7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023

FC Lorient memiliki banyak pemain asal Afrika

FC Lorient merupakan salah satu tim asal Ligue 1 Prancis yang memiliki banyak pemain asal Afrika di skuadnya. Pada musim 2023/2024, ada 10 pemain asal Afrika dan 10 pemain keturunan Afrika yang membela klub ini. Ini merupakan yang terbanyak di antara klub Ligue 1 mana pun.

Pada gelaran Piala Afrika 2023, FC Lorient harus kehilangan tujuh pemainnya. Pasalnya, ketujuh pemain tersebut dipanggil dan harus membela negaranya di Piala Afrika 2023. Akan tetapi, tak semuanya memiliki peran yang bagus di negara asalnya. Siapa sajakah tujuh nama yang dimaksud tersebut dan bagaimana perannya?

1. Alfred Gomis jadi pesaing Edouard Mendy di bawah mistar Senegal

7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023Alfred Gomis (fclorient.bzh)

Alfred Gomis adalah pemain yang dipinjam FC Lorient dari Stade Rennes untuk musim 2023/2024. Akan tetapi, ia belum bermain bersama FC Lorient sejauh ini karena selalu kalah saing dari Yann Mvogo. Pada Piala Afrika 2023, Gomis dipanggil oleh Timnas Senegal. Ia dipercaya akan menjadi pesaing ketat bagi Edouard Mendy. Bicara soal track record, Gomis memiliki catatan baik di negaranya karena pernah menjabat sebagai kiper utama Lions of Teranga.

2. Formose Mendy hangatkan bangku cadangan Senegal

7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023Formose Mendy (fclorient.bzh)

Serupa dengan Alfred Gomis, Formose Mendy juga dipanggil Timnas Senegal untuk Piala Afrika 2023. Bek berusia 23 tahun ini tampaknya akan menjadi penghangat bangku cadangan. Pasalnya, posisi utama bek Senegal sudah hampir pasti menjadi milik Kaliidou Koulibaly, Moussa Niakhate, atau Abdou Diallo. Di sisi lain, Mendy pun belum terlalu berpengalaman karena baru mencatat enam caps.

3. Bamba Dieng siap menjadi supersub untuk Timnas Senegal

7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023Bamba Dieng (fclorient.bzh)

Bamba Dieng juga memperkuat Timnas Senegal di Piala Afrika 2023. Berposisi sebagai penyerang tengah, Dieng tampaknya tak menjadi pilihan utama. Pasalnya, posisi tersebut sepertinya akan menjadi milik Nicolas Jackson. Kendati demikian, Dieng bisa dipercaya sebagai seorang supersub. Hal tersebut sering ia lakukan kala berseragam FC Lorient.

Baca Juga: 7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023

4. Hadirnya Darlin Yongwa menjadi sebuah keuntungan bagi Timnas Kamerun

7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023Darlin Yongwa (fclorient.bzh)

Darlin Yongwa merupakan seorang pemain yang bisa beroperasi di posisi bek kiri dan sayap kiri. Kemampuan ini menjadi keuntungan bagi Timnas Kamerun yang membawanya ke Piala Afrika 2023. Pasalnya, Yongwa bisa menjadi pelapis yang cukup baik untuk Nouhou Tolo di posisi bek kiri. Sementara itu, di posisi sayap kiri, Yongwa bisa menjadi pelapis yang sepadan bagi Georges-Kevin N'Koudou.

5. Montassar Talbi memiliki peluang besar untuk tampil di Timnas Tunisia

7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023Montassar Talbi (fclorient.bzh)

Montassar Talbi menjadi salah satu bek yang tampil apik bersama FC Lorient pada 2023/2024. Performanya yang apik membuka peluang besar baginya untuk tampil sebagai starter bersama Timnas Tunisia. Hal ini didukung dengan pengalaman Talbi yang sudah terbiasa tampil di event besar bersama negaranya.

6. Gedeon Kalulu rebut posisi utama di pos bek kanan RD Kongo

7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023Gedeon Kalulu (fclorient.bzh)

Meski baru mencatat tujuh caps untuk Timnas Republik Demokratik Kongo, Gedeon Kalulu memiliki peluang besar untuk menjadi pilihan utama. Untuk memperebutkan posisi bek kanan, Kalulu hanya perlu besaing dengan Brian Bayeye. Di atas kertas, Kalulu unggul dari pesaingnya tersebut. Menit bermain di klub serta beberapa laga uji coba yang telah dijalani RD Kongo menempatkan Kalulu sebagai pilihan utama di posisinya.

7. Sirine Doucoure pertama kali membela Timnas Mali di event besar

7 Pemain FC Lorient yang Bermain di Piala Afrika 2023Sirine Doucoure (fclorient.bzh)

Timnas Mali memanggil Sirine Doucoure untuk mengisi salah satu slot di posisi penyerang. Piala Afrika 2023 ini merupakan turnamen pertama bagi Doucoure membela Timnas Mali. Hal ini tak lantas membuat Doucoure menjadi pilihan utama. Pasalnya, Doucoure diprediksi akan menjadi pelapis para seniornya.

Ditinggal tujuh pemain dalam waktu yang sama adalah kesulitan besar bagi FC Lorient. Pasalnya, beberapa nama yang dipanggil ke Piala Afrika adalah pemain kunci di tim ini. Sebut saja Formose Mendy, Gedeon Kalulu, Montassar Talbi, dan Darlin Yongwa.

Baca Juga: 6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya