4 Pemain Manchester United 2008 yang Melatih Klub pada 2024

Kebanyakan masih meniti karier

Manchester United terakhir kali menjuarai Liga Champions Eropa pada 2008. Momen tersebut terjadi 16 tahun lalu. Itu bukan waktu yang sebentar bagi Manchester United untuk puasa gelar di kompetisi tersebut. Terlebih lagi, The Red Devils berstatus sebagai tim besar.

Dengan waktu yang cukup lama, mayoritas pahlawan Manchester United pada 2007/2008 telah pensiun. Bahkan, pada 2023/2024, ada yang telah berstatus sebagai manajer sepak bola. Ada yang sukses dan ada pula yang gagal. Siapa sajakah pemain yang dimaksud? Yuk, simak ulasan pemain Manchester United 2008 yang melatih klub pada 2024!

1. John O'Shea baru ditunjuk sebagai manajer Timnas Republik Irlandia

4 Pemain Manchester United 2008 yang Melatih Klub pada 2024John O'Shea (instagram.com/bcfc)

John O'Shea dikenal sebagai seorang pemain serbabisa kala berseragam Manchester United. Pada 2007/2008, pria asal Republik Irlandia ini sangat sering bermain, meski berstatus sebagai pemain rotasi. O'Shea pemain penting di skuad asuhan Sir Alex Ferguson kala itu.

Saat ini, O'Shea sedang meniti karier di dunia kepelatihan. Ia sempat beberapa kali berperan sebagai asisten manajer sebelum akhirnya mendapatkan kepercayaan sebagai manajer. Tak tanggung-tanggung, O'Shea langsung ditunjuk sebagai manajer negaranya, Timnas Republik Irlandia, pada Februari 2024 untuk menggantikan Stephen Kenny yang dipecat.

2. Wayne Rooney dipecat Birmingham City pada awal tahun 2024

4 Pemain Manchester United 2008 yang Melatih Klub pada 2024Wayne Rooney (twitter.com/BCFC)

Pamor Wayne Rooney sebagai seorang pemain banyak dikenang penggemar sepak bola. Ia merupakan pemain tajam yang sangat ngotot dan pekerja keras. Hal itu juga yang ia tunjukkan kala membawa Manchester United menjuarai Liga Champions Eropa pada 2008.

Akan tetapi, nama baik Rooney di dunia kepelatihan belum seharum namanya saat menjadi pesepak bola. Pasalnya, Rooney sering kali menampilkan permainan kurang memuaskan bersama klub yang ia latih. Tak jarang, Rooney pun membawa klubnya kepada situasi berbahaya.

Pada 9 Oktober 2023, Rooney ditunjuk sebagai manajer Birmingham City untuk mengganti John Eustace. Pada awalnya, Birmingham City berada di posisi keenam kala Rooney ditunjuk. Akan tetapi, posisi Birmingham justru merosot ke posisi 20 ketika Rooney dipecat pada 2 Januari 2024.

Baca Juga: Perjalanan Terjal Karier Kepelatihan Wayne Rooney, Selalu Gagal?

3. Middlesbrough menjadi tim pertama yang dipimpin Michael Carrick sebagai manajer

4 Pemain Manchester United 2008 yang Melatih Klub pada 2024Michael Carrick (instagram.com/theboroofficial)

Michael Carrick sempat menjadi perbincangan pada awal musim 2023/2024. Pasalnya, ia sukses membawa Middlesbrough berada di papan atas EFL Championship Inggris sebagai seorang manajer. Akan tetapi, performa tersebut tak bertahan hingga sekarang.

Kendati demikian, Carrick mampu membawa The Boro tampil stabil di papan tengah EFL Championship. Pemain andalan Sir Alex Ferguson pada 2007/2008 ini tampak memiliki karier yang cerah di dunia kepelatihan. Padahal, Middlesbrough adalah tim pertama yang dipimpin Carrick sebagai seorang manajer.

4. Carlos Tevez sedang meniti karier di Argentina bersama CA Independiente

4 Pemain Manchester United 2008 yang Melatih Klub pada 2024Carlos Tevez (instagram.com/caindependiente)

Bersama Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez berhasil membentuk trisula hebat di lini serang Manchester United. Pemain asal Argentina ini tampil tajam dan menjadi bagian penting dari keberhasilan The Red Devils pada 2007/2008. Ia mencetak 19 gol dan 7 assist pada musim tersebut.

Saat ini, Carlos Tevez sedang meniti karier di dunia kepelatihan dengan memimpin skuad CA Independiente. Tevez melatih klub ini sejak Agustus 2023. Sejauh ini, Tevez membawa pengaruh baik kepada Independiente dengan membawa timnya bertengger di papan atas Primera Division Argentina.

Final Liga Champions 2008 cukup diingat karena berjalan sangat seru di tengah hujan salju di Moskow. Kemenangan Manchester United pun dramatis karena ditentukan lewat adu penalti. Keempat pemain ini adalah tulang punggung dari keberhasilan The Red Devils kala itu.

Baca Juga: 7 Pemain Argentina yang Pernah Bela West Ham United, Ada Tevez!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya