5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho saat Melatih FC Porto

Menghadirkan cerita indah

Intinya Sih...

  • Jose Mourinho sukses membawa FC Porto juara Liga Champions Eropa 2004
  • Pemain yang paling diandalkan adalah Deco Souza, Vitor Baia, Paulo Ferreira, Costinha, dan Nuno Maniche
  • Mourinho hanya melatih FC Porto selama 1,5 musim sebelum pergi ke Chelsea pada 2004

Meski sering dipecat dan berpindah-pindah tim, Jose Mourinho tetap terkenal karena prestasinya. Pria asal Portugal ini adalah otak di balik suksesnya sejumlah tim meraih gelar juara. FC Porto, Chelsea, Inter Milan, dan AS Roma menjadi beberapa di antaranya.

Kiprah dan nama besar The Special One mungkin pertama kali dikenal publik kala melatih FC Porto. Bersama tim raksasa Portugal tersebut, Mourinho sukses melakukan keajaiban dengan membawa FC Porto juara Liga Champions Eropa 2004. Dari situlah Mourinho diminati Chelsea dan makin terkenal seperti sekarang.

Dari keberhasilannya bersama FC Porto, Mourinho patut berterima kasih kepada beberapa pemain. Pasalnya, mereka adalah pemain andalan yang selalu tampil hebat ketika diberi kepercayaan. Penasaran, siapa saja pemain paling diandalkan Jose Mourinho saat melatih FC Porto? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Deco Souza (106 laga) jadi yang paling diandalkan dan menyandang gelar raja assist

5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho saat Melatih FC PortoDeco Souza (twitter.com/FCPorto)

Pemain yang paling diandalkan oleh Jose Mourinho ketika menangani FC Porto adalah Deco Souza. Gelandang serang berkebangsaan Portugal ini memang dikenal sangat hebat dalam menjaga tempo dan mengatur alur permainan. Tak heran jika ia menyandang gelar sebagai raja assist ketika dilatih Mourinho di FC Porto. Deco sendiri mencatat 106 pertandingan dengan torehan 23 gol dan 68 assist.

2. Vitor Baia tak tergantikan di bawah mistar FC Porto sebanyak 99 kali

5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho saat Melatih FC PortoVitor Baia (twitter.com/fcporto)

Untuk urusan penjaga gawang, Jose Mourinho sangat mempercayakan posisi tersebut kepada Vitor Baia. Hal ini cukup wajar karena Baia merupakan seorang pemain senior yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni. Ia merupakan seorang kiper yang cekatan sekaligus pemimpin di skuad FC Porto kala itu. Oleh karena itu, Baia bisa dipercaya oleh Jose Mourinho sebanyak 99 kali.

Baca Juga: 4 Klub Terakhir yang Memecat Jose Mourinho

3. Paulo Ferreira jaga kepercayaan Jose Mourinho sebanyak 99 kali di FC Porto

5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho saat Melatih FC PortoPaulo Ferreira (twitter.com/ChampionsLeague)

Paulo Ferreira mampu menjaga kepercayaan Jose Mourinho untuk mengisi posisi bek kanan. Pemain asal Portugal ini sangat hebat dalam bertahan dan tak ragu dalam membantu penyerangan. Ia tergolong sebagai seorang bek yang rajin dalam menyusur sisi sayap. Dengan kemampuannya itu, Mourinho mempercayakan 99 laga kepada Paulo Ferreira di FC Porto. Selain itu, Ferreira juga menjadi salah satu pemain yang dibawa Mouriho ketika mulai melatih Chelsea pada 2004.

4. Costinha dipasang sebagai gelandang bertahan sebanyak 95 kali

5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho saat Melatih FC PortoCostinha (twitter.com/FCPorto

Jose Mourinho kerap memasang seorang gelandang bertahan untuk menjalankan taktiknya. Saat menangani FC Porto, hal tersebut pun terjadi. Costinha menjadi pemain pegangan The Special One untuk posisi terkait. Pria asal Portugal ini tak pernah beranjak dari posisi sebagai gelandang bertahan. Ia juga dinilai cukup tajam di samping tugasnya sebagai penahan laju alur bola lawan. Hal ini bisa dilihat dari statistiknya. Costinha mencatat 13 gol dan 5 assist dari 95 laga.

5. Maniche jalani peran sebagai playmaker dalam 94 pertandingan

5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho saat Melatih FC PortoManiche (twitter.com/FCPorto)

Nuno Maniche hanya memiliki selisih satu pertandingan dengan Costinha. Dari 94 pertandingan yang ia jalani selama dilatih Jose Mourinho di FC Porto, Maniche sukes tampil produktif dengan torehan 19 gol dan 11 assist. Sebagai seorang gelandang tengah yang sering dipasang sebagai gelandang serang, Maniche cukup stabil dalam menjaga alur permainan. Ia merupakan seorang playmaker hebat yang sangat dipercaya Mourinho.

Jose Mourinho hanya 1,5 musim (2002--2004) melatih FC Porto. Meski singkat, kiprahnya bersama tim ini selalu diingat. Pasalnya, kemenangan FC Porto di Liga Champions Eropa 2004 adalah sebuah prestasi yang ikonis. Tim kuda hitam berhasil keluar sebagai juara turnamen terbesar klub Eropa.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Jose Mourinho selama Membesut AS Roma

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya