6 Pemain Lazio Paling Produktif Bersama Maurizio Sarri

Maurizio Sarri baru saja memutuskan undur diri

Maurizio Sarri mengundurkan diri dari jabatannya sebagai manajer Lazio pada, Rabu (13/3/2024). Keputusan tersebut disetujui manajemen Lazio setelah tim asal Roma ini dinilai gagal menampilkan performa apik di berbagai ajang. Terseok-seok di Serie A Italia dan tersingkir dari Bayern Munich dari Liga Champions Eropa menjadi alasan utama Sarri mundur dari posisinya.

Selama lebih dari 2 tahun, Maurizio Sarri memimpin 137 laga bersama Lazio. Sederet pemain jadi andalan, bahkan menjadi yang paling produktif ketika Sarri menukangi klub ibu kota Italia itu. Deretan pemain Lazio ini tergolong cukup rajin mencetak gol dan assist di bawah asuhan Maurizio Sarri. Siapa saja mereka?

1. Ciro Immobile jadi yang tertajam dengan menciptakan 56 gol dan 17 assist dalam 112 laga

6 Pemain Lazio Paling Produktif Bersama Maurizio SarriCiro Immobile (twitter.com/ChampionsLeague)

Meski tak lagi muda, Ciro Immobile masih terus jadi andalan. Penyerang veteran asal Italia ini menjadi top scorer sekaligus pemain paling produktif Lazio era Maurizio Sarri. Immobile punya catatan 56 gol dan 17 assist dari 112 pertandingan bersama Sarri. Selain juru gedor utama, Immobile juga memegang peran penting di skuad Lazio sebagai seorang kapten. Sarri kerap berharap pada Immobile untuk mengangkat mentalitas rekan satu tim lewat kepemimpinannya.

Baca Juga: 3 Lulusan Akademi Manchester City di Serie A pada 2023/2024

2. Felipe Anderson menyumbang 22 gol dan 24 gol dari 137 laga

6 Pemain Lazio Paling Produktif Bersama Maurizio SarriFelipe Anderson (twitter.com/ChampionsLeague)

Felipe Anderson tak pernah absen dalam 137 laga Maurizio Sarri di Lazio. Pemain asal Brasil ini memang dikenal memiliki stamina prima dan bisa menyesuaikan diri di berbagai posisi dan peran yang diinginkan pelatih. Selama dilatih Sarri, Anderson pernah bermain di empat posisi berbeda, yakni penyerang utama, winger kanan, winger kiri, dan gelandang serang. Anderson juga bermain sangat produktif dengan catatan 24 gol dan 22 assist.

3. Sergej Milinkovic Savic pernah tampil produktif sebelum pindah ke Al Hilal

6 Pemain Lazio Paling Produktif Bersama Maurizio SarriSergej Milinkovic-Savic (twitter.com/europaleague)

Meski telah hengkang ke Al Hilal sejak awal musim 2023/2024, Sergej Milinkovic Savic tetap masuk ke dalam daftar pemain yang produktif di bawah asuhan Maurizio Sarri. Gelandang serang asal Serbia ini memang cukup cerdas dalam mencetak gol maupun assist. Ia memiliki insting gol yang hebat, tendangan keras, ditambah akurasi umpan yang memikat. Alhasil, Savic pun bisa punya catatan 22 gol dan 20 assist dari 94 laga selama dilatih Maurizio Sarri.

4. Luis Alberto menjadi raja assist Lazio selama dilatih Maurizio Sarri

6 Pemain Lazio Paling Produktif Bersama Maurizio SarriLuis Alberto (mobile.twitter.com/10_luisalberto)

Luis Alberto menjadi sosok playmaker yang sangat diandalkan oleh Maurizio Sarri di lini tengah Lazio. Pemain asal Spanyol ini mencatat 122 laga dengan torehan 16 gol dan 26 assist. Catatan assist-nya itu membuat Alberto bertengger sebagai raja assist Lazio di bawah arahan Sarri. Bersama mantan pelatih Chelsea dan Juventus itu, Luis Alberto makin membuktikan sosoknya sebagai gelandang kreatif yang rajin menjemput bola dan mengirimkan umpan-umpan ciamik.

5. Mattia Zaccagni tampil produktif dengan koleksi gol dan assist yang hampir seimbang

6 Pemain Lazio Paling Produktif Bersama Maurizio SarriMattia Zaccagni (twitter.com/OfficialSSLazio)

Nama berikutnya adalah Mattia Zaccagni, pria berusia 28 tahun yang beroperasi di sektor winger kiri. Selama dilatih Sarri, Zaccagni 109 kali dipercaya turun lapangan. Ia tampil cukup hebat sebagai winger dengan kecepatan yang kerap menusuk jantung pertahanan lawan. Zaccagni juga tampil produktif dengan kombinasi gol dan assist yang sangat seimbang. Total, ada 19 gol dan 18 assist yang ia ciptakan selama dilatih Sarri.

6. Pedro Rodriguez tampil tajam meski berstatus sebagai pemain rotasi

6 Pemain Lazio Paling Produktif Bersama Maurizio SarriPedro Rodriguez (twitter.com/_Pedro17_)

Pedro Rodriguez bermain dalam 123 laga di bawah arahan Maurizio Sarri di Lazio. Dalam kurun waktu tersebut, Pedro mencetak 20 gol dan 11 assist sebagai seorang winger. Peran utama Pedro di bawah arahan Sarri sejatinya hanya sebagai pemain rotasi karena lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti. Namun, pengalaman Pedro yang panjang membuktikan bahwa ia bisa jadi pembeda ketika dimasukkan di tengah pertandingan.

Lazio bergerak cepat memilih pengganti Maurizio Sarri. Kubu Biancocelesti akhirnya menunjuk Igor Tudor sebagai sosok manajer baru. Pria asal Kroasia itu langsung dikontrak hingga 2025 dengan opsi perpanjangan kontrak.

Baca Juga: 6 Pemain Ternama yang Dijual Maurizio Sarri Ketika Menangani Juventus

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya