7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023

Ada pemain Indonesia!

Piala Asia 2023 telah memulai kick off pada 12 Januari 2024. Kompetisi terbesar antarnegara Asia ini direncanakan berakhir pada 10 Februari 2024 setelah laga final digelar di Lusail Stadium, Qatar. Itu artinya, 24 negara peserta telah resmi menyantumkan 26 pemain terbaiknya.

Pada gelaran ini, ada tujuh pemain Eredivisie Belanda yang ikut serta. Pemain-pemain dari kasta tertinggi Liga Belanda ini saling bertempur agar berhasil menorehkan prestasi terbaik bagi negaranya. Siapa sajakah tujuh nama yang dimaksud?

1. Hussein Ali (SC Heerenveen) memilih untuk membela Timnas Irak

7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023Hussein Ali (sc-heerenveen.nl)

Hussein Ali merupakan seorang bek kanan muda yang lahir di Swedia. Namun, sejak Oktober 2023, Ali memilih untuk membela Timnas Irak yang merupakan tanah leluhurnya. Pada Piala Asia 2023, Ali dibawa untuk membantu Irak berbicara banyak. Pemain SC Heerenveen tampaknya sudah siap dan terbiasa untuk menjadi pemain utama di posisi bek kanan negaranya.

2. Zidane Iqbal (FC Utrecht) memperkuat lini tengah Timnas Irak

7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023Zidane Iqbal (fcutrecht.nl)

Zidane Iqbal merupakan jebolan akademi Manchester United yang telah berseragam FC Utrecht sejak Juli 2023. Penampilan Iqbal di timnya tak begitu mentereng. Akan tetapi, ia dipercaya mampu memperkuat lini tengah Timnas Irak. Iqbal adalah sosok pemain kreatif dan punya daya jelajah tinggi. Itulah yang diharapkan TImnas Irak darinya.

3. Ivar Jenner (FC Utrecht) siap jadi generasi baru Timnas Indonesia

7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023Ivar Jenner (fcutrecht.nl)

Meski baru mencatat tiga caps, Ivar Jenner tetap dibawa Shin Tae Yong ke Piala Asia 2023. Jenner menjadi salah satu pemain yang masuk ke dalam program regenerasi skuad Timnas Indonesia. Dengan kemampuan yang ia miliki, Jenner tampaknya akan sangat membantu Timnas Indonesia dalam berkiprah. Pada pertandingan pertama Timnas Indonesia kontra Irak, pemain FC Utrecht ini masuk ke dalam sebelas pemain utama.

Baca Juga: 5 Pemain Gratis yang Tampil Optimal di Eredivisie 2023/2024

4. Ayase Ueda (Feyenoord) langsung tancap gas bersama Timnas Jepang

7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023Ayase Ueda (fcutrecht.nl)

Pada laga kontra Vietnam, Minggu (14/1/2023), Ayase Ueda memang disimpan Hajime Moriyasu di bangku cadangan Timnas Jepang. Namun, penyerang Feyenoord Rotterdam ini masuk pada babak kedua untuk menggantikan Mao Hosoya. Ketika dimainkan, Ueda langsung tancap gas dan memberikan kontribusi berarti. Ia mencetak gol pada menit ke-65 dan membantu Timnas Jepang menang dengan skor 4-2.

5. Yukinari Sugawara (AZ Alkmaar) berada di bawah bayang-bayang Takehiro Tomiyasu

7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023Yukinari Sugawara (instagram.com/azalkmaar)

Pemain AZ Alkmaar, Yukinari Sugawara, menjadi salah satu opsi bek kanan yang dibawa Hajime Moriyasu ke Timnas Jepang. Akan tetapi, Sugawara memiliki pesaing ketat untuk posisinya, yakni Takehiro Tomiyasu. Kendati demikian, Sugawara mampu dipercaya untuk menjadi pemain utama. Hal tersebut telah dibuktikan kala Sugawara tampil sebagai starter kala Jepang menang atas Vietnam pada pertandingan pertama Grup E.

6. Matthew Ryan (PSV Eindhoven) kunci posisi kiper utama Timnas Australia

7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023Mathew Ryan (twitter.com/MatyRyan)

Matthew Ryan menjadi salah satu pemain senior yang memiliki pengaruh besar di Timnas Australia. Selain memiliki peran tersebut, Ryan juga memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjadi pemain andalan. Tak heran jika pemain PSV Eindhoven ini selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar Timnas Australia dalam beberapa turnamen terakhir. Pada Piala Asia 2023, ia pun mendapatkan porsi yang sama.

7. Alireza Jahanbakhsh (Feyenoord) memiliki peranan besar di Timnas Iran

7 Pemain Eredivisie yang Bermain di Piala Asia 2023Alireza Jahanbakhsh (feyenoord.com)

Alireza Jahanbakhsh memang tak begitu mentereng di Feyenoord Rotterdam musim ini. Namun, Jahanbakhsh tetap memiliki peranan besar ketika bermain di Timnas Iran. Pergerakannya yang mengancam dari sisi sayap membuat pertahanan lawan kesulitan. Itulah yang membuat Manajer Timnas Iran, Amir Ghalenoei, tetap menjadikannya pemain utama, meski usia Jahanbakhsh tak lagi muda.

Selain tujuh nama di atas, sebetulnya masih ada nama Rafael Struijk yang bermain untuk Timnas Indonesia. Akan tetapi, Struijk tidak dimasukkan ke dalam daftar karena ia membela ADO Den Haag, klub yang berlaga di Eerste Divisi atau kasta kedua Liga Belanda. Dari tujuh pemain dalam daftar, siapakah yang akan membawa cerita manis ke Belanda?

Baca Juga: 5 Pemain Skandinavia yang Tampil Impresif di Eredivisie 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya