5 Pemain Liverpool Terakhir yang Pakai Nomor 20 Sebelum Diogo Jota

Beberapa nama yang kurang bersinar

Meski masih sering mendapatkan rotasi, namun Diogo Jota punya kontribusi besar di skuad Liverpool. Sejak didatangkan dari Wolverhampton Wanderers pada awal musim 2020/2021, Jota sukses tampil cukup tajam sebagai penyerang pelapis.

Penyerang asal Portugal ini berhasil catatkan 34 gol dan 9 assists dari 85 laga yang dimainkan Liverpool. Angka tersebut memang cukup impresif dibandingkan para pendahulunya yang sama-sama menggunakan nomor punggung 20 di Liverpool.

Lalu, siapa sajakah para pendahulunya tersebut? Bagaimana performanya? Berikut ini ulasannya.

1. Javier Mascherano

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Pakai Nomor 20 Sebelum Diogo JotaJavier Mascherano (twitter.com/lfc)

Di antara nama lain dalam daftar ini, Javier Mascherano mungkin jadi yang terbaik. Sebelum bersinar di Barcelona, gelandang bertahan asal Argentina ini bermain 4,5 musim untuk Liverpool sejak datang dari West Ham United pada awal musim 2006/2007.

Selama berseragam The Reds, Mascherano selalu menggunakan nomor punggung 20 dan tidak pernah menggantinya sama sekali. Dalam kurun waktu tersebut, Mascherano sukses bermain impresif di lini tengah dengan catatan 139 laga dengan sumbangan 2 gol dan 7 assist.s

2. Godwin Antwi

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Pakai Nomor 20 Sebelum Diogo JotaGodwin Antwi (skysports.com)

Tak banyak penggemar Liverpool yang ingat jika tim kesayangannya tersebut pernah memiliki seorang bek bernama Godwin Antwi. Bek berkebangsaan Ghana tersebut berasal dari tim akademi dan promosi ke tim utama pada 2006.

Sayangnya, ia lebih banyak dipinjamkan ke tim lain. Antwi pernah terdaftar di skuad Liverpool dalam waktu yang singkat pada musim 2007/2008 dengan memakai nomor punggung 20. Akan tetapi, ia kembali dipinjamkan ke Hartlepool menjelang msuim bergulir.

Baca Juga: 5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Liverpool Secara Gratis

3. Jay Spearing

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Pakai Nomor 20 Sebelum Diogo JotaJay Spearing (skysports.com)

Digadang-gadang akan jadi penerus Steven Gerrard di lini tengah Liverpool, Jay Spearing justru gagal mewujudkan hal tersebut. Saat ini, Spearing tumbuh sebagai pemain medioker yang terakhir bermain untuk Tranmere Rovers.

Spearing promosi ke tim utama Liverpool pada musim 2007/2008. Namun, ia terlebih dahulu menggunakan nomor punggung 34 dan 26, sebelum akhirnya memakai nomor punggung 20 pada awal musim 2011/2012.

Pemain yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan ini hanya menggunakan nomor punggung selama dua musim. Selama berseragam Liverpool, Spearing hanya catatkan 59 penampilan dengan kontribusi 1 assist.  

4. Aly Cissokho

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Pakai Nomor 20 Sebelum Diogo JotaAly Cissokho (express.co.uk)

Nama selanjutnya ialah Aly Cissokho, bek asal Prancis yang pada musim 2021/2022 bermain untuk tim divisi kedua Liga Thailand, Lamphun Warrior. Cissokho pernah bermain untuk Liverpool selama semusim pada 2013/2014 sebagai pemain pinjaman dari Valencia.

Saat membela Liverpool pada musim tersebut, pos bek kiri The Reds masih jadi milik Jose Enrique. Oleh karena itu, Cissokho hanya hadir sebagai pemain cadangan selama semuim. Cissokho hanya catatkan 19 penampilan dengan kontribusi 2 assists.

5. Adam Lallana

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Pakai Nomor 20 Sebelum Diogo JotaAdam Lallana. (90min.com).

Kedatangan Adam Lallana dari Southampton pada 2014 menjadi salah satu hal yang sangat diharapkan oleh publik sepak bola Liverpool. Pasalnya, Lallana punya kualitas hebat saat masih berseragam Southampton.

Pemain berkebangsaan Inggris tersebut langsung mengambil alih nomor 20. Sayangnya, karier Lallana di Liverpool sering terganggu karena cedera yang ia alami.

Selama 6 musim membela The Reds, Lallana tidak pernah main selama semusim penuh. Kendati demikian, ia sukses catatkan 22 gol dan 22 assists dari 179 laga.

 

Baru-baru ini, Liverpool mendatangkan Darwin Nunez untuk membantu lini serang yang ditinggalkan Sadio Mane. Dengan kedatangan Nunez, posisi Jota jelas goyah dan terancam jadi pemain cadangan. Kendati demikian, Jota punya kemampuan untuk bermain di banyak posisi dan mampu cetak gol di kala laga penting.

Baca Juga: 5 Pemain asal Amerika Latin Terbaru yang Didatangkan oleh Liverpool

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya