7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum Danjuma

Mayoritas pemain direkrut dari Barcelona

Everton berhasil mengamankan jasa Arnaut Danjuma untuk musim 2022/2023. Winger berkebangsaan Belanda ini didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Villarreal. Tak ada opsi permanen pada transfer ini sebab kontrak Danjuma di Villarreal sendiri akan habis setelah masa peminjamannya di Everton selesai.

Everton bukan sekali ini saja merekrut pemain dari klub LaLiga. Sebelum Danjuma, terdapat puluhan pemain yang pernah diboyong The Toffees dari tim kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu. Sebagai gambaran, berikut ulasan performa tujuh pemain Everton terakhir yang mereka rekrut dari LaLiga.

1. Joel Robles

7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum DanjumaJoel Robles (evertonfc.com)

Joel Robles merupakan kiper asal Spanyol yang didatangkan dari Atletico Madrid pada musim panas 2013. Selama berseragam Everton, Robles lebih sering mengemban tugas sebagai kiper cadangan. Musim terbaiknya hanya terjadi pada 2016/2017 ketika ia dipercaya memainkan laga lebih banyak akibat cedera panjang yang menimpa Maarten Stekelenburg. Selama 5 tahun (2013--2018) membela Everton, Robles menuai 65 pertandingan dengan catatan 25 nirbobol.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman yang Kembali ke Everton pada Musim Panas 2023

2. Gerard Deulofeu

7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum DanjumaGerard Deulofeu (premierleague.com)

Sama seperti Joel Robles, Gerard Deulofeu pun pertama kali bergabung dengan Everton pada musim panas 2013. Kala itu, Deulofeu dipinjam dari Barcelona. Sempat berpisah pada musim 2014/2015, Deulofeu kembali ke Goodison Park setelah Everton membelinya pada musim panas 2015. Namun, Deulofeu hanya menambah 1,5 musim masa baktinya di Everton. Total, 78 pertandingan dengan catatan 8 gol dan 10 assist dicetak pemain asal Spanyol ini.

3. Sandro Ramirez

7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum DanjumaSandro Ramirez (evertonfc.com)

Everton memiliki hubungan yang cukup kuat dengan Barcelona. Selain Gerard Deulofeu, Sandro Ramirez pun menjadi jebolan La Masia lain yang pernah membela Everton. Namun, penyerang asal Spanyol ini justru didatangkan dari Malaga pada musim panas 2017. Saat berseragam Everton, penampilan Sandro justru semakin buruk. Ia hanya mencatat 16 laga dengan torehan 1 gol dan 2 assist. Selain itu, Sandro pun lebih sering dipinjamkan ke tim lain ketimbang berada di skuad Everton.

4. Lucas Digne

7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum DanjumaLucas Digne (evertonfc.com)

Lucas Digne diboyong Everton dari Barcelona pada musim panas 2018. Bek kiri asal Prancis ini kembali menemukan permainan terbaiknya saat bermain di Everton. Digne semakin kuat dalam menyerang dan sering menyumbang assist untuk gol-gol The Toffees. Selama 3,5 musim (2018--2022) di Goodison Park, Digne mencatat 6 gol dan 20 assist dari 127 laga. Setelah membela Everton, Digne pun pindah ke Aston Villa.

Baca Juga: 5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Everton sebelum Ashley Young

5. Yerry Mina

7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum DanjumaYerry Mina (evertonfc.com)

Yerry Mina yang tak bersinar di Barcelona memutuskan hengkang ke Everton pada musim panas 2018. Bek asal Kolombia ini akhirnya mendapatkan peran yang ia inginkan sebagai pemain utama yang mendapatkan banyak menit bermain. Saat berseragam Everton, Mina tampil kokoh dengan mencatat 99 laga dengan sumbangan 9 gol dan 1 assist. Namun, pada musim panas 2023, kerja sama Everton dan Mina berakhir karena kontrak yang tak diperpanjang.

6. Andre Gomes

7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum DanjumaAndre Gomes (premierleague.com)

Selain membeli Lucas Digne dan Yerry Mina, Everton pun meminjam Andre Gomes dari Barcelona pada musim panas 2018. Gelandang asal Portugal ini akhirnya dipermanenkan Everton setelah semusim. Saat ini, Gomes masih menjadi bagian dari skuad Everton meski pada musim 2022/2023 lalu dipinjamkan ke LOSC Lille. Ia merupakan sosok pemain pekerja keras dan kuat dalam bertarung.

7. James Rodriguez

7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum DanjumaJames Rodriguez (evertonfc.com)

Seiring dengan menjabatnya Carlo Ancelotti sebagai pelatih Everton, James Rodriguez pun didatangkan dari Real Madrid. Gelandang serang asal Kolombia ini didatangkan secara gratis pada musim panas 2020. Namun, seiring dengan hengkangnya Ancelotti, Rodriguez pun ikut memilih pergi. Oleh karena itu, Rodriguez hanya bermain selama semusim di Everton dengan mencetak 6 gol dan 9 assist dari 26 pertandingan.

Pemain yang didatangkan Everton dari LaLiga kebanyakan memiliki permainan yang apik.  Arnaut Danjuma pun pasti diharapkan bisa bersinar di Everton. Jika hal itu terjadi, bukan tak mungkin jika Danjuma akan dikontrak secara permanen oleh Everton pada musim panas 2024 mendatang.

Baca Juga: 9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester United

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya