5 Pemain dengan Nomor 18 Bayern Munich Sebelum Marcel Sabitzer

Ada Miroslav Klose sang legenda Jerman

Marcel Sabitzer sudah semusim berseragam Bayern Munich. Ia datang ke Munich dari RB Leipzig pada transfer musim panas 2021. Sayangnya, penampilan Sabitzer bersama Die Bavaria tak sehebat saat berseragam RB Leipzig.

Sabitzer harus berjuang keras untuk menembus tim utama Bayern Munich. Sebab, pemain dengan nomor punggung 18 ini masih sering muncul sebagai pemain pengganti ketimbang starter.

Marcel Sabitzer tampaknya belum bisa selevel dengan beberapa pendahulunya yang pernah memakai nomor punggung 18 di Bayern Munich. Untuk mengetahui perbandingan itu, simak ulasan pemain dengan nomor 18 Bayern Munich sebelum Marcel Sabitzer ini!

1. Andreas Gorlitz

5 Pemain dengan Nomor 18 Bayern Munich Sebelum Marcel SabitzerAndreas Gorlitz (mlssoccer.com)

Andreaz Gorlitz merupakan bek kanan berkebangsaan Jerman yang bermain untuk Bayern Munich selama 4 musim (2004—2007 dan 2009—2010). Saat berseragam Bayern Munich, Gorlitz lebih sering menggunakan nomor punggung 18.

Penampilan Gorlitz saat berseragam Bayern Munich sebenarnya tak sebaik saat membela klub Bundesliga lain, seperti SC Ingolstadt, TSV 1860 Munich, dan Karlsruher. Selama bermain untuk Die Bayern, Gorlitz hanya tampil dalam 25 laga.

2. Miroslav Klose

5 Pemain dengan Nomor 18 Bayern Munich Sebelum Marcel SabitzerMiroslav Klose (dfb.de)

Miroslav Klose memiliki pamor yang sangat besar sebagai salah satu penyerang Jerman terbaik sepanjang masa. Sebelum gantung sepatu di Lazio, Klose pernah bermain untuk Bayern Munich selama 4 tahun (2007—2011).

Ia biasanya menggunakan nomor punggung 11. Namun, saat di Bayern Munich, Klose justru menggunakan nomor punggung 18.

Sang penyerang tampil cukup tajam di Bayern Munich dengan torehan 53 gol dan 27 assist dari 149 laga. Meski tak sehebat saat membela Werder Bremen, Lazio, atau Timnas Jerman, namanya cukup mentereng di Munich.

Baca Juga: 10 Potret Marcel Sabitzer, Pemain Cerdik yang Tersisihkan di Munchen

3. Juan Bernat

5 Pemain dengan Nomor 18 Bayern Munich Sebelum Marcel SabitzerJuan Bernat (fcbayern.com)

Sempat kosong selama 3 tahun, nomor punggung 18 di Bayern Munich kembali muncul pada 2014/2015. Juan Bernat mewarisi nomor peninggalan Miroslav Klose di Bayern Munich.

Bek kiri asal Spanyol ini bermain selama 4,5 musim bersama Die Bayern. Dalam kurun waktu tersebut, Bernat sukses tampil dalam 113 laga dengan sumbangan 5 gol dan 10 assist.

4. Franck Evina

5 Pemain dengan Nomor 18 Bayern Munich Sebelum Marcel SabitzerFrank Evina (fcbayern.com)

Franck Evina merupakan winger asal Kamerun yang lahir dari tim akademi Bayern Munich. Pada 2017/2018, ia promosi ke tim utama dengan menggunakan nomor punggung 18.

Sayangnya, karier Evina di tim utama Bayern Munich tak sehebat saat bermain di tim akademi. Pasalnya, ia hanya mampu bertahan pada musim tersebut dengan catatan dua penampilan.

5. Leon Goretzka

5 Pemain dengan Nomor 18 Bayern Munich Sebelum Marcel SabitzerLeon Goretzka (dfb.de)

Leon Goretzka menjadi pemain andalan Bayern Munich di lini tengah. Saat pertama kali bergabung dari Schalke 04 pada 2018/2019, ia sempat menggunakan nomor punggung 18 selama 3 musim.

Goretzka baru mengganti nomor punggungnya ke nomor 8 memasuki musim 2021/2022. Sejak itu, ia tidak pernah lagi mengenakan nomor 18.

Tak ada yang meragukan kualitas Goretzka sebagai salah satu gelandang hebat saat ini. Memasuki musim keempatnya, ia telah tampil dalam 139 laga dengan sumbangan 28 gol dan 29 assist.

Marcel Sabitzer harus bekerja keras untuk mendapatkan tempat utama di Bayern Munich seperti beberapa nama di atas. Apalagi peluangnya untuk jadi pemain inti sangat terbuka mengingat saingannya juga terhitung sedikit.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Bayern Munich, Ada De Ligt!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya