5 Pemain yang Paling Diandalkan Rafael Benitez kala Melatih Liverpool

Deretan para legenda

Dari sekian banyak klub yang pernah ia latih, Liverpool mungkin menjadi klub terbaik yang pernah ditangani Rafael Benitez. Sebab bersama The Reds, Benitez sukses meraih kejayaan yang layak untuk dikenang. Gelar juara Liga Champions Eropa 2005 dan FA Cup 2006 menjadi buktinya.

Kejayaan Rafael Benitez saat melatih Liverpool tak lepas dari kontribusi besar lima pemain andalan. Mereka adalah pemain yang sangat diandalkan dan memiliki catatan bermain terbanyak kala Benitez melatih Liverpool. Rafael Benitez patut berterima kasih kepada lima pemain ini.

1. Jamie Carragher jadi yang paling diandalkan dengan catatan 326 laga

5 Pemain yang Paling Diandalkan Rafael Benitez kala Melatih LiverpoolJamie Carragher (liverpoolfc.com)

Pemain yang paling diandalkan Rafael Benitez kala melatih Liverpool adalah Jamie Carragher. Bek berkebangsaan Inggris ini memang layak untuk diandalkan. Pasalnya, ia merupakan seorang bek yang serbabisa karena mampu bermain apik sebagai bek tengah dan bek kanan.

Selain itu, Jamie Carragher juga menjabat sebagai wakil kapten. Hal tersebut semakin memperkuat dominasinya di skuad Liverpool. Carragher sendiri mencatat 326 pertandingan dengan sumbangan 2 gol dan 10 assist di era kepelatihan Rafael Benitez.

Baca Juga: 5 Pemain Impian Juergen Klopp yang Tak Kesampaian Dibeli Liverpool

2. Steven Gerrard menjadi kapten Liverpool sebanyak 292 kali kala dilatih Rafael Benitez

5 Pemain yang Paling Diandalkan Rafael Benitez kala Melatih LiverpoolSteven Gerrard (liverpoolfc.com)

Kapten Liverpool kala dilatih Rafael Benitez adalah Steven Gerrard. Mantan pemain andalan Timnas Inggris ini memang sangat diandalkan hingga ia bisa mencatat 292 pertandingan. Selama itu, Gerrard mencatat 104 gol dan 73 assist. 

Gerrard sendiri terhitung jarang dicadangkan. Ia hanya absen kala mengalami cedera dan sengaja diistirahatkan untuk menjaga kebugarannya. Sebab, tenaga Gerrard sangat dibutuhkan Liverpool dan Benitez untuk menjaga kestabilan lini tengah sekaligus untuk merobek gawang lawan dari lini kedua.

3. Pepe Reina didatangkan untuk mengganti Jerzy Dudek

5 Pemain yang Paling Diandalkan Rafael Benitez kala Melatih LiverpoolPepe Reina (liverpoolfc.com)

Untuk mengawal gawang Liverpool, Rafael Benitez sangat mengandalkan Pepe Reina. Kiper asal Spanyol itu sengaja didatangkan Benitez pada musim keduanya (2005/2006) di Liverpool. Benitez bereksperimen untuk menggantikan Jerzy Dudek yang sebetulnya telah akrab dengan gawang Liverpool selama beberapa tahun.

Eksperimen itu terbukti berhasil. Pepe Reina sukses tampil gemilang. Bahkan, Reina sukses mencatat hingga 259 pertandingan kala dilatih Benitez di Liverpool.

4. Xabi Alonso adalah salah satu pemain baru yang didatangkan Rafael Benitez di awal kepelatihannya

5 Pemain yang Paling Diandalkan Rafael Benitez kala Melatih LiverpoolXabi Alonso (liverpoolfc.com)

Xabi Alonso adalah salah satu pemain baru yang didatangkan Rafael Benitez saat pertama kali menjadi manajer Liverpool. Alonso didatangkan untuk menemani Steven Gerrard di lini tengah. Ternyata, Alonso mampu menjadi tandem yang sangat cocok bagi Gerrard.

Keduanya sempat menjadi ikon dari lini tengah The Reds dalam beberapa musim. Lewat kesempatan tersebut, Alonso bisa mencatat 210 laga dengan torehan 18 gol dan 21 assist. Sayangnya, Benitez jugalah sosok yang menjual Alonso ke Real Madrid pada 2009.

5. John Arne Riise mencatat 201 laga selama 4 tahun dilatih Rafael Benitez

5 Pemain yang Paling Diandalkan Rafael Benitez kala Melatih LiverpoolJohn Arne Riise (liverpoolfc.com)

John Arne Riise adalah pemain andalan Rafael Benitez berikutnya. Bek kiri asal Norwegia ini layak dipercaya Benitez karena memiliki atribut menyerang dan bertahan yang sama bagusnya. Selain itu, Riise juga memiliki tendangan keras yang membuatnya semakin tampak menakutkan.

Riise sendiri mencatat 201 pertandingan dengan torehan 17 gol dan 16 assist selama dilatih Benitez. Akan tetapi, Riise tak merasakan seluruhnya kepemimpinan Benitez. Pasalnya, Riise dijual ke AS Roma pada tahun keempat (2008). Itu artinya, Riise hanya 4 musim saja dilatih Benitez.

Rafael Benitez sendiri melatih Liverpool selama 6 tahun (2004--2010). Dalam kurun waktu tersebut, Benitez amat dicintai oleh penggemar Liverpool. Akan tetapi, penampilan buruk yang diperlihatkan Liverpool pada musim 2009/2010 menjadi akhir dari cerita indah Rafael Benitez bersama The Kop.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda Liverpool dalam Sejarah Piala FA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya