6 Pemain yang Paling Diandalkan Djamel Belmadi di Timnas Aljazair

Kebersamaan 5,5 tahun Djamel Belmadi berakhir

Perjalanan 5,5 tahun Djamel Belmadi bersama Timnas Aljazair berakhir setelah fase grup Piala Afrika 2023. Belmadi dipecat setelah dirinya gagal membawa Aljazair lolos dari fase grup. Tim asal Afrika Utara ini terbenam di dasar klasemen grup D di bawah Angola, Burkina Faso, dan Mauritania.

Belmadi sendiri mulai melatih Aljazair pada Agustus 2018. Selama kariernya di Aljazair, Belmadi pernah membawa Aljazair meraih gelar juara Piala Afrika 2019. Itu merupakan catatan yang sangat membanggakan.

Namun, Belmadi akhirnya harus berpisah dengan deretan pemain andalannya di Timnas Aljazair pasca-Piala Afrika 2023. Dari enam pemain yang masuk ke dalam daftar pemain andalannya, beberapa di antaranya merupakan nama besar. Penasaran siapa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Riyad Mahrez jadi pemain bintang dan andalan Djamel Belmadi

6 Pemain yang Paling Diandalkan Djamel Belmadi di Timnas AljazairRiyad Mahrez (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Sebagai sosok pemain bintang dan pemain senior di skuad Aljazair, Riyad Mahrez tentu menjadi andalan Djamel Belmadi. Mahrez sangat rutin mendapatkan panggilan tim nasional dan selalu menjadi pilihan utama di posisi winger kanan. Pemain Al Ahli ini mencatat 55 pertandingan dengan torehan 23 gol dan 15 assist. Catatan tersebut membuat Mahrez menjadi pemain yang paling sering dimainkan Belmadi di Timnas Aljazair.

2. Aissa Mandy mengawal posisi bek tengah sebanyak 53 laga

6 Pemain yang Paling Diandalkan Djamel Belmadi di Timnas AljazairAissa Mandy (instagram.com/aissamandi23)

Untuk posisi bek tengah, Djamel Belmadi amat mempercayakan posisi tersebut kepada Aissa Mandy. Pemain yang membela Villarreal ini memang memiliki kualitas yang sangat mumpuni sebagai seorang bek. Selain itu, Mandy juga bisa beroperasi sebagai seorang bek kanan bila dibutuhkan. Tak heran jika ia bisa mencatat 53 laga dengan torehan 3 gol dan 2 assist di bawah asuhan Belmadi.

3. Ramy Bensebaini memainkan 50 laga sebagai seorang bek kiri

6 Pemain yang Paling Diandalkan Djamel Belmadi di Timnas AljazairRamy Bensebaini dengan trofi Piala Afrika 2019. (instagram.com/ramy_bens15_21)

Ramy Bensebaini sangat berkembang ketika dilatih Djamel Belmadi. Bek kiri Borussia Dortmund ini tampak semakin matang dengan performa yang ia tunjukkan. Bahkan, Bensebaini sulit untuk tergantikan di posisi favoritnya itu meski ada sejumlah nama besar yang menjadi saingannya. Bensebaini sendiri menorehkan 50 laga dengan sumbangan 5 gol dan 4 assist di bawah Belmadi.

Baca Juga: 10 Potret Ramy Bensebaini, Bek Aljazair yang Layak Main di Tim Besar

4. Youcef Belaili (47 laga) jadi top assist di era Djamel Belmadi

6 Pemain yang Paling Diandalkan Djamel Belmadi di Timnas AljazairYoucef Belaili (twitter.com/Algeria_FC)

Nama Youcef Belaili memang tak sebesar lima nama dalam daftar ini. Namun, kontribusi besarnya untuk Timnas Aljazair membuat Djamel Belmadi sangat gemar memainkannya. Winger berusia 31 tahun ini hadir sebagai top assist Timnas Aljazair di era Belmadi. Total, 7 gol dan 23 assist ditorehkannya dalam 47 laga.

5. Baghdad Bounedjah jadi yang paling tajam di Aljazair selama dilatih Djamel Belmadi

6 Pemain yang Paling Diandalkan Djamel Belmadi di Timnas AljazairBaghdad Bounedjah (instagram.com/baghdad_bounjah)

Baghdad Bounedjah sangat jarang absen sebagai penyerang utama Timnas Aljazair. Hal itu disebabkan oleh permainannya yang memang tajam di bawah asuhan Djamel Belmadi. Penyerang Al Sadd ini mencetak 24 gol dan 8 assist dari 47 pertandingan. Catatan tersebut membawa Bounedjah sebagai pemain paling tajam selama Djamel Belmadi melatih Timnas Aljazair.

6. Islam Slimani tercatat sebagai pemain aktif dengan jumlah laga terbanyak di Timnas Aljazair

6 Pemain yang Paling Diandalkan Djamel Belmadi di Timnas AljazairIslam Slimani (instagram.com/islamslimani09)

Hingga awal tahun 2024, Islam Slimani masih tercatat sebagai pemain aktif dengan jumlah caps terbanyak di Timnas Aljazair. Dari 95 laga yang telah ia jalani bersama Timnas Aljazair, 44 di antaranya ia jalani di bawah kepemimpinan Djamel Belmadi. Dari torehan 44 laga tersebut, Slimani mencetak 19 gol dan 8 assist. Torehan tersebut juga membawa Slimani sebagai pemain keenam yang paling diandalkan Belmadi.

Keenam pemain ini benar-benar diandalkan Djamel Belmadi di beberapa turnamen yang ia ikuti bersama Timnas Aljazair. Keenam nama ini juga ikut serta pada Piala Afrika  2019, 2021, dan 2023. Sayangnya, keenam nama ini absen pada Piala Dunia 2022 karena Aljazair sendiri memang tak lolos ke turnamen tersebut.

Baca Juga: 3 Pemain Serie A Italia yang Dibawa Aljazair ke Piala Afrika 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya