelapis Martin Boyle di posisi winger kanan Australia

5 Pemain Celtic FC yang Bermain di Piala Asia 2023Marco Tilio (celticfc.com)

Marco Tilio merupakan pemain yang baru didatangkan Celtic FC pada bursa transfer musim panas 2023. Sebagai seorang pemain yang baru bermain di Eropa, sulit bagi Tilio untuk mendapatkan tempat utama. Hal tersebut terbukti dari catatan Tiilio sejauh ini yang baru mencatatkan 28 menit dari 2 laga untuk Celtic FC.

Kendati demikian, Tilio tetap dibawa ke Piala Asia 2023 oleh Timnas Australia. Akan tetapi, porsinya bersama Socceroos hanya sebatas pemain cadangan. Ia menjadi pelapis Martin Boyle yang memang tampil gemilang bersama Hibernian FC musim ini. Untuk itu, Tilio harus bersabar untuk mendapatkan momen dan membuktikan kualitas dirinya.

2. Reo Hatate langsung dibawa Timnas Jepang meski baru sembuh dari cedera

5 Pemain Celtic FC yang Bermain di Piala Asia 2023Reo Hatate (celticfc.com)

Sejatinya, Reo Hatate bukan pemain utama di Celtic FC. Namun, ia sukses menampilkan permainan terbaik ketika ia bermain. Hal itu dibuktikan dari 2 gol dan 2 assist yang bisa ia cetak dalam 8 laga.

Pada musim ini, Hatate sempat mengalami cedera hamstring dan baru sembuh pada akhir Desember 2023. Meski begitu, Hajime Moriyasu tetap memanggil Hatate ke skuad Timnas Jepang untuk Piala Asia 2023. Hal tersebut sebetulnya cukup rentan bagi Hatate, Celtic FC, dan Timnas Jepang.

Hatate sendiri bukan pemain utama. Sebagai seorang gelandang, Hatate masih berada di bawah bayang-bayang Wataru Endo dan Hidemasa Morita. Walaupun begitu, Hatate tetap berpeluang untuk dimainkan karena Jepang hanya membawa empat gelandang pada turnamen ini.

3. Daizen Maeda siap bersaing ketat di sayap kiri Timnas Jepang

5 Pemain Celtic FC yang Bermain di Piala Asia 2023Daizen Maeda (celticfc.com)

Daizen Maeda selalu menjadi andalan Celtic FC di posisi winger. Ia telah mencatatkan 22 laga serta menyumbangkan 3 gol dan 3 assist sejauh ini. Akan tetapi, permainan apik Maeda bukan jaminan baginya untuk bisa mendapat tempat utama di Timnas Jepang.

Pasalnya, Jepang memiliki deretan winger yang saat ini sedang naik daun. Kaoru Mitoma, Takumi Minamino, Takufusa Kubo, Takuma Asano, dan Ritsu Doan merupakan beberapa di antaranya. Namun, Maeda memiliki peluang besar untuk dimainkan. Pasalnya, dirinya merupakan pemain versatile yang bisa bermain di dua posisi sayap dan penyerang tengah.

Baca Juga: 3 Pemain Jepang Tersubur di LaLiga, Takefusa Kubo di Puncak!

4. Oh Hyeon Gyu masih minim pengalaman bersama Timnas Korea Selatan

5 Pemain Celtic FC yang Bermain di Piala Asia 2023Oh Hyeon Gyu (celticfc.com)

Oh Hyeon Gyu merupakan salah satu pemain muda yang saat ini naik daun bersama Celtic FC. Penyerang berusia 22 tahun ini cukup produktif dengan catatan 5 gol dari 24 laga. Padahal, ia memiliki menit bermain yang tak begitu banyak.

Dengan alasan tersebut, Juergen Klinsmann berani membawanya ke Timnas Korea Selatan. Akan tetapi, Oh Hyeon Gyu masih minim pengalaman di Timnas Korea Selatan. Dirinya jelas kalah jauh dari Hwang Hee Chan dan Cho Gue Sung yang sudah terbiasa mengisi posisi penyerang utama.

5. Yang Hyun Jun baru catatkan satu caps di Timnas Korea Selatan

5 Pemain Celtic FC yang Bermain di Piala Asia 2023Yang Hyung Jun (celticfc.com)

Yang Hyun Jun memiliki nasib yang tak jauh berbeda dengan Oh Hyeun Gyu. Ia merupakan pemain muda yang sedang berusaha dikembangkan oleh Celtic FC. Namun, ia tak memiliki pengalaman yang mumpuni di Timnas Korea Selatan.

Yang Hyun Jun hanya memiliki satu caps di negaranya. Dengan fakta tersebut, sulit untuk Yang Hyun Jun bisa dipercaya sebagai pemain utama di posisi winger kanan sepanjang turnamen Piala Asia 2023. Selain itu, ia memiliki pesaing ketat, yakni Lee Kang In, Jeong Woo Yeong, dan Lee Jae Sung yang biasa mengisi posisi tersebut.

Selain 5 nama di atas, Celtic FC sebetulnya memiliki 4 pemain asal Asia lain di skuadnya pada 2023/2024. Mereka adalah Yuki Kobayashi, Tomoki Iwata, Kwon Hyeok Kyu, dan Kyogo Furuhashi. Namun, Furuhashi tak dipanggil ke Timnas Jepang untuk Piala Asia 2023. Padahal, ia merupakan pemain Asia paling berkontribusi di Celtic FC dalam 2 musim terakhir.

Baca Juga: Rapor 3 Rekrutan Baru Celtic asal Asia pada Awal 2023/2024, Ada Iwata!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya