5 Pemain yang Paling Diandalkan Roberto Mancini di Inter Milan

Mancini punya pemain kepercayaan!

Roberto Mancini sukses melahirkan prestasi bersama beberapa klub yang ia latih. Salah satu yang paling mentereng ialah saat melatih Inter Milan. Manajer asal Italia ini menghasilkan 7 trofi dari 3 kompetisi berbeda selama 2 fase melatih La Beneamata. Momen tersebut terjadi pada 2004--2008 dan 2014--2016.

Selama membesut Inter Milan, Mancini tentu memiliki beberapa pemain pegangan yang kerap ia jadikan sebagai pemain andalan. Pemain-pemain tersebut adalah deretan pemain yang memiliki jumlah penampilan terbanyak di antara pemain lain. Dari ratusan pemain yang pernah ia mainkan selama membesut Inter Milan, inilah enam pemain yang paling Mancini andalkan!

1. Javier Zanetti (189 laga) sangat berpengaruh di skuad Inter Milan

5 Pemain yang Paling Diandalkan Roberto Mancini di Inter MilanJavier Zanetti (mobile.twitter.com/javierzanetti)

Javier Zanetti sangat layak untuk diandalkan oleh Roberto Mancini pada masa terbaiknya. Bek asal Argentina itu merupakan seorang pemimpin sekaligus kapten di skuad Inter Milan. Ia mampu mengoordinasi dan memberikan arahan yang baik bagi rekan setimnya selama membela La Beneamata.

Tak heran jika Zanetti selalu jadi andalan Mancini. Selain memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, Zanetti juga merupakan seorang bek sayap yang berkualitas. Ia sangat tenang dalam menghadapi bola meski bukan seorang pemain sayap yang agresif dalam menyerang. Oleh karena itu, Mancini bisa mencatat 189 laga dengan sumbangan 2 gol dan 6 assist.

2. Esteban Cambiasso menjelma sebagai gelandang petarung dalam 164 laga

5 Pemain yang Paling Diandalkan Roberto Mancini di Inter MilanEsteban Cambiasso (inter.it)

Esteban Cambiasso patut berterima kasih kepada Roberto Mancini. Berkat pria asal Italia itu, karier Cambiasso di dunia sepak bola bisa terselamatkan. Pasalnya, pamor Cambiasso sempat merosot ketika ia berseragam Real Madrid. Namun, berkat Mancini, kariernya berhasil meroket bersama Inter Milan.

Cambiasso sendiri mencatatkan 164 laga selama dilatih Mancini. Ia menyumbangkan 21 gol dan 12 assist sebagai gelandang bertahan petarung. Angka tersebut cukup produktif bagi seorang pemain yang fokus utamanya bukan dalam hal penyerangan.

Baca Juga: Tajon Buchanan, Permata Kanada yang Merintis Karier di Inter Milan

3. Ivan Cordoba bisa bermain di banyak posisi berbeda dalam 162 laga

5 Pemain yang Paling Diandalkan Roberto Mancini di Inter MilanIvan Cordoba (inter.it)

Roberto Mancini memberikan gelar wakil kapten kepada Ivan Cordoba saat menangani Inter Milan. Pria asal Kolombia ini kerap memimpin tim sebagai kapten jika Javier Zanetti tak bermain. Selain itu, Cordoba juga sering mengisi posisi yang ditinggalkan Zanetti di posisi bek kanan.

Padahal, Cordoba merupakan seorang bek tengah murni. Kendati demikian, Cordoba bisa menyesuaikan diri untuk bisa bermain di banyak posisi berbeda, termasuk bek tengah, bek kanan, dan bek kiri. Tak heran Mancini mempercayainya dalam 162 laga. Dalam kurun waktu tersebut, Cordoba mencetak 11 gol dan 4 assist.

4. Dejan Stankovic (161 laga) adalah pemain kepercayaan Roberto Mancini sejak di Lazio

5 Pemain yang Paling Diandalkan Roberto Mancini di Inter MilanDejan Stankovic (inter.it)

Dejan Stankovic memiliki kedekatan tersendiri dengan Roberto Mancini. Stankovic pernah menjadi rekan dan anak asuh Mancini ketika keduanya berada di Lazio. Saat pindah ke Inter Milan, Stankovic pun dibawa oleh Mancini sebagai pemain kepercayaannya.

Pemain asal Serbia ini tak membuang kepercayaan tersebut. Pasalnya, Stankovic mampu tampil apik selama 161 pertandingan di bawah arahan Mancini. Catatan 19 gol dan 34 assist sebagai seorang gelandang yang serbabisa.

5. Dengan 147 laga, Marco Materazzi jadi bek tengah yang paling diandalkan

5 Pemain yang Paling Diandalkan Roberto Mancini di Inter MilanMarco Materazzi (inter.it)

Selama melatih Inter Milan, Roberto Mancini pernah mencoba beberapa opsi bek tengah. Namun, pilihan utama tetap jatuh kepada Marco Materazzi yang memang telah memiliki pengalaman dan punya tempat di mata penggemar La Beneamata. Oleh karena itu, Materazzi bisa mencatat 147 laga dengan sumbangan 13 gol dan 3 assist.

Materazzi sendiri merupakan tipe bek tengah yang sangat tangguh. Ia kuat dalam bola udara dan tak mau kalah dalam berduel. Tak heran Mancini memfavoritkan Materazzi untuk mengisi posisi bek tengah.

Selain membawa Inter Milan berjaya dengan meraih prestasi, Roberto Mancini juga semakin tersohor di dunia kepelatihan. Masanya melatih La Beneamata tampaknya menjadi yang terbaik, selain kala ia membesut Timnas Italia (2018--2023). Mancini tampaknya akan terus dikenang sebagai salah satu manajer Italia yang sukses di era sepak bola modern.

Baca Juga: 6 Rekrutan Pertama Roberto Mancini saat Melatih Manchester City

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya