5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman Abramovich

Roman Abramovich jadi sosok yang membawa kejayaan bagi Chelsea

Konflik antara Rusia dan Ukraina yang makin memanas memberikan banyak dampak. Salah satunya kepada dunia sepak bola. Dari sepak bola Inggris, Roman Abramovich memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pemilik Chelsea setelah 20 tahun berkuasa.

Berdasarkan situs resmi Chelsea, kepemilikan klub sementara akan dipegang yayasan amal kepengurusan dan perawatan Chelsea. Padahal Roman Abramovich telah mengubah sejarah klub.

Chelsea menjelma sebagai klub raksasa dan disegani banyak tim setelah kedatangan Roman Abramovich. Pemain mahal berlabel bintang juga berdatangan karena pengusaha asal Rusia ini. Untuk mengenang perjalanan awal Roman Abramovich di Chelsea, ini lima pemain pertama yang diboyong Chelsea pada eranya.

1. Glen Johnson

5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman AbramovichGlen Johnson (chelseafc.com)

Glen Johnson menjadi nama pertama yang diboyong Chelsea ke Stamford Bridge pada era Roman Abramovich. Bek kanan timnas Inggris ini didatangkan dari West Ham United seharga 8,3 juta euro atau setara dengan Rp134 miliar pada usianya yang baru menginjak 17 tahun.

Pada awal kariernya di Chelsea, Glen Johnson mampu bermain apik dan menjadi pilihan utama. Dia juga sempat dijanjikan tempat utama di pos bek kanan Chelsea jika umurnya makin matang. Akan tetapi, semua berubah ketika Paolo Ferreira didatangkan Jose Mourinho.

Penampilan Ferreira dinilai lebih menjanjikan. Hal ini membuat Glen Johnson tergeser. Pada 2006, dia memutuskan untuk pindah ke Portsmouth.

2. Geremi Njitap

5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman AbramovichGeremi Njitap (goal.com)

Pada waktu yang bersamaan dengan kedatangan Glen Johnson, tepatnya pada 1 Juli 2003, Chelsea mendatangkan Geremi Njitap dari Real Madrid. Gelandang berkebangsaan Kamerun ini dibeli seharga 10 juta euro atau setara dengan Rp161 miliar.

Sama seperti Glen Johnson, Geremi kerap tampil pada musim pertamanya, walaupun lebih sering berangkat dari bangku cadangan. Penampilannya makin menurun ketika Chelsea mengubah strategi yang membuat gelandang sayap jarang dimainkan.

Alhasil, menit bermain Geremi di Chelsea makin sedikit. Pada 2007, dia akhirnya hengkang ke Newcastle United dengan status bebas transfer.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea Terbaik Semenjak Era Roman Abramovich

3. Damien Duff

5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman AbramovichDamien Duff (skysports.com)

Damien Duff menjadi sosok yang membuat Geremi Njitap lebih sering berada di bangku cadangan ketika berseragam Chelsea. Pasalnya, pemain berkebangsaan Republik Irlandia ini berposisi sebagai sayap kanan, posisi yang sama dengan yang ditempati Geremi.

Damien Duff yang didatangkan pada 1 Juli 2003 merupakan pembelian termahal kedua Chelsea selama musim 2003/2004. Duff dibeli dari Blackburn seharga 24, 5 juta euro atau sekitar Rp396 miliar ini hanya kalah dari Hernan Crespo yang dibeli seharga 26 juta euro.

Penampilan Duff selama berseragam Chelsea bisa dikatakan cukup baik. Dia mampu mengoleksi 19 gol dan 28 assists dari 125 pertandingan yang dia mainkan selama kurun waktu 3 musim. Duff juga hengkang ke Newcastle United, tepatnya pada 2006.

4. Aleksey Smertin

5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman AbramovichAleksey Smertin (skysports.com)

Sebagai orang Rusia, Roman Abramovich ingin merepresentasikan Rusia di skuad Chelsea. Masih pada 1 Juli 2003, Chelsea akhirnya mendatangkan Aleksey Smertin dari Girodins Bordeaux seharga 5,5 juta euro atau setara dengan Rp89 miliar.

Pemain yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan ini tidak memiliki karier yang cukup baik di Chelsea. Dari total 3 musim berstatus sebagai pemain Chelsea, Smertin hanya aktif bermain selama semusim, tepatnya pada 2004/2005.

Dua musim sisanya, Smertin habiskan dengan menjadi pemain pinjaman untuk Portsmouth dan Charlton Athletic. Ia pun dilepas pada 2006 ke tim asal Rusia, Dynamo Moskow.

5. Wayne Bridge

5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman AbramovichWayne Bridge (90min.com)

Pada 23 Juli 2003, Wayne Bridge didatangkan Chelsea dari Southampton seharga 10,5 juta euro atau setara dengan Rp170 miliar. Wayne Bridge memang tampil hebat ketika masih bermain untuk Southampton.

Saat berseragam Chelsea, penampilannya justru menurun bahkan cenderung biasa saja. Hal yang paling diingat dari Wayne Bridge ketika berseragam Chelsea ialah perseteruannya bersama John Terry yang saat itu berstatus sebagai kapten Chelsea. Hal tersebut jugalah yang menjadi alasan Bridge untuk hengkang ke Mnachester City pada Januari 2009.

Sulit untuk memprediksi bagaimana nasib Chelsea setelah Roman Abramovich memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Semoga saja konflik Rusia dan Ukraina segera berakhir dan memberikan kabar baik bagi dunia.

Baca Juga: 8 Pelatih yang Membawa Chelsea Meraih Trofi di Era Roman Abramovich

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya