5 Pemain dengan Nomor Punggung 1 AS Roma sebelum Rui Patricio

Rui Patricio layak menjadi nomor 1

Sejak datang pada awal musim 2021/2022, Rui Patricio telah sukses menunjukkan permainan terbaiknya di AS Roma. Pengalaman dan kualitas yang dimilikinya kerap membuat pertahanan AS Roma aman. Jose Mourinho selaku pelatih AS Roma tampaknya tak perlu risau untuk mencari kiper baru dalam waktu dekat.

Dengan nomor punggung 1 yang dikenakannya, kiper asal Portugal ini memang sangat layak menjadi kiper nomor 1 di AS Roma. Nomor punggung 1 di AS Roma sendiri sebetulnya tak begitu keramat. Pasalnya, nomor punggung ini tak selalu digunakan kiper nomor satu di AS Roma.

Lalu, siapa sajakah pemain yang pernah mengenakan nomor punggung 1 di AS Roma sebelum Rui Patricio?

1. Gianluca Curci memiliki dua masa berseragam AS Roma

5 Pemain dengan Nomor Punggung 1 AS Roma sebelum Rui PatricioGianluca Curci (asroma.com)

Gianluca Curci memiliki dua masa berbeda berseragam AS Roma. Kiper asal Italia ini pertama kali bermain di tim utama AS Roma pada 2004--2008 setelah dirinya promosi dari tim akademi. Kala itu, Curci pernah mengenakan nomor punggung 1.

Pada masa keduanya, Curci bermain untuk AS Roma pada 2014/2015 dengan nomor punggung 12 dan 18. Dari dua kali pengabdiannya untuk I Giallorossi, Curci gagal tampil gemilang. Sebab, dirinya dipercaya untuk menjadi kiper kedua saja. Alhasil, Curci hanya bisa mencatat 63 penampilan dengan torehan 13 nirbobol selama berseragam AS Roma.

2. Bogdan Lobont bermain selama 9 musim dengan status pemain cadangan

5 Pemain dengan Nomor Punggung 1 AS Roma sebelum Rui PatricioBogdan Lobont (asroma.com)

Bogdan Lobont berseragam AS Roma selama 9 tahun. Kiper asal Rumania ini pernah mengenakan dua nomor punggung berbeda. Dari 2009--2016, Lobont mengenakan nomor punggung 1. Sedangkan, pada 2016--2018, Lobont mengenakan nomor punggung 18.

Selama berseragam AS Roma, Lobont lebih sering menjadi pemain cadangan. Selama 8 musim, ia hanya bisa mencatat 28 pertandingan dengan torehan 11 nirbobol. Dengan waktu sebanyak itu, Lobont seharusnya bisa mencatatkan lebih banyak pertandingan.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Rui Patricio, Penjaga Gawang Baru AS Roma

3. Wojciech Szczesny datang sebagai pemain pinjaman dari Arsenal

5 Pemain dengan Nomor Punggung 1 AS Roma sebelum Rui PatricioWojciech Szczesny (asroma.com)

Wojciech Szczesny datang ke AS Roma sebagai pemain pinjaman selama 2 musim. Momen tersebut terjadi ketika kiper asal Polandia ini dipinjam dari Arsenal pada 2015--2017. Pada 2 musim tersebut, Szczesny mengenakan dua nomor punggung berbeda, yakni 25 dan 1.

Bicara soal performanya di AS Roma, penampilan Szczesny terhitung sangat baik. Ia selalu bisa diandalkan dan menjadi kiper utama selama 2 musim. Szczesny mencatat total 23 nirbobol dari 81 laga.

4. Alisson Becker menggunakan 2 nomor punggung berbeda selama 2 musim di AS Roma

5 Pemain dengan Nomor Punggung 1 AS Roma sebelum Rui PatricioAlisson Becker (asroma.com)

Sama seperti Wojciech Szczesny, Alisson Becker juga mengenakan 2 nomor punggung berbeda selama 2 musim membela AS Roma. Kiper asal Brasil ini pernah mengenakan nomor punggung 19 (2016/2017) dan 1 (2017/2018). Nomor punggung tersebut tampaknya memberikan dampak yang berbeda untuk Alisson di AS Roma.

Ketika mengenakan nomor punggung 19, Alisson tak memiliki jaminan menjadi kiper utama. Sedangkan, saat mengenakan nomor punggung 1, Alisson sukses tampil luar biasa. Jika ditotalkan, maka Alisson mencatat 64 laga dengan torehan 26 nirbobol.

5. Robin Olsen gagal tampil gemilang di AS Roma

5 Pemain dengan Nomor Punggung 1 AS Roma sebelum Rui PatricioRobin Olsen (asroma.com)

Bermain apik di Piala Dunia 2018 membuat Robin Olsen dibeli AS Roma dari FC Copenhagen pada musim panas 2018. Olsen pun langsung mengenakan nomor punggung 1. Akan tetapi, ia justru gagal tampil gemilang untuk AS Roma.

Pada musim pertamanya, Olsen kebobolan 58 gol dan hanya mencatat 7 nirbobol dari 38 laga. Hal itu membuat manajemen AS Roma meminjamkannya ke Sheffield United, Everton, Aston Villa, dan Cagliari. Pada awal musim 2023/2024, Olsen pun pindah secara permanen ke Aston Villa.

Dalam daftar ini, hanya Wojciech Szczesny dan Alisson Becker yang memiliki karier gemilang di AS Roma. Sedangkan, tiga pemain lain justru meredup dan lebih sering berada di bangku cadangan. Rui Patricio sebagai kiper utama AS Roma saat ini tampaknya akan mengikuti jejak Szczesny dan Alisson.

Baca Juga: 10 Fakta Mile Svilar, Kiper Baru AS Roma Penerus Rui Patricio

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya