6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023

Membela Pantai Gading, Nigeria, dan Senegal

Piala Afrika yang jatuh pada awal tahun kerap menyulitkan tim-tim Eropa. Pasalnya, jadwal Piala Afrika berbeda dengan jadwal turnamen antarnegara Benua Biru yang biasa berlangsung pada pertengahan tahun.

Ini membuat jadwal kompetisi bentrok. Sejumlah klub pun terpaksa merelakan diri untuk melepas beberapa pemain ke Piala Afrika di tengah kompetisi.

Hal yang sama terjadi kepada Nottingham Forest menjelang Piala Afrika 2023 yang jatuh pada 13 Januari--11 Februari 2024. The Tricky Trees harus kehilangan 6 pemain yang membela 3 negara berbeda di Piala Afrika 2023.

Siapa sajakah pemain Nottingham Forest yang bermain di Piala Afrika 2023 itu?

1. Cheickhou Kouyate akan memimpin Timnas Senegal

6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023Cheikhou Kouyate (nottinghamforest.co.uk)

Cheikhou Kouyate sebenarnya tidak memiliki peran yang begitu vital di skuad Nottingham Forest 2023/2024. Kouyate yang tak lagi muda lebih sering menjadi pelapis Danilo dan Ryan Yates di lini tengah. Kendati demikian, Pelatih Timnas Senegal Aliou Cisse tetap mempercayakan satu tempat di lini tengah kepada Kouyate. Hal ini cukup masuk akal karena ia adalah pemain senior yang memiliki segudang pengalaman. Bahkan, Kouyate sempat menjabat sebagai kapten Timnas Senegal sebelum jabatan tersebut pindah kepada Kalidou Koulibaly.

2. Nottingham Forest akan sangat kehilangan Moussa Niakhate yang dipanggil Timnas Senegal

6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023Moussa Niakhate (twitter.com/moussa_nkt)

Moussa Niakhate akan menjadi kekuatan utama bagi lini pertahanan Timnas Senegal di Piala Afrika 2023. Bek berusia 27 tahun ini dipercaya sebagai duet dari Kalidou Koulibaly. Dengan peran yang sama, Niakhate juga memiliki peran penting di klubnya, Nottingham Forest. Perginya Niakhate ke Piala Afrika 2023 adalah kehilangan besar bagi mereka. Kendati demikian, Nottingham Forest telah siap menambal Niakhate dengan stok bek yang ada.

3. Willy Boly bersaing untuk mendapat posisi utama bek Pantai Gading

6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023Willy Boly (nottinghamforest.co.uk)

Sama seperti Moussa Niakhate, Willy Boly juga mengisi posisi bek tengah Nottingham Forest. Namun, peran Boly sebatas pemain rotasi dewasa ini. Hal tersebut membuat posisi Boly di Timnas Pantai Gading sedikit terancam. Sebab, untuk mendapatkan posisi utama, ia harus bersaing dengan beberapa nama, seperti Evan Ndicka, Ousmane Diomande, dan Wilfried Singo.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris di Nottingham Forest 2023/2024, Siapa Saja?

4. Ibrahim Sangare (Pantai Gading) adalah pemain baru Nottingham Forest

6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023Ibrahim Sangare (nottinghamforest.co.uk)

Ibrahim Sangare adalah pemain yang baru didatangkan Nottingham Forest pada bursa transfer musim panas 2023. Akan tetapi, ia belum bisa beradaptasi sepenuhnya dan belum bisa menunjukkan performa terbaiknya sejauh ini. Hal tersebut membuat Sangare waspada terhadap posisinya di Timnas Pantai Gading di Piala Afrika 2023. Dengan hal tersebut, mungkin saja Jean-Louis Gasset, pelatih Pantai Gading, akan lebih memilih duet Franck Kessie dan Seko Fofana di posisi gelandang bertahan ketimbang memasang Sangare.

5. Serge Aurier berperan sebagai kapten Timnas Pantai Gading

6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023Serge Aurier (premierleague.com)

Serge Aurier tampaknya telah mengamankan satu tempat utama di Timnas Pantai Gading. Permainannya yang impresif dan meyakinkan di Nottingham Forest menjadi salah satu faktor Aurier bisa mendapat hal tersebut. Di sisi lain, Aurier juga memegang peran penting sebagai bek kanan yang berpengalaman membela Timnas Pantai Gading. Bahkan, ia menjabat sebagai kapten The Elephants dalam beberapa tahun terakhir ini.

6. Ola Aina bermain versatile di Nottingham Forest dan Timnas Nigeria

6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023Ola Aina (nottinghamforest.co.uk)

Ola Aina layak untuk dibawa Timnas Nigeria ke Piala Afrika 2023. Kedatangan Aina adalah sebuah keuntungan bagi The Eagles karena pemain satu ini serbabisa. Ia mampu bermain apik dalam tiga posisi berbeda, yakni bek kanan, bek kiri, dan sayap kanan. Itu sangat membantu timnya untuk menghadapi krisis pemain. Dari ketiga posisi tersebut, bek kanan adalah posisi aslinya.

Pada 2023/2024, Nottingham Forest memiliki tujuh pemain asal Afrika. Namun, hanya ada enam pemain yang dipanggil ke Piala Afrika 2023. Pasalnya, Taiwo Awoniyi mengalami cedera dan akhirnya tidak bisa dibawa Timnas Nigeria ke turnamen bergengsi di Afrika.

Baca Juga: 5 Pemain Nottingham Forest 2021/2022 yang Tersisa pada 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya