5 Pemain yang Memakai Nomor 5 Manchester City sebelum John Stones

Pablo Zabaleta masih jadi yang terbaik!

John Stones kini cukup erat kaitannya dengan  nomor punggung 5 di Manchester City. Pada awal bergabung dengan Manchester City, Stones pernah menggunakan nomor punggung 24. Namun, ia menggantinya tak sampai semusim.

Musim 2022/2023, Stones menjalani musim keenamnya bersama The Cityzens. Performanya terbilang cukup baik sejauh ini, meski sering mendapat rotasi. Jika dibandingkan dengan pewaris nomor punggung 5 Manchester City lain, Stones terhitung cukup baik. Untuk mengetahui hal tersebut, mari simak ulasan berikut.

1. Keith Curle

5 Pemain yang Memakai Nomor 5 Manchester City sebelum John StonesKeith Curle (mancity.com)

Keith Curle menggunakan nomor punggung 5 di Manchester City jauh sebelum John Stones menggunakannya pada awal musim 2016/2017. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini bermain di Manchester City selama 5 musim.

Momen tersebut terjadi dari musim 1991/1992 hingga ia pindah ke Wolverhampton Wanderers pada awal musim 1996/1997. Selama berseragam The Cityzens, Curle cukup aktif bermain. Ia sukses mengemas 177 penampilan dengan sumbangan 12 gol.

2. Andy Morrison

5 Pemain yang Memakai Nomor 5 Manchester City sebelum John StonesAndy Morrison (skysports.com)

Andy Morrison merupakan salah satu pemain yang memiliki karier singkat sebagai pesepak bola profesional. Bek asal Skotlandia ini hanya bermain 9 tahun sebagai pesepak bola (1993—2002). Manchester City merupakan klub terakhir yang ia bela sebelum pensiun.

Saat berseragam Manchester City dari 1998—2002, Morrison selalu memakai nomor punggung 5. Meski cukup lama membela Manchester City, Morrison hanya mampu mencatatkan 22 penampilan dengan sumbangan 1 gol.

Baca Juga: 5 Transfer Terburuk Manchester City Era Guardiola, Ada John Stones

3. Sylvain Distin

5 Pemain yang Memakai Nomor 5 Manchester City sebelum John StonesSylvain Distin (mancity.com)

Nama selanjutnya ialah bek asal Prancis yang memiliki jumlah pertandingan terbanyak di EPL. Dia adalah Sylvain Distin, pemain yang menghabiskan hampir seluruh kariernya di EPL. Ia datang pertama kali pada awal musim 2002/2003 untuk bergabung dengan Manchester City.

Sylvain Distin dikenal sebagai salah satu bek yang cukup tangguh di EPL. Saat berseragam Manchester City, ia pernah menggunakan nomor punggung 5 dan 15. Total ia memainkan 206 laga dengan sumbangan 6 gol dan 1 assist untuk Manchester City selama 5 musim.

4. Ousmane Dabo

5 Pemain yang Memakai Nomor 5 Manchester City sebelum John StonesOusmane Dabo (revolutionsoccer.net)

Pada awal musim 2006/2007, Manchester City pernah mendatangkan Ousmane Dabo secara gratis dari Lazio. Gelandang bertahan asal Prancis ini akhirnya mengakuisisi nomor punggung 5 yang ditinggalkan oleh Sylvain Distin.

Namun, karier Dabo di Manchester City hanya berjalan singkat. Ia hanya bertahan selama 1,5 musim dengan torehan 18 pertandingan. Setelah itu, ia kembali membela Lazio yang merupakan mantan timnya.

5. Pablo Zabaleta

5 Pemain yang Memakai Nomor 5 Manchester City sebelum John StonesPablo Zabaleta (mancity.com)

Didatangkan dari Espanyol pada awal musim 2008/2009, Pablo Zabaleta menjadi saksi kebangkitan Manchester City sebagai klub besar. Bek sayap asal Argentina ini selalu menggunakan nomor punggung 5 selama 9 musim (2008—2017) membela Manchester City.

Dalam kurun waktu tersebut, Zabaleta bermain sangat apik dan sukses raih banyak gelar juara untuk The Cityzens. Hingga akhirnya ia hengkang ke West Ham United, Zabaleta sukses menorehkan 12 gol dan 27 assist dari 333 penampilan untuk Manchester City.

 

Jika dibandingkan dengan nama-nama di atas, John Stones hanya kalah kontribusi dari Pablo Zabalate. Kendati demikian, Stones masih punya waktu yang lama untuk mengejar prestasi Zabaleta di Manchester City.

Baca Juga: Menilai Erling Haaland dalam Debutnya untuk Manchester City

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya