Comscore Tracker

6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPL

Produk hebat akademi Los Murcelagos!

Selain Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid, Valencia bisa disebut sebagai tim Spanyol terbaik yang pernah berlaga di kancah Eropa. Dua kali runner-up Liga Champions, 1 kali juara Europa League dan 1 kali juara Piala Intertoto adalah bukti kehebaran dari klub berlogo kelalawar ini.

Para pemain besar seperti Roberto Ayala, David Villa, Gaizka Mandieta hingga Claudio Lopez adalah segelintir pemain yang berhasil meraih masa kejayaan bersama klub ini. Tidak hanya sukses dalam jual-beli pemain, Valencia juga dinilai sukses dalam mengorbitkan pemain hebat nan berbakat dari akademinya.

Hingga saat ini, tercatat ada 6 pemain jebolan akademi Valencia yang pernah merumput dan membela tim di English Premier League (EPL). Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Nolito

6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPLelcorreoweb.es

Mungkin penggemar sepak bola jarang menyadari jika Nolito merupakan alumni dari akademi Valencia. Maklum saja, karena Nolito tidak pernah sama sekali membela Valencia di tim senior. Padahal faktanya, Nolito menghabiskan 4 tahun di akademi tersebut, sebelum melanglang buana ke beberapa klub besar Eropa.

Pada bulan Juli 2016, Nolito pernah mencoba peruntungannya di EPL dengan bergabung bersama Manchester City yang kala itu baru ditangani oleh Pep Guardiola. Namun bersama The Citizens, Nolito kalah saing dari Raheem Sterling yang tampil lebih impresif ketimbang dirinya.

Nolito pun hanya mampu bertahan semusim, sebelum akhirnya hengkang ke Sevilla setahun berselang.

2. David Silva

6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPLskysports.com

Sudah tidak diragukan lagi, jika David Silva merupakan salah satu pemain Spanyol terbaik yang pernah bermain di EPL. 4 gelar juara English Premier League, 2 kali gelar juara FA Cup dan 5 kali gelar juara Piala Liga adalah bukti kehebatan David Silva selama 10 tahun membela Manchester City.

Jauh sebelum berjaya bersama Manchester City, David Silva merupakan salah satu lulusan terbaik dari akademi Valencia di tahun 2003. Setahun berselang, tepatnya pada tahun  2004, David Silva dipromosikan ke tim utama Valencia sebelum akhirnya dibeli oleh Manchester City di tahun 2010.

Baca Juga: 10 Pemain Spanyol Termahal yang Hijrah dari LaLiga ke Premier League

3. Vicente Guaita

6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPLtheathletic.com

Kiper andalan Crystal Palace musim ini, Vicente Guaita, juga merupakan produk akademi Valencia dari tahun 2000 hingga tahun 2006. Pada tahun 2008, Guaita akhirnya promosi ke skuad utama Valencia.

Setelah sempat berseragam Getafe selama 4 musim, Guaita akhirnya hengkang ke English Premier League dengan bergabung bersama Crystal Palace di tahun 2018. Di awal kedatangannya, Guaita memang jarang dimainkan karena Wayne Hennesey masih menjadi pilihan utama kala itu.

Namun kesempatan datang bagi Guaita kala Hennesey mengalami cedera. Penampilan gemilang dan konsistennya pada saat itu, menjadikan posisi Guaita sebagai kiper utama sulit tergoyahkan hingga saat ini. 

4. Victor Camarasa

6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPLtalksport.com

Mantan rekan setim Vicente Guaita, Victor Camarasa, merupakan bagian dari akademi Valencia sejak tahun 2001 hingga 2011. Sama seperti Nolito, Camarasa juga tidak pernah sekalipun bermain untuk tim utama Valencia. Hal ini terjadi karena pada tahun 2012, Camarasa pindah ke akademi Levante.

Total ada dua tim yang pernah Camarasa bela selama berkarier di EPL, yakni Cardiff City di tahun 2018 dan Crystal Palace di tahun 2019. Walaupun dikenal sebagai spesialis tendangan bebas dan jago dalam mengatur serangan, namun Camarasa tidak pernah lama membela klub EPL karena masih berstatus sebagai pemain Real Betis sejak tahun 2017.

5. Pablo Hernandez

6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPLyorkshireeveningpost.co.uk

Gelandang veteran milik Leeds United, Pablo Hernandez merupakan pemain seangkatan David Silva di akademi Valencia. Pada tahun 2004, Pablo Hernandez dipromosikan ke tim Valencia B, tetapi jarang mendapat jatah bermain yang cukup. Ia pun sempat hengkang ke Cadiz dan Getafe sebelum akhirnya kembali bermain untuk Valencia di tahun 2008.

Pablo Hernandez pertama kali datang ke EPL untuk bergabung bersama Swansea City di tahun 2012. Kemudian pada tahun 2014 hingga 2017, Hernandez sempat mencoba peruntungan di Qatar Stars League. Dan pada awal tahun 2017, Hernandez akhirnya menjadi bagian dari skuad Leeds United yang Ia bela hingga saat ini.

Bersama Leeds, Hernandez berhasil tampil gemilang dan berhasil membawa Leeds United promosi ke Premier League musim ini. Namun karena usianya yang sudah tak lagi muda, posisinya perlahan tergantikan oleh pemain muda yang lebih bertenaga.

6. Ferran Torres

6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPLforbes.com

Pemain yang baru bergabung dengan Manchester City musim ini, Ferran Torres menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Ferran Torres merupakan bagian akademi Valencia sejak tahun 2007 sebelum akhirnya dipromosikan ke Valencia B di tahun 2017.

Tidak perlu menunggu waktu lama, Ferran Torres kemudian dipromosikan ke skuad utama Valencia di tahun 2018. Penampilannya yang impresif selama berseragam Valencia, membuat Manchester City akhirnya kepincut untuk mendatangkannya.

Dan pada awal musim, Ferran Torres akhirnya resmi menjadi bagian dari skuad The Citizens setelah diboyong dengan banderol sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp786 miliar dari Valencia.

 

Itulah 6 pemain akademi Valencia yang pernah merumput di English Premier League (EPL). Walaupun tidak sementereng akademi Barcelona ataupun Real Madrid, tetapi akademi Valencia selalu berhasil menyumbang bakat-bakat terbaik bagi timnas Spanyol di setiap generasinya.

Baca Juga: 7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya