7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023

Kebanyakan bermain di Maroko dan Senegal

Ligue 1 Prancis dikenal sebagai salah satu kompetisi yang paling banyak menampung pemain asal Afrika. Ligue 1 juga dianggap sebagai tempat yang pas bagi para pemain asal Afrika untuk berkembang. Selain itu, faktor sejarah menjadi salah satu alasan kuat mengapa hal ini terjadi.

Sebagai salah satu tim raksasa Ligue 1, Olympique Marseille merasakan pengaruh tersebut. Dari musim ke musim, Marseille selalu memiliki pemain asal Afrika di skuadnya. Ketika Piala Afrika tiba, Marseille kadang kewalahan karena sejumlah pemainnya dipanggil ke turnamen tersebut.

Ini terjadi pada Piala Afrika 2023. Ada tujuh pemain Marseille yang dipanggil pada awal tahun ini. Siapa sajakah mereka dan apa negara yang mereka bela?

1. Simon Ngapandouetnbu jadi kiper ketiga di Timnas Kamerun

7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023Simon Ngapandouetnbu (twitter.com/OM_Officiel)

Simon Ngapandouetnbu adalah seorang kiper muda yang dipanggil Timnas Kamerun untuk Piala Afrika 2023. Ngapandouetnbu tampaknya akan kesulitan mendapat kesempatan bermain. Sebab, ia merupakan kiper ketiga setelah Andre Onana dan Fabrice Ondoa. Selain karena masih minim pengalaman bermain di timnas, Ngapandouetnbu juga belum bermain untuk Marseille musim ini.

2. Chancel Mbemba jadi tumpuan di posisi bek tengah RD Kongo

7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023Chancel Mbemba (instagram.com/chancel22)

Chancel Mbemba adalah bek terbaik Olympique Marseille dalam 2 musim terakhir. Kehebatannya itu berusaha ia tampilkan kala bermain untuk negaranya, RD Kongo, pada Piala Afrika 2023. Mbemba tampaknya akan dipercaya untuk menjadi starter dan tumpuan di pos bek tengah.

3. Amine Harit harus memodifikasi posisi di Timnas Maroko

7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023Amine Harit (instagram.com/amineharit)

Amine Harit memiliki peran yang sangat baik sebagai seorang gelandang serang di Marseille pada 2023/2024 ini. Tak heran jika ia mendapatkan satu tempat untuk membela Timnas Maroko di Piala Afrika 2023. Akan tetapi, peran Harit di Timnas Maroko sepertinya akan berubah. Sebab, Walid Regragui, pelatih Maroko, lebih suka menggunakan formasi 4-3-3 tanpa melibatkan gelandang serang. Oleh karena itu, Harit harus memodifikasi posisinya untuk menjadi gelandang tengah, meski belum ada jaminan starter untuknya.

Baca Juga: Kiprah 6 Pemain Marseille yang Dipinjamkan pada 2023/2024

4. Azzedine Ounahi amankan satu tempat di lini tengah Maroko

7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023Azzedine Ounahi (fifa.com)

Azzedine Ounahi menjadi salah satu pemain Maroko yang melejit pada Piala Dunia 2022. Sejak itu, nama Ounahi makin sering dipercaya untuk mengisi di lini tengah Maroko. Pada Piala Afrika 2023 nanti, Ounahi tampaknya telah mengamankan satu tempat. Hal itu didukung dengan permainan apiknya untuk Marseille sejauh ini.

5. Iliman Ndiaye (Senegal) berada di bawah bayang-bayang Nicolas Jackson

7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023Iliman Ndiaye (instagram.com/ilimanndiaye10)

Iliman Ndiaye baru mencetak 1 gol dan 3 assist dari 23 laga bersama Marseille musim ini. Kendati demikian, Ndiaye tetap mendapatkan satu tempat di skuad Timnas Senegal pada Piala Afrika 2023. Akan tetapi, Ndiaye sepertinya akan berada di bawah bayang-bayang Nicolas Jackson yang tampaknya akan dipilih sebagai penyerang utama.

6. Pape Gueye mesti berjuang untuk mendapatkan satu tempat di lini tengah Senegal

7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023Pape Gueye (twitter.com/OM_English)

Pape Gueye baru bermain selama 27 menit untuk Marseille musim ini. Catatan tersebut jelas tak menguntungkan baginya. Gueye perlu bekerja keras jika ingin mendapatkan satu tempat di posisi tengah Senegal. Akan tetapi, hal tersebut tak akan berjalan mudah. Sebab, ia perlu bersaing dengan beberapa nama besar, seperti Idrissa Gana Gueye, Cheickhou Kouyate, Pape Matar Sarr, dan Nampalys Mendy.

7. Ismaila Sarr menciptakan sisi sayap Senegal yang berbahaya dengan Sadio Mane

7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023Ismaila Sarr (instagram.com/ismaila_sarr_18)

Dalam beberapa turnamen terakhir, Aliou Cisse selalu mempercayakan sisi sayap kanan Timnas Senegal kepada Ismaila Sarr. Bersama Sadio Mane, Sarr dipercaya akan membentuk sisi sayap yang betul-betul berbahaya. Kecepatan, dribel ciamik, serta tembakan yang keras menjadi kekuatan pemain satu ini. 

Pada 2023/2024, Olympique Marseille memiliki 13 pemain asal Afrika. Namun, hanya ada tujuh pemain yang akan berlaga di Piala Afrika 2023. Sedangkan, enam nama lain, yakni Pierre-Emerick Aubameyang, Francois Mughe, Jean Onana, Bilal Nadir, Geoffrey Kondogbia, dan Bamo Meite harus berjuang mengangkat posisi Marseille yang kini berada di posisi keenam.

Baca Juga: 5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut Membela Olympique Marseille

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya