6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro Gattuso

Gattuso hanya bertahan selama 5 bulan

Hingga Februari 2024, Olympique Marseille telah memecat dua manajer selama musim 2023/2024. Setelah Marcelino, kini giliran Gennaro Gattuso yang dipecat pada 20 Februari 2024. Padahal, pria asal Italia tersebut baru ditunjuk sebagai manajer Marseille pada September 2023.

Dalam kurun waktu 5 bulan melatih, Gattuso tentu baru mencatat sedikit laga. Total ada 24 laga yang ia pimpin selama melatih Marseille. Namun, dengan statistik 9 kemenangan, 8 hasil seri, dan 7 kekalahan, tentu manajemen Marseille berpikir untuk memecat Gattuso. 

Dari sekian nama yang ada, beberapa pemain cukup menonjol di bawah arahan Gattuso. Mereka karena cukup sering dimainkan pria asal Italia itu dari segi menit bermain. Untuk mengetahui siapa saja pemain yang mendapat menit bermain terbanyak di Marseille saat dilatih Gattuso, yuk simak ulasan berikut!

1. Pau Lopez (1.860 menit) sulit tergantikan di bawah mistar

6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro GattusoPau Lopez (om.fr)

Pemain yang paling diandalkan Gennaro Gattuso kala melatih Olympique Marseille datang dari posisi kiper. Sosok yang dimaksud ialah Pau Lopez, kiper asal Spanyol yang mencatat 1.860 menit dari 21 laga. Lopez memang berstatus sebagai kiper utama Marseille sebelum kedatangan Gattuso. Saat dilatih pria asal Italia tersebut, Lopez mampu mempertahankan performa yang membuatnya terus dipercaya sebagai kiper utama.

2. Leonardo Balerdi jadi tumpuan di lini pertahanan selama 1.807 menit

6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro GattusoLeonardo Balerdi (instagram.com/leobalerdi5)

Gennaro Gattuso sangat mengandalkan Leonardo Balerdi sebagai tumpuan di posisi bek tengah. Pria asal Argentina ini terkenal solid dan sangat tangguh dalam berduel. Tak heran Gattuso amat mempercayainya. Balerdi sendiri mencatatkan 1.807 menit dari 21 laga. Dalam kurun waktu tersebut, Balerdi juga menyumbang dua gol.

3. Jonathan Clauss tampil sangat kreatif selama 1.729 menit

6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro GattusoJonathan Clauss (instagram.com/djoninho25)

Jonathan Clauss memang berposisi asli sebagai bek kanan. Namun, saat dilatih Gattuso, Clauss mampu tampil produktif layaknya seorang pemain sayap. Pria asal Prancis ini menorehkan 1 gol dan 8 assist. Torehan assist yang dicetak Clauss merupakan yang terbanyak di antara pemain lain yang dilatih Gattuso di Marseille. Permainan kreatif Clauss jelas menarik perhatian dan membawanya terus diandalkan dalam 1.729 menit dari 23 laga. 

Baca Juga: Pierre-Emerick Aubameyang Belum Habis

4. Pierre Emerick Aubameyang jadi yang tertajam dengan 1.671 menit

6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro GattusoPierre Emerick Aubameyang (instagram.com/auba)

Jika Jonathan Clauss adalah raja assist di Olympique Marseille ketika dilatih Gennaro Gattuso, Pierre Emerick Aubameyang adalah raja golnya. Penyerang asal Gabon ini memang tersohor sebagai seorang penyerang tajam. Ia telah membuktikannya kala membela Borussia Dortmund, Arsenal, dan Barcelona. Ketika dilatih Gattuso, Aubameyang pun demikian. Ia sukses menyarangkan 11 gol dan 6 assist dari 1.671 menit dalam 23 laga.

5. Amine Harit dimainkan selama 1.514 menit

6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro GattusoAmine Harit (instagram.com/amineharit)

Nama yang kelima dalam daftar ini ialah Amine Harit. Gelandang serang asal Maroko ini adalah sosok pemain matang yang cukup dipercaya oleh Gennaro Gattuso. Karakter Harit yang kreatif, cepat, dan solid membuat Gattuso menyukainya. Oleh karena itu, Gattuso memainkan Harit dalam 20 laga dengan rincian 1.514 menit. Dalam kurun waktu tersebut, Harit menyumbang 2 gol dan 3 assist.

6. Jordan Veretout jadi jenderal lapangan tengah selama 1.472 menit

6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro GattusoJordan Veretout (ligue1.com)

Selain gelandang yang kreatif, Gennaro Gattuso juga memerlukan gelandang petarung dalam formasinya. Untuk hal ini, Gattuso mempercayakan hal tersebut kepada Jordan Veretout. Pemain berkebangsaan Prancis ini memang memiliki stamina yang kuat, solid, dan mampu mengalirkan bola dengan baik. Tak heran Veretout tampil bak jenderal lapangan tengah selama 1.472 menit dari 19 laga. Veretout sendiri mencetak 4 gol dan 3 assist kala dimainkan Gattuso.

Setelah memecat Gennaro Gattuso, Olympique Marseille pun bergerak cepat dalam memilih pelatih baru. Raksasa Prancis ini menunjuk Jean Louis Gasset sebagai pelatih baru. Pria berusia 70 tahun ini tampaknya bisa dipercaya untuk melatih Marseille. Pasalnya, ia memiliki segudang pengalaman di sepak bola Prancis.

Baca Juga: 5 Calon Pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon, Gattuso Terfavorit!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya